Cara Membatasi Kuota Hotspot WiFi Android

Takut kuota habis ketika mengaktifkan hotspot wifi untuk teman? Tenang dengan hotspot limit anda dapat membatasi penggunaan kuota internet.

Cara Membatasi Kuota Hotspot

Berbagi internet atau lebih dikenal sebagai tethering internet mungkin sudah tidak asing bagi pengguna smartphone android, bagaimana tidak?

Dengan menggunakan fitur hotspot anda dapat memberikan akses internet ke perangkat lain baik itu sesama ponsel, router, laptop, perangkat komputer.

Namun hal yang sangat ditakuti ketika memberikan akses internet kepada orang lain yakni penggunaan data yang tidak wajar sehingga menyebabkan kuota habis tanpa disadari.


Akan tetapi anda tidak perlu khawatir akan hal itu karena pada sistem android terbaru kini sudah tersedia hotspot limit dimana dengan memanfaatkan fitur ini anda bisa membatasi batas maksimal data yang digunakan.


Cara Membatasi Kuota Tethering WiFi Android

Pastikan sistem operasi yang anda gunakan diatas versi android 4.0 (Ice Cream Sandwich) atau menggunakan smartphone dengan OS android versi terbaru.

1. Pergi ke menu Setelan atau Pengaturan pada ponsel android.

Setelan Android

2. Pilih menu Other wireless connection atau Koneksi nirkabel lainnya.

Personal Hotspot

3. Selanjutnya tekan pada fitur Personal Hotspot.

Connection Management

4. Tekan tulisan Connection management untuk menggunakan fitur limit hotspot.

Limit Hotspot Data

5. Pilih jumlah kuota atau data yang ingin anda bagikan (tethering) misalnya disini saya membatasi penggunaan kuota hotspot maksimal 50 MB.

Mengaktifkan Tethering Wifi

6. Langkah terakhir yakni mengaktifkan tethering wifi dengan menekan fitur Personal Hotspot seperti gambar diatas.

Penggunaan Data Hotspot

Penggunaan data yang berjalan dapat anda lihat melalui menu bar atau dengan cara menarik layar bagian atas ke arah bawah (swipe down).

Fitur Kuota Internet Hotspot

Ketika penggunaan kuota sudah mencapai 50 MB maka wifi hotspot anda akan mati secara otomatis atau jika tidak mati maka akses internet akan dinonaktifkan secara otomatis.

Bagaimana sangat mudah bukan membatasi akses internet menggunakan ponsel android?


Paket Internet Murah Dapat Kuota Besar

Langkah lain agar supaya kuota tidak habis ketika sedang mengaktifkan hotspot yakni membeli paket internet dengan harga murah namun mendapatkan kuota yang besar.

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas mengenai Paket Internet Murah Kuota 50 GB Hanya 10 ribu (Kuota Murah) dimana pada artikel tersebut saya memberikan rekomendasi 2 paket kuota yakni;

  • Paket kuota 50 GB masa aktif 7 hari – Rp.10.000
  • Paket warnet 3 GB masa aktif 6 jam – Rp.2.990

(harga paket internet dapat berubah sewaktu-waktu)

Bagi anda yang ingin mendapatkan kuota gratis saya juga sudah sempat membahasnya pada artikel – Cara Mendapatkan Kuota Gratis 10 GB

Akan tetapi perlu diingat bahwa kuota gratis hanya berlaku bagi pengguna operator seluler AXIS dan juga kartu 3 atau Tri Indonesia, untuk saat ini saya hanya mengetahui ke-2 operator tersebut.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai cara membatasi penggunaan kuota pada hotspot wifi atau tethering wifi, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan