-->

Apa Itu Doujin Yang Sebenarnya?

Pernah mendengar kata Doujin dari forum atau grup diskusi anime, manga, game dan sebagainya? Jangan sampai salah, ketahui arti yang sebenarnya.

Pengertian Doujinshin atau Doujin

Kata Doujin mungkin sering digunakan oleh seseorang untuk menunjukan sebuah karya yang berbau Hentong atau hal yang merujuk pada konten negatif .

Bahkan teman saya sendiri yang notabenya adalah wibu akut atau seorang manusia yang sudah lama bergelud di dunia perwibuan hingga saat ini menganggap bahwa Dojin itu adalah hal berbau negatif atau konten henti.
Lalu apakah memang benar Doujin itu adalah Henti? Dikesempatan sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Perbedaan Otaku, Wibu, Nolep, dan Anilovers.



Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian Doujin yang sebenarnya beserta ciri-ciri dari Dojin itu sendiri.


Pengertian Doujin

Doujinshi (同人誌) atau yang lebih dikenal sebagai Doujin adalah sebuah istilah dalam Bahasa Jepang untuk menunjukan sebuah karya yang diterbitkan sendiri atau independen.

Karya yang diterbitkan meliputi novel, majalah, manga, game, hingga karya seni lainya. Sedangkan kelompok yang beranggotakan para Doujinshi disebut sebagai Sakuru (サークル) yang berarti Circle atau lingkaran.

Karena tidak memiliki penerbit resmi (berlisensi) karya Doujin ini biasanya akan dipromosikan atau dijual pada acara Comiket (Comic Market) yang terletak pada Tokyo Big Sight di Negara Jepang.

Namun biasanya karya yang diterbitkan pada internet kebanyakan bersumber atau berasal dari karya manga, anime, atau game yang sudah ada.

Seperti halnya terdapat seseorang yang membuat cerita game Genshin Impact namun pada cerita tersebut genrenya menjadi Henti, dan karena genrenya henti ya pasti kalian udah tahu ceritanya bakal seperti apa.

Untuk anime yang menceritakan tentang dunia Doujinshin atau Doujin Circle bisa nonton anime yang berjudul Saenai Heroine no Sodatekata.


Ciri-ciri Doujin

Untuk mengetahui Doujin atau Doujinshi lebih lanjut mungkin dapat diketahui pada ciri-cirinya seperti:

  1. Karya yang diterbikan pada internet kebanyakan karya fansart/fansmade dari sebuah karya yang sudah ada (seperti halnya kasus komik Genshin Impact versi henti yang saya bilang tadi).
  2. Tidak terikat kontrak karena tidak diterbitkan pada perusahaan penerbit (publisher) yang berlisensi.
  3. Pembuat atau sang kreator bisa bekerja sendiri (solo) atau juga bisa berkelompok (circle).

Jadi bisa disimpulkan bahwa tidak selamanya Doujin atau Dounjinshi itu mengandung unsur negatif atau karya henti, namun dikarenakan kebanyakan Doujin merupakan konten pemersatu bangsa, kalian juga boleh beranggapan bahwa Dojin = Henti.

Dengan dibuatnya artikel ini saya harap kalian mengetahui dan paham akan arti dari Dojin yang sebenarnya, jadi ketika ditanya sama teman atau orang awam kalian bisa menjawab dengan benar tanpa perlu menyesatkan.

Jika masih bingung ya secara sederhana Doujin itu karya buatan sendiri, kalau karya yang diterbitkan oleh perusahaan yang berlisensi itu bukan Doujin lagi.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai apa itu Doujin yang sebenarnya beserta ciri-cirinya, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel