Apa itu Deleted Scene dan Penyebabnya Pada Film / Anime

Pernahkah kalian mendengar istilah Deleted Scene atau adegan yang dihapus pada suatu film dan anime? Lalu apa pengertian dan penyebab Deleted Scene.

Pengertian dan Penyebab Deleted Scene Pada Film

Tentu ketika kita sedang membuat atau menonton film terdapat sebuah adegan atau yang disebut sebagai scene.

Dalam suatu adegan (scene) pasti terdapat sebuah kejadian entah itu tentang perkelahian, percakapan dan sebagainya.

Namun ada sebuah kasus yang dimana sebuah adegan pada film dihapus karena satu dan berbagai alasan.

Dikesempatan sebelumnya saya juga pernah membahas tentang Apa itu Plot Twist, Plot Armor, Plot Hole dan Plot Major, bagi yang suka tentang dunia perfilman mungkin bisa membaca sebagai tambahan informasi.




Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dari Deleted Scene dan Penyebabnya.


Pengertian Deleted Scene

Deleted Scene adalah sebuah adegan yang sengaja dihapus pada sebuah film, drama, maupun anime karena suatu alasan tertentu.

Menurut Wikipedia Deleted Scene merupakan sebuah footage yang dihapus dari hasil akhir (final version).

Tidak sedikit film terkenal yang melakukan penghapusan adegan (deleted scene) seperti:

  1. Titanic (Film 1997)
  2. Avengers: Endgame
  3. Spider-Man: Homecoming
  4. The Invisible Man

Dan masih banyak lagi, sebenarnya hampir semua film, anime, maupun drama pasti memiliki sebuah footage yang dibuang, atau yang lebih dikenal sebagai deleted scene.


Penyebab Deleted Scene

Ada beberapa faktor atau penyebab deleted scene dilakukan, namun disini saya akan membahas sebuah alasan yang sekiranya relevan saja, dimulai dari;


1. Durasi Terlalu Panjang

Sebelum sebuah film dapat dikonsumsi tentunya akan melalui proses editing terlebih dahulu, pada proses editing ini umumnya ketika footage dirangkai atau ditata pada aplikasi editing akan menghasilkan durasi lebih dari 4-6 jam.

Karena durasi tersebut terlalu lama (karena umumnya film berkisaran 1-3 jam) maka ada beberapa adegan yang sengaja dihapus agar durasi film tidak terlalu panjang.

Apa itu Chunibyou dan Hikikomori
Proses ini bernama Editor’s cut atau pemotongan adegan yang dilakukan oleh editor video, karena suatu adegan dihapus maka jadilah sebuah istilah Deleted Scene.


2. Tidak Mempengaruhi Alur Cerita

Selanjutnya penyebab deleted scene dikarenakan sebuah adegan tidak terlalu berpengaruh kepada jalan cerita / alur cerita (plot).

Misalnya ada sebuah adegan yang menampilkan seseorang sedang memasak mie instan, padahal dalam filmnya menceritakan tentang planet Jupiter, karena adegan memasak tadi dihilangkan juga tidak akan mengubah jalan cerita, maka jadilah deleted scene atau sebuah adegan yang dihapus.


3. Permintaan Distributor & Publik

Hal terbesar yang membuat suatu adegan dihapus adalah permintaan Distributor dan juga Publik atau kritikan orang – orang.

Misalnya ada sebuah film yang distribusikan ke Negara Indonesia, pada film tersebut terdapat sebuah adegan yang sekiranya kontroversial, katakanlah ada adegan ena – enanya.

Karena Di Indonesia sendiri tidak memperbolehkan untuk menayangkan sebuah film yang mengandung unsur dewasa secara berlebihan pada bioskop, maka pada adegan tersebut atau lebih tepatnya pada saat adegan ena – ena akan dihapus.

Kalau gak dihapus mungkin tidak bisa tayang, kalaupun bisa tayang mungkin akan ada batasan umur untuk para penonton, tergantung kebijakan dari masing – masing penayang (koreksi kalau saya salah).

Atau contoh sederhananya coba kamu nonton film Titanic yang ada di Netflix, misalnya pada versi Netflix ada sebuah adegan dimana pasangan Jack sama Rose ini berciuman.
18 Tempat Situs Download Drama Korea, Jepang & Film Terbaru
Sekarang coba kamu bandingin film Titanic yang tayang pada televisi, mungkin untuk adegan ‘ciuman’ atau hal yang berbau dewasa lainya akan dihilangkan, nah adegan yang dihilangkan itu disebut sebagai Deleted Scene.

Meskipun terdapat sebuah deleted scene atau adegan yang dihapus pada sebuah film, namun penonton tetap bisa melihat sebuah scene yang telah dihapus tersebut pada YouTube maupun melalui versi BD (Blu-ray Disk), jika disediakan loh ya!

Referensi:

  • https://id.quora.com/Mengapa-ada-film-yang-memotong-sebagian-adegannya-deleted-scene
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Deleted_scene

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai pengertian dan penyebab deleted scene pada suatu film maupun drama, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel