Cara Menabung Bisa Untung Dengan Jenius BTPN

Kini menabung juga bisa mendapatkan Keuntungan dari sukuk bunga dengan fitur Flexi Saver Jenius BTPN, Keuntungan setara dengan bunga deposito namun tanpa tenor.

Pengalaman Menabung Menggunakan Flexi Saver Jenius

Memiliki uang tabungan atau dana darurat memang sangatlah penting untuk kejadian yang tidak diduga, memiliki kas atau uang tabungan juga sangat membantu memenuhi kebutuhan dimasa depan.

Misalnya menabung untuk biaya nikah, menabung untuk biaya cicilan rumah atau untuk liburan.

Deposito mungkin menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan Keuntungan dari uang tabungan, meskipun bunga deposito besar, tapi kekurangan deposito yakni dana tidak bersifat liquid atau tidak dapat dicairkan sewaktu – waktu.

Akibatnya jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, kita tidak memiliki dana darurat karena dana yang tersimpan pada deposito ditahan untuk batas waktu yang telah ditentukan.


Nah kali ini kita memiliki sebuah tips dan trik agar menabung namun juga bisa mendapatkan Keuntungan, serta dana yang ditabung bersifat Liquid atau dapat dicairkan kapan saja tanpa tenggat waktu / jatuh tempo.


Apa itu Jenius BTPN

Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan digital dan juga merupakan anak perusahaan dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Salah satu pelopor aplikasi bank digital sekaligus Jenius juga menyediakan fitur yang dapat memudahkan nasabah dalam mengatur keuangan mereka.

Mungkin salah satu keunggulan dari Jenius yakni bisa digunakan untuk transaksi diluar negeri, baik dalam penarikan tunai dinegara asing maupun melakukan pembelian disitus e comerce luar negeri.

Bagi yang berminat untuk mendaftar dan membuka rekening Jenius bisa membaca artikel pada – Jenius – Buka Rekening Tabungan Online Tanpa Biaya!


Apa itu Fitur Save It

Salah satu kelebihan aplikasi Jenius dibanding aplikasi bank lainya adalah terdapat fitur Save It yang sangat berguna untuk menabung atau menyimpan uang.

Dalam fitur Save It Jenius ini dibagi menjadi tiga jenis yakni

1. Flexi Saver

Flexi Saver adalah suatu fitur untuk menabung yang dimana akan memberikan return (Keuntungan) atau bunga sebesar 4% p.a atau 4% per tahun. Kelebihan Flexi Saver yakni dana yang disimpan bersifat liquid atau dapat dicairkan kapan saja.

2. Dream Saver

Sama seperti Flexi Saver yang memberikan bunga sebesar 4% p.a (pertahun), namun bedanya dengan fitur Dream Saver kamu bisa menggunakan auto debit dari saldo utama.

Atau dengan kata lain, manfaat dari fitur Dream Saver ini bisa menabung secara otomatis dengan nominal yang telah ditentukan, misalnya ingin menabung 100ribu per bulan, maka setiap bulanya Dream Saver akan mengambil uang dari saldo utama untuk ditabung.

3. Maxi Saver

Salah satu fitur favorit bagi para investor yang memiliki profil resiko konservatif, Maxi Saver memberikan Keuntungan yang jauh lebih tinggi daripada Flexi Saver maupun Dream Saver.

Karena Maxi Saver menempatkan uang atau dana tabunganya pada Deposito, tentu return (Keuntungan) setara dengan bunga deposito pada umumnya, yakni sebesar 5.75% p.a (per tahun).

Namun untuk menggunakan fitur Maxi Saver ini, nasabah harus memiliki dana setidaknya Rp.10.000.000 (sepuluh juta rupiah).

Perlu diketahui juga ketika kita menyimpan uang pada deposito maka dana yang disimpan akan ditahan untuk beberapa waktu yang telah ditentukan, dan tidak bersifat liquid yang berarti tidak dapat dicairkan kapan saja sebelum tenggat waktu berakhir.


Cara Menggunakan Flexi Saver Jenius

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengulas dan memberikan panduan tentang bagaimana cara menabung menggunakan aplikasi Jenius BTPN dan supaya bisa Keuntungan dengan menggunakan fitur Flexi Saver.

Pertama buka aplikasi Jenius dan pastikan kamu memiliki saldo aktif, jika tidak terdapat saldo aktif pada rekening Jenius silahkan isi saldo terlebih dahulu.

Tidak punya ATM atau Mager untuk setor tunai ke BTPN?

Tenang karena kini bisa Cara Isi Saldo Akun Jenius Lewat Dana, Pulsa, OVO, GOPAY dan LinkAja tanpa harus ke kantor bank.

Aplikasi Digital Bank Jenius

Buka menu dan tekan pada fitur Save It seperti gambar diatas.

Fitur Save It Jenius

Disini kamu akan ditampilkan dengan 3 pilihan yakni:

  1. Flexi Saver
  2. Dream Saver
  3. Maxi Saver

Untuk penjelasan mengenai masing masing fungsi dan kelebihanya bisa membaca penjelasan saya diatas, karena disini kita akan mengulas Flexi Saver maka tekan Lihat Detail pada Flexi Saver.

Setor Tunai Tabungan Flexi Saver Jenius

Kemudian untuk menambah saldo atau menabung pada flexi saver tekan tombol Top Up.

Nominal Setor Tunai Tabungan

Masukan jumlah uang yang ingin kamu tabung, disini saya akan mencoba memberikan setoran uang tunai sebesar Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Kemudian klik Lanjut.

Konfirmasi Setor Tunai Tabungan

Nantinya kamu akan diperlihatkan dengan detail informasi setor tunai pada Flexi Saver, pastikan nominal uang yang ingin ditabung sudah benar, dan jika benar klik TOP UP untuk menyimpan uang ke Flexi Saver.

Tabungan Flexi Saver Jenius

Ketika uang berhasil ditabung nanti akan muncul sebuah pesan seperti Kamu telah berhasil nenambahkan Rp.300.000 ke Flexi Saver.

Dan nantinya Saldo Tabungan kamu juga akan ikut bertambah.

Lalu bagaimana cara mengambil uang dari tabungan flexi saver?

Caranya sangat mudah tinggal menekan tombol Tarik yang berada dibagian bawah atau yang terletak disamping tombol Topup.

Penarikan Tunai Dari Flexi Saver

Disini kamu akan disuruh untuk memasukan nominal penarikan, misalnya disini saya ingin menarik uang sebesar Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah) dari tabungan Flexi Saver dan klik Lanjut untuk melakukan konfirmasi penarikan.

Secara otomatis dana yang kamu tarik dari uang tabungan (Flexi Saver) akan langsung masuk kedalam Saldo Aktif rekening Jenius, dan dapat langsung digunakan untuk melakukan transaksi baik melakukan penarikan tunai maupun pembelian.


Keuntungan Flexi Saver Aplikasi Jenius

Kini banyak orang menggunakan fitur Flexi Saver ini sebagai tempat nasabah untuk menyimpan uang, selain mudah untuk dicairkan (bersifat liquid) sekaligus mendapatkan Keuntungan dari bunga sebesar 4% p.a

Berbicara mengenai bunga tabungan, berapa sih Keuntungan yang akan didapatkan ketika menabung dengan nominal uang tertentu?

Keuntungan Menggunakan Flexi Saver Jenius

Untuk bunga atau Keuntungan yang kamu dapatkan bisa dilihat pada kolom Transaksi di Flexi Saver.

Disana kamu bisa melihat seluruh transaksi yang kamu lakukan pada Flexi Saver seperti Topup, Penarikan maupun Bunga yang didapatkan.

Bunga tabungan / Keuntungan akan diperoleh setiap akhir bulan, atau sekitar tanggal 27-29 (paling lambat tanggal 30).

Dengan modal menabung sebesar Rp.1.187.700 dengan bunga 4% p.a (pertahun) saya mendapatkan Keuntungan sebesar Rp.3.959/bulan (belum termasuk pajak).

Bagaimana cara menghitung Keuntungan yang akan didapatkan? Mudah sekali kok, gunakan rumus dibawah ini:

modal * bunga / 12

Contoh:

Rp.1.187.700 * 0.04 / 12 = Rp.3.959/bulan

Angka 12 disini adalah jumlah bulan dalam satu tahun, sehingga hasil akhir akan menampilkan Keuntungan yang diperoleh setiap bulanya.

Dan jangan lupa Keuntungan tersebut belum termasuk pajak 20%, untuk menghitung pajak yang harus dibayarkan dapat menggunakan rumus dibawah: 

Keuntungan * pajak

Pada saat artikel ini dibuat, pajak yang harus dibayarkan sebesar 20% maka

Rp3.959 * 0.20 = Rp.791 (dibulatkan menjadi Rp.792)

Jadi pajak yang harus dibayarkan sebesar Rp.792. Untuk mengetahui jumlah laba bersih yang kita dapatkan tinggal menggunakan rumus:

Keuntungan – pajak yang harus dibayarkan

Menjadi;

Rp.3.959 – Rp.791 = Rp.3.168

Maka setelah melakukan penghitungan ribet diatas kita dapat mengetahui Keuntungan atau laba bersih ketika menabung menggunakan Flexi Saver yakni Rp.3.168 dengan modal sekitar 1 juta rupiah.

Meski laba yang didapatkan sedikit, tapi mengingat kita hanya perlu menabung dan tidak perlu melakukan apa apa menjadikan nominal tersebut adalah angka yang besar.

Tentu semakin besar modal maka semakin besar pula Keuntungan yang kita dapatkan, berbicara mengenai bunga nih, ada sebuah investasi Reksa Dana yang menawarkan bunga (return) sebesar 7%

Untuk informasi mengenai Reksa Dana bisa membaca pada – Panduan Investasi Reksa Dana (bunga 7%).

Oke mungkin itu saja tips tentang cara mendapatkan Keuntungan uang tabungan dari bunga flexi saver Jenius BTPN, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel