Terbaru! Cara Mengatasi Penyimpanan Android Hampir Penuh

Terbaru! Cara Mengatasi Penyimpanan Android Hampir Penuh
Media penyimpanan sangatlah penting pada Android, karena bisa digunakan untuk menyimpan sebuah berkas maupun sebuah video dan foto. Namun dengan kondisi memori yang hampir penuh membuat kamu tidak bisa menyimpan lebih banyak lagi file yang di inginkan. Terlebih lagi kamu sudah mendapatkan peringatan yang mendandakan bahwa SD Card sudah hampir full, mau tidak mau kamu harus menghapus beberapa file agar menciptakan ruang kosong para memori.

Namun pada jaman sekarang sebuah smartphone android sudah disajikan dengan spesifikasi memori Internal yang banyak sehingga mampu menampung banyak file, pasalnya hp dengan harga murah sudah di gandengi dengan kapasitas memori internal mulai dari 16GB hingga 32GB, jika masih merasa kurang kamu juga dapat menambahkan sebuah Memori external yang bisa mencankup hingga 128GB. Saya rasa untuk menyimpan sebuah file besar pun muat seperti video dengan resolusi 4K.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Android LAG/ Macet dan Lemot Terbaru

Meskipun begitu sebesar besar kapasitas sebuah media penyimpanan pasti akan mengalami storage full atau penyimpanan penuh. Akibat dari penyimapanan penuh yang bisa dikatakan perubahan signifikan pada Android yakni penurunan peforma sebuah smartphone seperti mengalami macet macet atau yang biasa disebut LAG dan juga sering mengalami freeze atau hang, untuk itu membiarkan media penyimpanan penuh tidak baik bagi kinerja sebuah smartphone.

Penyebab penyimpanan penuh

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan sebuah memori penuh dengan cepat, ternyata tak hanya file pribadi yang menyebabkan memori penuh, melainkan banyak sekali aplikasi yang membuat cache sehingga dengan cepat mengonsumsi kapasitas memori yang sangat banyak, namun jika dirangkum penyebabnya sebagai berikut;

  • Menyimpan file dengan ukuran besar

    Kebiasaan saya dan teman teman yakni menaruh sebuah file dengan ukuran besar pada smartphone, karena sering kali mengunduh anime batch dimana ukuran file tersebut bisa mencapai satu sampai empat GB yakni bisa mengonsumsi banyak sekali memori penyimpanan sehingga cepat penuh.
  • Banyaknya aplikasi yang terpasang

    Jangan remehkan sebuah ukuran file yang dikonsumsi ketika memasang sebuah aplikasi, karena beberapa aplikasi seperti Instagram bisa membuat file cache yang besarnya bisa mencapai ukuran bergiga giga, cache ini memang dimanfaatkan untuk mempercepat sebuah akses sebuah aplikasi, namun juga dapat memakan memori yang sangat banyak.
  • File cache dan sampah (tmp) yang menumpuk

    Seperti yang saya bilang tadi bahwa sebuah beberapa aplikasi interaktif jaman sekarang mayoritas membuat file cache yang bertujuan untuk mempercepat akses aplikasi, dengankan file tmp adalah file yang mengandung catatan aktifitas yang kita lakukan ketika menggunakan sebuah aplikasi misalnya mengunjungi profile siapa saja, melihat foto, dan lain lain. Namun file ukuran file tmp ini bisa dibilang sangat kecil, namun terdapat banyak sekali file tmp yang dimana jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu banyaknya.
  • Terjangkit virus Adware

    Pernahkah kalian mengira bahwa sebuah sistem android tidak bisa terkena sebuah virus? jika iya kalian salah besar, "tidak ada system yang sempurna" juga berlaku untuk android, karena sering sekali sebuah smartphone yang ditemukan terkena masalah penyimpanan penuh padahal tidak menyimapan atau mengunduh bahkan mengupdate sebuah aplikasi namun kok bisa penuh? virus Adware atau virus iklan ini sebenarnya bukan virus yang berbahaya, Adware hanya menampilkan sebuah iklan ketika kamu menggunakan android, namun tetap saja yang namanya virus itu menyebalkan dimana ketika menampilkan sebuah iklan dengan gambar, maka dengan otomatis gambar tersebut atau video tersimpan dalam ruang memori yang tersedia.
  • OS Android yang terlalu besar

    Entah kenapa sering kali sebuah versi android mengalami pembaruan, yakni file operasi cenderung sangat besar yang mengakibatkan memori penyimpana cepat habis. Menurut penelitian yang belum pernah dilakukan sebagian memori Internal ternyata termakan untuk menyimpan sebuah file system android.

Kasus ini sering terjadi pada sebuah memori internal karena mengingat sistem android membuat sdcard0 atau penyimpanan internal menjadi memori internal.

Solusi mengatasi memori internal hampir penuh

Ada banyak sekali atasi penyimpanan penuh yakni dengan bantuan sebuah komputer maupun menggunakan smartphone itu sendiri, disini saya akan membahas beberapa cara yang sangat ampuh untuk masalah ini beberapa diantaranya adalah;

  1. Menghapus file yang sekiranya tidak penting

    Meskipun banyak sekali file penting didalam android, namun saya yakin bahwa beberapa diantaranya sudah tidak digunakan atau jarang digunakan. Menghapus file yang tidak penting adalah cara yang paling ampuh untuk atasi memori penuh, terlebih lagi berkas tersebut memiliki ukuran yang sangat besar, atau jika file yang jarang dipakai itu penting kamu bisa mengikuti langkah pada nomor empat.
  2. Uninstall aplikasi yang jarang dipakai

    Faktor yang menyebabkan storage kamu penuh yakni banyaknya aplikasi yang terpasang dalam hp kamu, ingat bahwa aplikasi interaktif jaman sekarang banyak yang sudah menggunakan sebuah file cache dimana bisa mengonsumsi lebih banyak memori penyimpanan.
  3. Hapus file sampah (cache dan tmp)

    File cache dan file tmp sampah perlu dihapus atau dibersihkan secara rutin seminggu sekali, kamu bisa menggunakan aplikasi pembantu seperti CCleaner maupun menggunakan aplikasi bawaan android, bisa dilihat tutorialnya dibawah artikel.
  4. Pindahkan file ke SD Card01 atau ke Cloud Storage

    Jika sebuah file yang jarang digunakan namun masih penting, kamu bisa memindahkanya dari penyimpanan Internal ke External dimana akan memberikan sedikit ruang penyimpanan, atau kamu bisa memanfaatkan penyimapan online yang sering disebut sebagai Cloud Storage.
  5. Membeli penyimpanan tambahan

    Langkah lainya yakni membeli sebuah memori tambahan yakni SD Card yang harganya pada saat ini relatif murah, cukup mengeluarkan budget sebesar 50ribu kamu sudah bisa mendapatkan SD Card dengan kapasitas empat sampai delapan GB bahkan bisa lebih dari itu (tergantung merk dan kecepatan). Biasanya semakin mahal semakin bagus, namun jangan sampai kena tipu ketika membeli, jika malas untuk mencari kamu bisa memanfaatkan sebuah online shop terpercaya seperti Lazada, namun sebelum membeli kamu perlu memperhatikan Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli di Lazada agar tidak kena tipu atau barang palsu.
  6. Format memori

    Menghapus semua file adalah langkah yang paling ekstrim untuk dijalankan, lantas semua file berkas seperti musik, video dan aplikasi lainya akan terhapus, namun cukup ampuh untuk membersihkan sebuah file agar ruangan memori yang tersedia semakin banyak.
  7. Downgrade sistem operasi android

    Jika tidak ingin mengalami memori penuh, jangan pernah untuk memperbaharui versi android, karena pada saat ini ukuran file sistem android semakin besar, mengingat terdapat banyak sekali fitur yang ditambahkan dari masa ke masa, begitu juga dengan penaikan kualitas layanan.

Memindahkan aplikasi dari memori Internal ke External

Ampuh untuk memindahkan sebuah aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke memori external, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu ketika ingin menggunaakan cara ini yakni;
  • Smartphone memiliki memori External
  • Sudah ROOT
  • Memiliki aplikasi SuperUser (SU)
Jika sudah memenuhi syarat diatas berikut adalah tutorialnya;
  1. Unduh dan pasang aplikasi Lucky Patcher terbaru [Download]
  2. Pastikan kamu memberikan ijin pada SuperUser untuk memberi akses ROOT atau penuh pada aplikasi Lucky Pacher.
  3. Pilih aplikasi yang ingin dipindah ke dalam memori External
  4. Kemudian pilih Move to /sdcard dan tunggu proses pemindahan selesai.

Bersihkan file cache dan tmp dengan mudah

Sebuah file cache dan berkas sementara tmp wajib dibersihkan secara teratur, karena mampu atasi penyimpanan android yang sangat penuh, banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkan file cache dan file temporary yakni seperti CCleaner namun android sendiri juga menyediakan sebuah tools yang mampu membersihkan secara ampuh juga dengan cara berikut;
  1. Buka File Manager/Explorer atau aplikasi penjelajah berkas lainya.
  2. Buka menu atau settingan dan cari fitur Clean files atau bersihkan file
  3. Tunggu proses scanning selesai, ketika selesai kemudian tekan perintah Start Clean 
Atau jika ingin menggunakan aplikasi pembersih CCleaner kamu bisa mengunduh versi terbarunya dengan [Download]

Cloud Storage yang aman untuk menyimpan file

Saat ini banyak sekali situs penyedia penyimpanan online gratis yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, berikut adalah cloud storage yang aman dan ditawarkan secara gratis;
  • Google Drive

    Tidak usah ditanyakan tentang kepercayaan dan kualitas, lantaran di Google Drive sudah banyak orang yang menyimpan didalamnya, sering kali dan bisa digunakan untuk menyimpan berbagaimacam file seperti Berkas dokumen, musik, sebuah video atau file dengan ekstensi lainya (PDF, RAR, ZIP, ISO, dll). [Daftar Sekarang]
  • Drobox

    Media penyimpanan yang sering digunakan dalam sistem operasi, pasalnya disediakan sebuah fitur penyimpanan cloud hanya dengan melakukan drag and drop. Saat ini disediakan juga untuk menyimpan secara web yang artinya siapa saja bisa menyimpan file kedalam Dropbox tidak hanya pengguna komputer saja. [Daftar Sekarang]
  • YouTube

    Sebuah tempat untuk melihat sebuah video ternyata dapat digunakan untuk meyimpan video, bagi kamu yang kebanyakan berkas video mungkin bisa menyimpanya dalam YouTube, terlebih lagi video tersebut memiliki banyak kenangan, karena penyimpanan di YouTube juga tidak terbatas. [Daftar Sekarang]
Masih banyak penyedia penyimpanan online lainya yang mungkin lebih baik dari yang diatas, namun beberapa cloud storage yang disebutkan diatas dapat dipercaya bahkan kebanyakan orang sering menyimpan berkas pribadi maupun yang bersifat share ke dalam media penyimpanan diatas.

Format memori biar file bersih

Menghapus keseluruhan file membuat ruang memori yang tersedia semakin banyak, namun cara ini membutuhkan bantuan sebuah komputer untuk menformat keseluruhan sebuah memori agar bersih dari file maupun kuman, yakni;

Menggunakan komputer
  1. Masukan memori hp kedalam komputer dengan bantuan kabel data.
  2. Ketika sudah terbaca pilih pada memori Internal.
  3. Kemudian pada memori Internal (Klik kanan > Format).
  4. Jangan lupa untuk memberi centang pada Quick Format.
  5. Kemudian klik Format.

Melakukan cara ini mampu untuk melakukan Optimasi supaya kinerja smartphone android kamu lebih Optimal, tidak merasakan lag atau macet macet. Mungkin itu saja beberapa tips dan cara yang ampuh untuk mengatasi penyimpanan android yang hampir penuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel