Download PCSX2 + BIOS PS2 dan Panduan Instalasi

Download PCSX2 + BIOS PS2

Download emulator ps2 untuk komputer terbaru gratis, dengan bantuan pcsx2 + bios ini kamu dapat bermain semua game PS2 pada pc kamu. Ingin bernostalgia bermain game lawas tentu sekaranglah saatnya untuk bermain kembali.


PCSX2 adalah sebuah emulator PS2 atau PlayStation 2 yang dapat memainkan game ps2 disebuah komputer, karena berbasis open-source maka dapat diunduh secara gratis dan didukung diberbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, OS X bahkan sampai pengguna android pun dapat menikmatinya.

Sebelum menuju ke panduan instalasi kamu harus memiliki dua buah file yang sangat penting yakni pcsx2 installer dan berserta bios yang dapat kamu unduh melalui link dibawah ini:

1. PS2 Emulator Installer [Download]
2. BIOS PCSX2 Full [Download] - (Password: nafaskuda.com)

Jika kamu sudah memiliki ke 2 file diatas, sekarang kamu tinggal mengikuti instruksi untuk pemasangan dibawah ini.

Cara Install Emulator PS2 (PCSX2) + BIOS di Komputer

Untuk memasang aplikasi ini pertama kamu harus membuka file Installer PS2 terlebih dahulu dengan cara double klik atau menekan dua kali.

instalasi komponen pcsx2

Pada awal melakukan installasi beri tanda centang atau ceklist pada semua pilihan seperti gambar diatas, karena semua komponen tersebut sangatlah penting untuk stabilitas emulator, setelah itu silahkan klik Next > dan tunggu sampai proses selesai.

lokasi penempatan bios

Untuk mengetahui folder dimana konfigurasi bios berada kamu bisa mengeklik Open in Explorer

bios pcsx2 terbaru

Kemudian copy atau cut file BIOS yang sudah kamu download tadi kedalam folder konfigurasi BIOS dan langkah selanjutnya klik Extract Here, bagi kamu yang tidak menemukan fitur Extract Here kamu membutuhkan aplikasi bantuan yang bernama WinRAR atau sejenisnya.

memilih bios versi jepang

Untuk menampilkan pilihan bios kamu bisa menekan Refresh List dan kemudian pilihlah versi bios sesuai dengan selera, saya sendiri menggunakan bios Japan v01 sama persis seperti gambar diatas, kemudian untuk mengakhiri konfigurasi silahkan klik Finish.


Mudah bukan memasang emulator ps2 dikomputer? Sekarang kamu tinggal bermain game yang kamu inginkan, namun jika kamu masih pemula dan tidak mengerti bagaimana cara memasukan file game bisa mengikuti tutorial dibawah ini.


Cara Memasukan ISO / DVD Game 

Untuk memainkan sebuah game di pcsx2 kamu perlu sebuah ISO atau File game yang ingin dimainkan dalam emulator, bisa mencari atau mengunduh dalam google atau menggunakan DVD langsung (bagi yang mempunyai) jika sudah memiliki file ISO bisa langsung mengikuti tutorial dibawah ini.

memilih file game ISO

Petama buka emulator terlebih dahulu, kemudian pada menu bar silahkan pilih CDVD > Iso Selector > Browser dan silahkan pilih file game yang sudah disimpan dalam hardisk atau DVD kamu. Sekedar informasi jika ingin mencari game melalui google silahkan utamakan sebuah game yang memiliki ekstensi atau format ISO.

cara memulai game ps2

Untuk memulai game kamu bisa menuju ke menu bar System > Boot CDVD (fast) atau bisa menggunakan yang atasnya, perbedaan Full dengan Fast adalah waktu booting game dimana Full menampilkan loading layaknya PS2 dan Fast booting langsung menuju ke game.


Cara Menggunakan Joystick di PCSX 

Tentu pengalaman yang menyenangkan ketika kita menggunakan sebuah controller tambahan atau akrab disebut sebagai Joystick, dimana dengan bantuan hardware ini bermain game jauh lebih mudah dan memberikan rasa nostalgia ketika bermain game lawas.

Tenang kamu tetap dapat menikmati sensasi ini karena emulator ini mendukung penuh penggunakan gamepad atau joystick. Sebelum menuju ke tutorial pastikan kamu memiliki sebuah Joystick yang sudah mendukung USB dan juga driver.

cara menggunakan joystick di emulator ps2

Langsung saja menuju ke Config > Controllers (Pad) > Plugin Settings kemudian pilih PAD 1 (dibagian atas).

keymapping joystick

Dikarenakan disini kita akan melakukan konfigurasi secara manual maka klik Clear All untuk menghapus segala key yang ada.

keymaping manual gamepad

Cara untuk melakukan konfigurasi manual di pcsx2 ini yakni dengan memilih tombol yang sudah saya beri tanda kotak besar dibagian kanan. Misalnya saya memilih L1 kemudian tekanlah tombol L1 yang ada pada Joystick, dilanjut L2 kemudian saya menekan tombol L2 pada joystick dan selanjutnya sampai benar benar semua tombol telah termapping / tercantum.


Setelah semua tombol yang ada pada Joystick termapping silahkan klik Appy untuk meyimpan setelan dan klik OK untuk mengakhiri. Jika terdapat masalah tidak dapat memunculkan mapping mungkin driver belum terpasang dengan benar.


Cara Agar Tidak Lag Bermain Game PS2 di PC

Sudah sewajarnya kalau spesifikasi yang kurang memumpuni mengalami lag, namun terdapat beberapa cara untuk mengakali atau membuat tidak lag ketika menggunakan emulator ps2 ini yakni melakukan konfigurasi manual pada GSdx.

cara setting agar tidak lag

Kamu bisa melakukan eksperiment pada Config > Video (GS) > Plugin Settings, disitu kamu akan menemukan setelan video, silahkan otak atik sendiri, disini saya tidak mengalami lag jadi tidak bisa memberikan referensi (spesifikasi komputer saya memumpuni untuk menjalankan emulator ini).


Penyebab Lag / Freezing / Hang pada Emulator

Ada beberapa hal yang memyebabkan emulator sering crash atau terasa berat ketika bermain sebuah game, diantaranya adalah:

1. Konfigurasi Emulator PS2 tidak cocok (kurang pas)

Jika terjadi Lag atau Freezing mungkin settingan yang kamu lakukan tidak cocok (kurang pas) atau tidak sesuai dengan komputer kamu. Biasanya dapat diatas dengan cara melakukan konfigurasi pada GSdx (bisa dibaca panduan konfigurasi diatas). Mungkin agak sedik ribet ketika kamu harus mencoba setelan yang diberikan pcsx2 karena terdapat pilihan banyak sekali.

2. ISO / Game memiliki BUG atau tidak kompatibel

Meskipun bisa memainkan game ps2 pada komputer namun tidak semua game lawas didukung oleh emulator ini, mengingat pcsx2 adalah sekumpulan library playstation 2 yang dijalankan pada komputer, sehingga terkadang beberapa game tidak dapat dijalankan atau bisa dijalankan namun memiliki bug bahkan sampai crash pada suatu scene, mungkin solusinya hanya mencari ISO atau game yang memiliki versi berbeda (update game).

3. Spesifikasi komputer kurang memadai

Tidak dapat dipungkiri lagi penyebab utama terjadinya lag yakni spesifikasi komputer yang kurang memadai, memang rasanya sangat pahit ketika memiliki spesifikasi yang kurang memadai untuk bermain sebuah game, namun ya mau bagaimana lagi jaman semakin maju maka diperlukan peralatan dan teknologi yang memadai untuk mengikuti alur jaman berkembangnya teknologi ini. Solusi untuk kasus ini adalah memperbaharui hardware yang lebih baik dari yang dulu.

Baca juga: Emulator Android RINGAN!! Untuk PC

Bagaimana nih pendapat kamu mengenai emulator ps2 atau lebih dikenal sebagai pcsx2 ? Apakah kamu sudah punya target game apa saja yang ingin dimainkan? atau malah heran kenapa BIOS pcsx2 ini tidak sekalian terdapat pada installernya? Masih menjadi misteri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel