Ingin Pergi ke Isekai? Kenali Dulu Apa itu Isekai

Genre Isekai merupakan sebuah kategori yang memiliki banyak peminat karena menceritakan tentang kehidupan di dunia lain atau dunia fantasy.

Pengertian Genre Isekai

Ketika mendengar kata Isekai pasti yang ada di benak kepala adalah dunia fantasi, atau sebuah dunia yang dimana bisa mengeluarkan kekuatan sihir ataupun kekuatan supernatural lainya.

Tapi apakah memang benar Isekai itu sebuah dunia fantasy? Bener sih, tapi tak sepenuhnya benar.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai genre Isekai lebih rinci, tentang apa sih makna atau arti Isekai yang sebenarnya!



Pada konten sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai Macam-Macam Genre Anime dan Film, bagi yang belum baca silahkan dilihat terlebih dahulu untuk menambah pengetahuan.

Perlu kita pahami terlebih dahulu apa itu Sekai dan Isekai agar nantinya bisa menjadi dasar pembahasan.


Pengertian Sekai

Sekai dalam Bahasa Jepang memiliki beberapa makna / arti: Bumi, Dunia, dan Alam Semesta, atau secara sederhana Sekai adalah dunia atau bumi yang kita tinggali saat ini.


Pengertian Isekai

Isekai dalam Bahasa Jepang berarti Dunia Lain.

Lantas bagaimana cara menentukan sebuah parameter isekai atau bukan?

Cukup mudah, karena sebuah alam/tempat bahkan dimensi yang tidak ada hubunganya dengan dunia atau bumi yang kita tempati itu adalah Isekai.

Penggambaran Isekai sendiri adalah ketika sebuah karakter didunianya atau dunia yang ia tinggali pergi/dipanggil ke dunia lain.

Lalu ada sebuah istilah yakni Reverse Isekai, apaan tuh?

Reseverse Isekai adalah kebalikan dari Isekai, dimana Isekai digambarkan dengan suatu tokoh yang pergi/terbawa ke dunia lain.
Apa itu Deleted Scene dan Penyebabnya Pada Film / Anime
Sedangkan Reverse Isekai digambarkan dengan suatu makhluk dari isekai atau dari dunia lain datang ke ke dunia yang ditinggali oleh tokoh utama (sekai).

Atau lebih gampangnya lagi jika Isekai itu adalah pergi ke dunia lain, sedangkan Reverse Isekai membawa/munculnya makhluk dari/yang berasal dunia lain.


Macam-Macam Isekai

Ada beberapa jenis Isekai yang ada, tapi perlu diketahui jenis-jenis ini diambil berdasarkan sebuah cerita yang ada pada anime, manga, maupun light novel bukan pada realita atau kehidupan nyata.

Terdapat banyak sekali jenis-jenis isekai antara lain;

  1. Dunia Parallel
  2. Dunia Game
  3. Alam Kematian
  4. Planet Lain
  5. Dunia Mimpi

Agar mempersingkat pembahasan, saya tidak akan memberikan pengertian dari masing masing jenis dunia lain / isekai, namun akan saya berikan beberapa anime yang mengangkat tema atau genre Isekai.


Contoh Anime Genre Isekai

Terdapat banyak sekali genre Isekai yang ada pada anime, sampai-sampai sempat bikin saya bosen karena alur ceritanya gitu gitu aja. Terlepas dari itu,

Dunia Parallel (Parallel Isekai):

  1. Overlord
  2. KonoSuba
  3. Tate no Yuusha

Dunia Game (Isekai Game)

  1. Sword Art Onlne
  2. Accel World
  3. Netoge

Alam Kematian (Death Isekai)

  1. Death Parade

Dunia Mimpi (Dream Isekai)

  1. Kimi no Nawa (konsep cerita)

Untuk anime genre Isekai selebihnya bisa mencari rekomendasi di Google maupun cari rekomendasi di YouTube.

Apakah Genre Isekai dan Game itu berbeda?
Menurut saya pribadi genre isekai dan game itu jelas berbeda, meskipun terlihat sama namun secara konsep jelas berbeda.

Karena genre Isekai itu menceritakan tentang dunia lain, dan belum pasti didunia lain itu menceritakan tentang sebuah game.

Sedangkan genre game itu pasti menceritakan tentang sebuah game dan belum tentu dalam game tersebut melibatkan dunia lain.
Intinya beda cuy.

Apakah dunia maya / internet termasuk Isekai?
Jika berdasarkan pengertian yang ada, Dunia Maya itu termasuk Isekai atau Dunia Lain, bahkan beberapa orang setuju jika dunia maya merupakan dunia lain.

Sumber: https://id.quora.com/Apakah-dunia-maya-sudah-termasuk-pada-dimensi-paralel-dunia-lain

Apakah isekai itu ada?
Isekai itu benar adanya, karena Isekai itu adalah dunia lain. Tapi, jika Isekai yang kamu dimaksud seperti anime Konosuba, Isekai wa Smartphone, Death march kara hajimaru, dan sebangsanya itu tidak ada.

Karena itu hanyalah sebuah cerita fiktif atau sebuah cerita yang dibuat oleh seseorang.

Karena hingga saat ini juga belum ada orang yang mengaku pernah pergi ke Isekai, kalaupun ada orang yang mengaku pernah pergi ke isekai, kemungkinan pernyataan itu adalah bullshit atau cuman omong doang.
Apa itu Plot Twist, Plot Armor, Plot Hole dan Plot Major
Karena kebanyakan orang yang masuk ke dalam isekai, maka keberadaanya tidak akan pernah kembali ke dunia asalnya, jadi kalaupun seandainya ada, maka orang itu tidak akan pernah kembali ke dunia aslinya sehingga tidak bisa membuktikan bukti bahwa Isekai itu ada.

Atau bagi kalian yang pernah pergi ke Isekai, mungkin bisa berbagi pengalamanya melalui kolom komentar atau bisa dm ke akun Instagram jika kalian malu.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai perbedaan genre isekai dan genre game, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel