Cara Bermain Game PS2 di Android dengan AetherSX2

Bernostalgia dengan game lawas? Tenang anda bisa bermain game PS2 di android dengan download AetherSX2 Emulator Playstation 2 + BIOS gratis terbaru.

AetherSX2 - Emulator PS2 Android

Game PS 2 atau 1 mungkin sangat memorable bagi generasi tahun 90-an hingga kelahiran tahun 2000, tidak sedikit dari generasi tersebut yang sengaja bangun pagi hanya demi bermain game di rental ps2.

Beberapa game ps2 yang sangat populer pada masanya antara lain ada Resident Evil 4, GTA San Andreas, God of War II, Black, God Hand, Naruto dan masih banyak lagi.


Namun sayang bahwa konsole tersebut kini sudah tidak diproduksi lagi, tapi tak perlu khawatir karena anda masih bisa memainkanya dengan bantuan emulator ps2 bernama AetherSX2.


Bagi anda pengguna komputer bisa menggunakan Emulator PCSX2 + BIOS namun untuk pengguna hp anda bisa memakai AetherSX2 untuk bermain game PS2 pada android tanpa lag.



Emulator PS2 Android Tanpa Lag

Saat ini sudah terdapat beberapa emulator ps2 yang dapat berjalan baik tanpa lag pada sistem operasi android maupun beberapa platform lainya beberapa diantaranya;

1. AetherSX2

AetherSX2 adalah emulator Playstation 2 terbaik untuk platform android dikarenakan dapat menjalankan game dengan stabil tanpa lag meskipun spesifikasi smartphone rendah.

Meskipun memiliki fitur yang sangat lengkap beserta memiliki dukungan terhadap hampir semua game ps2 akan tetapi anda dapat mengunduh AetherSX2 secara gratis.

2. DamonPS2 Pro

Damon PS2 Pro rilis lebih cepat dari pada AetherSX2 tentunya setelah melewati berbagai uji coba dan pengembangan membuat DamonPS2 memiliki fitur yang banyak serta ringan digunakan.

Namun sayang untuk dapat menikmati semua fitur yang disediakan pada DamondPS2 Pro anda harus membeli aplikasinya terlebih dahulu.

3. Dolphin Emulator

Dolphin Emulator adalah emulator multi-platform yang dapat anda gunakan pada sistem operasi android, windows, linux, dan masih banyak lagi.

Mendukung penuh resolusi gambar hingga 1080p 60FPS, networked multiplayer (mabar menggunakan jaringan) sehingga membuat pengalaman bermain game PS2 menjadi menyenangkan.


Download AetherSX2 APK Full BIOS

Untuk dapat memainkan game ps2 pada smartphone android anda harus menginstall dan download apk AetherSX2 + BIOS terlebih dahulu, anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store atau menggunakan link dibawah ini;

  1. Emulator PS2 Android – [Download]
  2. BIOS AetherSX2 APK Full – [Download]

Bagi hp anda yang tidak mendukung pemasangan melalui Play Store anda juga bisa mengunduh versi apk melalui website resminya – https://www.aethersx2.com/archive (pilih yang versi beta bukan alpha).


Cara Memainkan Game PS2 di Android

Pastikan kalian menginstall apk AetherSX2 dan download BIOS PS2 jika sudah ikuti panduan untuk melakukan konfigurasi dibawah ini;

Pemasangan AetherSX2

1. Pasang emulator ps2 apk pada hp android dan tekan tulisan Next pada bagian pojok bawah kanan.

Konfigurasi AetherSX2

2. Atur konfigurasi sesuai dengan spesifikasi smartphone atau anda juga bisa meniru konfigurasi seperti gambar diatas (device Realme 5 Pro)

Setting: Fast/Unsafe Default (khusus hp kentang)
Emulation Screen Orientation: Landspace (mode full)
Aspec Ration: 16:9 (agar resolusi bisa 1080p)
UI Language: Bebas
Theme: Dark

Import BIOS Ps2

3. Tekan tulisan Import BIOS untuk memasukan file bios ps2.

BIOS AetherSX2

4. Cari dan pilih file BIOS yang telah anda download tadi atau file bernama [nafaskuda] BIOS AetherSX2.bin

Opsi BIOS Play Station 2

5. Pilih BIOS yang muncul pada layar atau B7EF81A9.bin

Game Directories

6. Agar game muncul pada layar utama emulator anda harus memilih folder dimana anda menyimpan game ps2 dalam format ISO.

Folder Penyimpanan File ISO PS2


7. Dikarenakan saya menyimpan file ISO game pada folder Download maka saya memilih folder Download.

Bagi kalian yang belum memiliki game ISO ps2 bisa melakukan download terlebih dahulu atau jika bingung bisa kunjungi – Tempat Situs Download ISO Game PS1, PS2 dan PSP Gratis.

Konfigurasi Berhasil

8. Tekan Finish untuk menampilkan game ps2.

Game PS2 Iso

9. Pilih game yang muncul pada halaman utama emulator (disini saya memiliki file ISO game God Hand)

God Hand Play Station 2

10. Sekarang anda tinggal memainkan gamenya, happy gaming!

Bagaimana sangat mudah bukan bermain game ps2 di hp android? Tentunya mudah dong, bagi yang mengalami lag atau patah-patah saat bermain game bisa ikuti panduan dibawah ini.


Konfigurasi AetherSX2 Agar Tidak Lag

Beberapa smartphone dengan spesifikasi rendah mungkin akan ngeframe ketika menjalankan game berat tapi tenang karena terdapat cara untuk meminimalisir lag ketika bermain game.

AetherSX2 Home

1. Pergi ke halaman utama emulator AetherSX2 dan tekan menu pada bagian pojok kiri atas.

Setelan Emulator PS2

2. Cari dan pilih menu App Settings.

Pengaturan Grafis

3. Pada bagian Graphics atau Grafik ubah GPU Renderer menjadi Vulkan.

Resolusi layar emulator

4. Tarik layar ke bawah dan ubah Aspect Ratio menjadi 4:3 (untuk menurunkan resolusi gambar).

Seharusnya ketika anda sudah melakukan konfigurasi emulator dengan benar maka game tidak akan ngeframe atau lag, beberapa tips agar supaya permainan menjadi lancar:

Tidak bermain sambil charge

Dikala baterai habis dan ketika lagi seru-serunya bermain game tidak sedikit orang langsung melakukan pengisian baterai pada hp mereka untuk melanjutkan permainan.

Namun tahukah anda? Bermain game sambil melakukan charge akan menimbulkan panas akibat arus listrik yang terus mengalir dan untuk beberapa ponsel ketika suhu hp panas maka secara otomatis sistem akan pelakukan penyesuaian peforma agar suhu tidak terlalu panas.

Untuk itu hindari bermain game sambil melakukan pengisian baterai, selain dapat membuat game ngelag melakukan charge sambil bermain juga tidak baik untuk kesehatan baterai.

Gunakan pendingin hp

Tidak bisa dihindari bahwa ketika bermain game pasti hp akan terasa panas (terlebih lagi jika game yang dimainkan terlalu berat) salah satu cara untuk menghindari penunuran peforma akibat suhu terlalu panas yakni menggunakan cooler atau pendingin seperti kipas.

Baca juga: Download ePSXe Full BIOS Android & Windows (PS1 Emulator)

Saat ini sudah banyak vendor yang menyediakan cooler khusus hp dimulai dengan harga Rp.50,000 hingga Rp.300,000 tentunya semakin tinggi harga maka semakin dingin juga suhu yang akan didapatkan.

Tutup aplikasi selain emulator

Cara lain untuk bermain game ps2 tanpa lag yakni menutup aplikasi selain emulator ps2 seperti aplikasi Whatsapp, Facebook, Google Chrome, dan aplikasi yang berjalan pada background (latar belakang).

Hapus berkas yang tidak terpakai

Mengosongkan memori hp mungkin tidak terlalu berpengaruh langsung ketika bermain game, namun jika memori internal anda penuh maka akan menyebabkan lag karena sistem tidak bisa membuat Cache aplikasi.

Cache pada aplikasi berfungsi untuk mempercepat proses load / pemuatan sebuah aset baik pada aplikasi atau sebuah game, atau secara sederhana dapat meningkatkan kecepatan loading screen pada permainan.

Maka dari itu menghapus berkas yang tidak terpakai dapat membantu meningkatkan peforma loading screen pada game karena mengijinkan aplikasi membuat suatu cache.

Oke mungkin itu saja pembahasan bagaimana cara bermain game PS2 pada android menggunakan apk AetherSX2 Emulator Ps2 sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan