-->

Pantau Semua Aset Investasi Pada Situs AKSes KSEI

Punya aset investasi Saham atau Reksa Dana? Yuk pantau semua portofolio investasi kamu dengan situs AKses KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Cara Mendaftar AKSes KSEI

Tentu sebagai investor kita perlu untuk memantau semua aset investasi yang berada pada portofolio.

Terutama jika kamu adalah tipikal investor jangka pendeng (short-terms). Tapi terdapat sebuah kendala jika kalian bermain investasi baik reksa dana maupun saham diberbagai macam platform

Tentunya akan menghabiskan waktu jika harus mengecek portofolio satu per satu pada platform yang berbeda.


Tapi sekarang tidak perlu khawatir nih, karena semua aset investasi kamu baik pada Saham, Obligasi maupun Reksa Dana sudah terintegrasi pada sebuah situs yang bernama AKSes KSEI.

Dimana dengan bantuan situs tersebut kamu bisa memantau seluruh aset investasi meskipun berada pada plaftorm yang berbeda beda, dan daripada banyak basi basi mendingan kita kenalan dulu nih tentang,


Apa itu KSEI

KSEI merupakan singkatan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia, dalam KSEI ini terdapat segala informasi mengenai transaksi Efek seperti halnya:

  1. Transaksi Jual / Beli Efek
  2. Administrasi Rekening Efek
  3. Distribusi Hasil Corporate Action

Dan masih banyak lagi, secara sederhana KSEI ini adalah tempat penyimpanan transaksi yang dilakukan pada Efek (offline/online) meliputi Reksa Dana, Obligasi, Saham (Ekuitas) dan Kas.

Karena segala jenis transaksi yang dilakukan pada Efek tercatat pada situs KSEI, maka investor dapat melihat seluruh aset investasi / portofolio investasi yang dimiliki.


Cara Mendaftar AKSes KSEI

Cara untuk mendaftar akun pada KSEI bisa dibilang cukup mudah, karena kamu tidak perlu datang ke kantor Bursa Efek maupun langsung ke perusahaan Kustodian Sentral Efek Indonesia.
Panduan Lengkap Investasi Reksa Dana Dengan Aplikasi Bibit
Namun meskipun begitu ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu, yakni dokumen KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Opsi Pendaftaran Akun AKSes KSEI

Setelah menyiapkan dokumen Kartu Tanda Pengenal, silahkan buka situs AKSes KSEI.

Disini terdapat 3 pilihan yakni:

  1. Individu Lokal
  2. Investor Individu Asing
  3. Investor Institusi

Karena kita merupakan seorang investor WNI (Warga Negara Indonesia) pilih pada Individu Lokal.

Formulir Pendaftaran Akun AKSes KSEI

Selanjutnya kamu akan disuruh untuk mengisi formulir seperti:

  1. Nama Lengkap (Sesuai KTP)
  2. Nomor Induk Kependudukan (NIK pada KTP)
  3. Nomor HP
  4. Alamat Email

Ketika data yang dimasukan sudah benar silahkan klik Selanjutnya untuk melanjutkan pendaftaran.

Konfirmasi Formulir Pendaftaran Akun AKSes KSEI

Disini kamu akan disuruh untuk memastikan apakah data yang dimasukan sudah benar atau belum, jika terdapat kesalahan Nama, NIK, Nomor Telepon atau Email bisa klik tombol Kembali untuk melakukan Revisi.

Atau jika data yang dimasukan sudah benar, silahkan klik Aktivasi untuk melakukan pengaktifan akun.

Aktivasi Akun AKSes KSEI

Selanjutnya buka pesan email yang masuk pada alamat email yang kamu gunakan tadi untuk melakukan pendaftaran, pada pesan tersebut terdapat sebuah tombol atau alamat (link) untuk melakukan aktivasi.

Klik pada Link Aktivasi untuk menyelesaikan proses aktivasi akun.

Pembuatan Password Akun KSEI

Disini investor disuruh untuk memasukan kata sandi / password yang nantinya akan digunakan untuk masuk ke halaman member AKSes KSEI.

Perlu diketahui bahwa password / kata sandi wajib terdapat karakter khusus atau simbol sekaligus terdapat setidaknya satu huruf kapital.

Seperti contoh:

@Maswega123

Investor@kaya123

Nafas@Kuda123

Jika sudah menemukan password yang sekiranya pas dan mudah dihafal silahkan klik tombol Aktifkan Akun Saya untuk menyelesaikan proses aktivasi akun.

Dan ketika sudah berhasil maka akun kamu sudah aktif dan dapat digunakan untuk melihat aset investasi / portofolio investasi, lalu bagaimana caranya?


Cara Menggunakan AKSes KSEI

Setelah memiliki akun lalu bagaimana untuk melihat portofolio investasi melalui situs ini? Caranya mudah sekali kok.

Masuk Ke Halaman Member AKSes KSEI

Pertama buka Halaman Login AKSes KSEI, dan nantinya kamu akan disuruh untuk memasukan alamat email sekaligus password / kata sandi yang telah kamu masukan tadi, dan klik Masuk untuk login ke member area.

Fitur Situs KSEI

Kemudian cari menu Portofolioku kemudian masuk ke fitur Saldo seperti gambar diatas.

Melihat Portofolio / Aset Investasi Menggunakan AKSes KSEI

Nantinya kamu akan ditampilkan dengan informasi seluruh aset investasi yang kamu miliki. Berdasarkan informasi gambar diatas, aset investasi saya 100% berada pada Reksa Dana.
Apa itu Reksa Dana dan Saham? Lebih Untung Mana?
Jujur saya masih agak ragu untuk investasi pada Saham, bukanya takut untuk terjun tapi masih sangat minim pengetahuan yang saya ketahui. Kemungkinan dalam waktu dekat saya akan mencoba untuk mulai investasi pada saham.

Dengan harapan pengalaman yang saya dapatkan dalam berinvestasi dapat saya bagikan melalui blog NafasKuda maupun channel youtube yang saya miliki.

Detail Aset / Portofolio Investasi Pada Situs AKSes KSEI

Untuk melihat aset investasi lebih detil kamu bisa menekan fitur Detail, nantinya informasi seperti nama manajer investasi, harga NAV, Saldo Kepemilikan akan terlihat jelas pada situs KSEI.


Manfaat AKSes KSEI

Setelah memiliki akun AKSes KSEI rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas kelebihan ini.

Namun sebelum itu saya ingin memberitahu bahwa sebenarnya ketika investor telah membuat akun pada KSEI, maka investor akan mendapatkan sebuah kartu fisik yang akan diberikan oleh KSEI ini.

Banyak orang yang menyebutnya bahwa kartu dari KSEI ini merupakan KTPnya para investor.

Seiring berjalanya waktu, untuk para investor baru seperti saya mungkin sudah tidak bisa mendapatkan kartu KSEI dalam bentuk fisik, karena sekarang hanya tersedia dalam bentuk digital.

Well, namun fungsinya masih sama dan kegunaanya pun juga sama, hanya saya untuk sekarang berwujud digital.

Kembali lagi ke topik pembahasan tentang apa kelebihan AKSes KSEI?

Seperti yang saya bilang tadi bahwa jika investor memiliki akun KSEI ini maka dimudahkan dalam memantau seluruh aset / portofolio investasi dalam satu situs, tentunya tidak perlu capek capek untuk membuka platform investasi hanya untuk mengecek portofolio / aset investasi.

Selanjutnya ada beberapa orang diforum para investor bertanya perihal,

“Ketika platform investasi Reksa Dana seperti Bibit tutup/bangkrut, apakah aset investasi juga akan hilang?”

Jawabanya adalah Tidak, karena seluruh uang investor tidak berada pada perusahaan Bibit, melainkan berada di Bank Kustodia, gambaran singkat bahwa Bank Kustodia ini adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk mengamankan aset dari investor.
Bahkan ketika plaftorm investasi Bibit tutup pun dana yang kita investasikan masih tetap bisa diambil.

“Lalu bagaimana cara pengambilan dana investasi kalau Bibit sudah tutup/tidak bisa dibuka”

Kamu bisa menunjukan kepemilikan aset investasi kepada Manajer Investasi, tentu kamu harus membawa bukti kepemilikan aset tersebut dengan cara memberikan data yang ada pada situs AKSes KSEI.

Jadi secara sederhana keuntungan yang didapatkan ketika memiliki akun KSEI adalah menunjukan kepemilikan aset investasi atau sebagai bukti kepemilikan, sehingga dapat digunakan untuk mencairkan aset investasi jika suatu platform investasi tutup atau bangkrut.

Jika diringkas kelebihan dari akun AKSes KSEI adalah:

  • Memantau Aset / Portofolio Investasi
  • Sebagai Bukti Kepemilikan Aset Investasi
  • Bisa Melihat Harga Suatu Saham / Reksa Dana Terbaru Lebih Cepat
  • Informasi Pembagian Deviden (Corp Action)
  • Berita Terbaru Mengenai Dunia Investasi
  • Tempat Pembelajaran Untuk Investor Pemula

Bagaimana? Sangat mudah bukan melihat semua portofolio investasi meskipun berbeda platform, tentunya dengan bantuan situs yang bernama AKSes KSEI.

Oke mungkin itu saja tentang bagaimana cara mendaftar situs AKSes KSEI dan cara melihat portofolio investasi, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel