Cara Mengatasi Android Mendadak Restart dan Mati Sendiri

Cara Mengatasi Android Mendadak Restart dan Mati Sendiri
Pernah mengalami android yang tiba tiba restart sendiri? Terkadang meskipun baterai masih penuh terkadang smartphone mati sendiri. Tenang, ada beberapa cara ampuh untuk mengatasinya. Sebelum menuju ke pokok pembahasan mari kita analisa terlebih dahulu apa sih penyebab dari hp yang mendadak restart sendiri dan langsung mati.

Sekarang smartphone sudah didesain khusus untuk aktifitas berat seperti bermain game atau kebutuhan multimedia seperti editing, dan baiknya sebuah produsen android sudah memberikan fitur fitur yakni auto-turn off dan auto-reboot fitur yang sangat berguna untuk mengatasi beberapa masalah yang timbul dalam android.

Biasanya Auto-turn off akan aktif dengan sendirinya ketika smartphone mengalami panas yang berlebihan atau overheat, dan ketika baterai menyentuh angka dibawah lima persen maka dengan otomatis akan mati dengan sendirinya, begitu juga dengan Auto-reboot yang digunakan disaat android tidak mampu untuk meproses aplikasi berjalan (biasanya RAM habis)

Meskipun begitu faktor usia sebuah smartphone sangat mempengaruhi sebuah peforma android, dimana sangat tidak diuntungkan sebuah hp yang sudah jadul dipaksakan untuk menggunakan aplikasi jaman sekarang seperti Instagram, BBM, Whatsapp.

Penyebab dari hp tiba-tiba mati total atau restart sendiri

Sering kali menemukan sebuah kasus didalam sebuah grup facebook dimana hp tiba tiba mati total padahal kondisi baterai terisi penuh hp tergolong masih baru. Beberapa penyebab terbesar yakni;

  1. Memasang aplikasi dari sumber tidak dikenal

    Menginstall sebuah aplikasi mungkin sangat beresiko, terlebih lagi cara untuk mendapatkan aplikasi tersebut dari sumber yang tidak dikenal, ditakutkan dalam aplikasi tersebut sudah terjangkit sebuah virus yang dapat menginfeksi data bahkan sampai terhapus. Jika data yang dihapus merupakan sebuah file penting dalam sistem operasi menyebabkan terjadi kesalahan dalam android sehingga menyebabkan peforma yang tidak stabil, menyebabkan hp restart dengan sendirinya.
  2. Terlalu banyak menjalankan aplikasi

    Kehabisan RAM juga menjadi faktor android menjadi lag, terlebih lagi sekarang terdapat fitur auto-restart dimana ketika memori ram penuh, android akan memuat ulang kembali tanpa persetujuan pengguna.
  3. Kerusakan pada sistem operasi (OS Android)

    Seperti yang saya bilang tadi bahwa menginstall sebuah aplikasi dari sumber yang tidak dikenal menyebabkan kerusakan yang terjadi pada sistem operasi. Jika salah satu data penting pada android terhapus maka akan menyebabkan hp tidak stabil seperti tidak bisa mengakses salah satu fitur, dan akan menyebabkan random restart sampai matot.
  4. Kerusakan pada hardware

    Semua yang ada didunia ini tidak ada yang abadi, berlaku juga untuk smartphone semua komponen yang terdapat didalamnya memiliki batasan usia layak pakai, dimana jika usia layak pakai tersebut habis akan menyebabkan menurunya peforma yang diberikan. Kebanyakan orang mengganti hp selama empat tahun sekali.
  5. Melakukan ROOT tidak sempurna

    Melakukan ROOT pada android memanglah sangat berguna untuk mengoprek suatu aplikasi, seperti menggunakanya untuk berinternetan gratis, dan juga untuk mengakses aplikasi khusus seperti untuk membobol sebuah WiFi istilah kerenya yakni cracking. Meskipun banyak keuntungan dalam melakukan root namun ketika melakukan rooting tidak berhasil atau tidak sempurna maka akan berdampak buruk bagi peforma android, karena sama halnya seperti kekurangan file patch pada saat melakukan root.
  6. Smartphone terlalu panas

    Bermain game menjadi hobi para pengguna smartphone, terutama yang menggunakan android dimana sebuah game dapat diunduh dan dimainkan dengan mudahnya, namun perlu diketahui bahwa bermain game adalah penyebab terjadinya komponen hp menjadi panas bahkan bisa untuk menyeterika baju. Smartphone jaman sekarang didesain khusus untuk mengatasi hp yang overheat (terlalu panas) dengan menambahkan fitur auto-turn off dan auto-reboot dengan otomatis.
Baca juga: Cara Mengatasi HP Android LAG/ Macet dan Lemot Terbaru

Memang faktor usia sebuah komponen hp juga sangat berpengaruh bagi kualitas dan peforma android sudah wajar jika mengalami lag bahkan sampai reboot dengan sendirinya.

Cara terbaru untuk mengatasi android tiba tiba restart dan mati total

Mengatasi masalah ini cukup mudah, hanya saja kamu perlu menganalisis terlebih dahulu tentang masalah atau penyebab yang menyebabkan restart dan error dengan sendirinya.

  1. Mengunduh aplikasi dari sumber yang jelas

    Memasang sebuah aplikasi dari sumber yang jelas sangatlah penting untuk keamanan dan kelangsungan sebuah android, usahakan mengunduh sebuah aplikasi atau game dari sumber yang tepercaya seperti Google Play Store, atau bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni Apkpure dan masih banyak lagi. Ditakutkan jika mendownload melalui situs tidak dipercaya sudah dimodifikasi pada aplikasi tersebut dan terdapat exploit virus yang dapat menginfeksi android kamu.
  2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

    Tidak lupa saya tekankan bahwa selalu menghapus aplikasi yang sekiranya tidak dipakai atau jarang dipakai, karena didalam sebuah smartphone terdapat sebuah komponen penting yang bernama RAM (Random Access Memory) yang bertugas sebagai ruang tampung atas aplikasi yang dijalankan. Menghapus aplikasi juga dapat memberikan ruang penyimapan yang dapat dimanfaatkan sebagai cache aplikasi.
  3. Perbaharui sistem operasi android

    Melakukan pembaruan sistem operasi bisa dibilang sangatlah penting untuk meningkatkan stabilitas android, karena dengan melakukan update biasanya sebuah bug akan diperbaiki secara otomatis, dan dapat mengembalikan sebuah data file yang terhapus akibat melakukan ROOT atau memasang aplikasi yang mencurigakan dari sumber yang tidak dikenal.
  4. Melakukan UN-ROOT

    Sekiranya jika android tidak membutuhkan akses ROOT segera mungkin untuk melakukan UN-ROOT, selain menghilangkan garansi dari pabrik melakukan Handbreak juga membiarkan virus dengan mudah untuk menginfeksi data sistem operasi kamu. Biasanya aplikasi seperti SuperUser (sebuah aplikasi yang didapatkan ketika berhasil melakukan rooting) bisa digunakan untuk melakukan Unroot dengan cara;
    • Pertama masuk kedalam aplikasi SuperSU, jika tidak memiliki aplikasinya kamu bisa mengunduhya [Download]
    • Kemudian pilih pada bagian Setting
    • Cari tulisan atau perintah Full unroot
    • Restart / Matikan smartphone android
  5. Mendiamkan smartphone sejenak

    Membiarkan smartphone untuk beristirahat sejenak juga tak kalah penting, pasalnya android juga seperti manusia yakni membutuhkan Istirahat, langkah ini bertujuan untuk mendinginkan sebuah komponen yang sedang panas (biasanya jika terlalu lama bermain game akan menyebabkan panas). Usahakan pada saat memberikan istirahat pada smartphone yakni mematikan atau mencopot baterai hp supaya lebih cepat dingin.
  6. Berikan ruang penyimpanan untuk cache

    Cache sangat diperlukan untuk kecepatan akses sebuah aplikasi, dengan adanya cache sebuah data akan terbaca dengan cepat. Namun cache sendiri membutuhkan memori yang sangat banyak untuk itu betapa pentingnya untuk memberikaan ruang penyimapan yang kosong untuk cache supaya peforma android menjadi lebih cepat. Baca juga: Terbaru! Cara Mengatasi Penyimpanan Android Hampir Penuh
  7. Kembali ke pengaturan pabrik

    Jika cara diatas benar benar tidak bekerja, langkah terakhir yang bisa diambil yakni mengembalikan pengaturan awal pabrik dimana sering disebut sebagai Factory Reset, melakukan reset pada android akan menghapus seluruh aplikasi dan data yang terdapat dalam memori Internal bahkan seperti kontak nomor hp juga akan ikut terhapus. Sangat mudah untuk melakukan Fatory Reset yakni dengan cara;
    • Masuk ke Pengaturan atau Setelan android
    • Pilih Backup & Reset
    • Langkah terakhir yakni memilih Fatory data reset 
    • Matikan hp atau muat ulang
    Dengan begitu hp akan tampak seperti baru persis seperti pada saat awal melakukan pembelian smartphone.

Memang sangat membuat jengkel ketika sedang asik bermain sebuah game atau melakukan aktifitas diinternet namun secara tiba tiba android mendadak mati. Namun dengan membaca artikel ini mungkin sudah menambah wawasan dan memperbaiki dengan mudah dan cepat.

Sebenarnya kerjadian restart secara tiba tiba dengan sendirinya adalah hal yang wajar, terlebih lagi smartphone terbaru pada jaman sekarang yang memiliki fitur auto-reboot. Namun jika mati dengan sendiri sampai mati total mungkin itu harus diperbaiki dengan cepat sebelum terlambat.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan