5 Aplikasi Untuk Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

5 Aplikasi Untuk Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas
Jika menyimpan sebuah file tentu akan memakan sebuah ruang penyimpanan memori pada smartphone, terutama menyimpan sebuah video yang mungkin memiliki ukuran yang sangat besar, terlebih lagi sebuah film dengan durasi lebih dari 1 jam pasti memiliki ukuran yang sangat besar. Tentu untuk menyelamatkan atau memperbesar ruang penyimpanan kita harus menghapus suatu file terlebih dahulu agar dapat digunakan untuk menyimpan file yang lain.


Dalam perkembangan teknologi dari tahun ke tahun mungkin memberikan keuntungan bagi kita semua, terutama dengan adanya sebuah teknologi pekerjaan manusia menjadi mudah dilakukan  dengan adanya sebuah teknologi. Orang orang mulai menggunakan smartphone mereka sebagai alat untuk melakukan aktifitas fotografi dan juga sebagai alat untuk merekam video.

Baca juga: 5 Aplikasi Prank Calling (Panggilan Telepon Palsu) Android Terbaik

Keuntungan dari sebuah smartphone yang memiliki spesifikasi yang tinggi membuat resolusi pengambilan gambar sangatlah besar, mungkin akan ada smartphone keluaran terbaru yang bisa merekam dengan output video resolusi 4k, yang artinya bisa dilihat sangatlah detail dan bening. Namun resolusi yang besar membuat ukuran file juga ikut besar, bagi yang memiliki ruangan penyimpanan memori yang sedikit tentu sangat menyiksa bagi mereka, karena tidak bisa menyimpan file dengan jumlah yang banyak.

Ketika ingin mengirim atau membagikan sebuah video kepada sosial media dengan ukuran yang sangat besar akan membuat lama proses upload, mengingat juga beberapa sosial media termasuk email membatasi sebuah ukuran file terhadap video. Lantas apa yang bisa dilakukan agar permasalahan itu terselesaikan ?

Baca juga: Aplikasi Android Khusus Untuk Orang Dewasa (18+ Adult Only)

Kamu hanya perlu mengkompres atau mengecilkan sebuah ukuran video dengan aplikasi video kompres. Aplikasi ini bekerja untuk mengurangi ukuran file video tanpa mengurangi atau menurunkan kualitas video. Terdapat banyak sekali aplikasi yang tersedia dalam Google Play Store namun beberapa dari mereka memberikan output video yang buruk sehingga kualitas video mungkin menurun. Namun tak perlu khawatir karena kami telah menemukan beberapa aplikasi video kompres terbaik untuk menurunkan ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.

1. Video Dieter 2 - Trim & Edit
Video Dieter 2 adalah aplikasi coverter untuk mengecilkan ukuran video tanpa harus mengurangi kualitas terbaik dan dapat diunduh secara gratis tanpa harus membeli aplikasi, namun terdapat beberapa iklan yang ada dalam aplikasi. Aplikasi ini menyediakan interface menu yang sangat mudah diakses, dan dapat mengecilkan sebuah ukuran file video hingga ke ukuran yang paling kecil tanpa harus mengurangi kualitas sebuah video.

Operating System Android
Developer Outplay Lab, Inc.
Licensed Free with Ads
Internet Offline
[DOWNLOAD NOW]

Aplikasi Video Diter 2 menghasilkan sebuah kualitas yang sangat bagus dengan ukuran yang kecil, dan dalam aplikasinya terdapat banyak sekali fitur yang bisa digunakan untuk keperluan sebuah video. Misalnya kamu dapat memasukan sebuah musik kedalam video dan bisa langsung dikirim melalui SMS, Email, YouTube dan beberapa aplikasi yang terdapat dalam Quick Option atau Opsi cepat, menyimpan sebuah video tanpa harus menghilangkan video aslinya, atau menurunkan sebuah resolusi pada video.

2. Video Compress
Video Compress yang dibuat oleh Mel Studio menawarkan sebuah fitur yang dapat menentukan kualitas kompres sebuah video, kamu dapat menentukan sebuah kualitas yang diinginkan seperti Low, Normal, High (biasanya orang orang menggunakan kualitas Normal agar video yang output memiliki ukuran yang kecil namun tidak menurunkan sebuah kualitas) seperti aplikasi pada umumnya, Video Compress juga menawarkan Quick Share atau Share cepat pada sosial media seperti Whatsapp, Email, Facebook, YouTube dan masih banyak lagi.

Operating System Android
Developer Mel studio apps
Licensed Free with Ads
Internet Online/Offline
[DOWNLOAD NOW]

Interface menu yang dibuat sangat sederhana sehingga mudah diakses untuk pengguna baru, memudahkan bagi pengguna untuk mencari sebuah video, karena Video Compress akan membuat sebuah folder sendiri dan hasil video yang telah diconvert akan terkumpul pada satu folder sehingga sangat mudah diakses melalui Galeri.

Selanjutnya aplikasi ini dapat menghapus sebuah audio atau bahkan untuk mengubah sebuah ratio (seperti panjang dan lebar) pada video, menambahkan sebuah subtitle pada sebuah video. Dapat digunakan untuk memperkecil sebuah ukuran video tanpa harus kehilangan sebuah kualitas. Didalam aplikasi ini terdapat sebuah iklan, namun jika kamu ingin menghilangkanya kamu dapat membeli aplikasi.

3. Video Converter Video Compressor
Aplikasi terbaru terkait video kompres yang terlihat sangat menjanjikan akan fitur yang diberikan. Aplikasi ini dapat mengompres sebuah video dan mengecilkan sebuah ukuran frame seperti panjang dan lebar sebuah video (resolusi) dan dapat menyimpan sebuah video kualitas tinggi namun dengan ukuran file yang sangat rendah.

Operating System Android
Developer Jackie Apps
Licensed Free with Ads
Internet Online/Offline
[DOWNLOAD NOW]

Aplikasi ini juga dapat mengompres atau convert video dalam berbagaimacam ekstensi (format) seperti AVI, MOV, OGG, MP4, 3GP dan masih banyak lagi. Menukung juga codec/decode mpeg4 yang tidak perlu ditanyakan lagi akan kualitas hasil video. Dalam Google Play Store Video Converter Video Compressor mendapatkan rating yang bagus, mengingat fitur yang disediakan sangat mudah digunakan dan sangat berguna untuk kebutuhan video.

4. Video to MP3 Converter,Video Compressor-VidCompact
ViCompact sangat direkomendasikan untuk dipasang dalam smartphone kamu, bekerja sangatlah smooth (dapat menurunkan ukuran file video tanpa mengurangi kualitasnya) dan sangat mudah digunakan karena menu yang didesain sangatlah simpel. VidCompact mungkin tergolong aplikasi baru namun terdapat banyak sekali fitur yang disediakan yang bekerja dengan baik. Mendukung beberapa format video dan bisa dibilang aplikasi ini hanya membutuhkan waktu yang sangat cepat untuk melakukan proses kompres / convert dari satu format video ke format lain.

Operating System Android
Developer EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Studio
Licensed Free with Ads
Internet Online/Offline
[DOWNLOAD NOW]

Terdapat sebuah pilihan / settingan jika kamu ingin menurunkan sebuah resolusi atau ukuran pada video dan juga durasi (jika ingin memperpendek durasi misal 2 menit menjadi 1 menit). Dibuat dengan interface menu yang sangat enak dilihat dan dapat digunakan, menudukung juga 30 bahasa dan lebih dari 100 smartphone android.

Bisa juga untuk memisahkan / memotong sebuah video untuk beberapa ukuran (misalnya kamu memiliki ukuran video 100 MB, dengan aplikasi ini selain memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya, juga dapat membagi dalam beberapa bagian seperti membagi sebuah video dengan ukuran 100 MB dibagi menjadi 4 bagian yang artinya masih masing file video akan menjadi 4 file dan ukuran 25MB).

5. Video.Guru - Video Maker
Seperti aplikasi editor pada umumnya dengan beberapa fitur editor namun aplikasi ini juga mendukung sebuah fitur untuk mengkompres sebuah video bahkan video yang dihasilkan bisa mencapai resolusi 4k yang artinya sangatlah jernih dilihat. Seperti yang saya bilang tadi bahwa aplikasi ini sebenarnya sebuah video editor yang artinya dapat digunakan untuk mengedit sebuah video juga, mulai dari memotong atau menambahkan sebuah video, memasukan sebuah musik atau audio-effect dan melakukan penyesuaian.

Operating System Android
Developer InShot Inc.
Licensed Free with Ads
Internet Online/Offline
[DOWNLOAD NOW]

Dapat juga untuk mengatur kecepatan sebuah video seperti memberikan efek slow-motion atau gerakan cepat. Menambahkan filter sebuah video, menambahkan sebuah efek khusus sampai ke penyesuaian warna (hampir mirip dengan color grading). Video yang telah di edit bisa di export dengan kualitas video yang tinggi namun ukuran video yang kecil. Terdapat juga quick share yang memungkinkan kamu untuk membagikan video langsung ke sosial media.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan