Seluruh Jalan Cerita Game Summertime Saga Indonesia

Seluruh Jalan Cerita Game Summertime Saga - Walkthrough

Summertime Saga Indonesia adalah game simulasi kencan atau kehidupan dimana kamu akan diberikan pilihan berupa dialog dimana pilihan tersebut akan berpengaruh besar pada jalan cerita atau alur. Jika kamu sering bermain Galge maka tidak asing lagi dengan sistem Your Choice Dialog dimana pilihanmu lah yang akan menentukan jalan ceritamu sendiri.

Game yang sangat terkenal dikalangan remaja yakni Summertime Saga, banyak orang yang menikmati game ini karena menyediakan simulasi kencan dan terdapat banyak sekali adegan dewasa seperti seks, kiss, dan segala hal yang mengandung delapan belas keatas.

Baca juga: Summertime Saga - Game Simulasi Kencan Yang Bisa Ena Ena

Berbicara mengenai jalan cerita dan konten, game ini memang didesain sedemikian rupa untuk hal yang mengandung unsur 18+ (konten dewasa) karena dalam game Summertime Saga terdapat banyak sekali adegan seks yang bisa dilakukan oleh setiap karakter yang ada (hampir semua karakter bisa diajak sex).



Pembukaan

1. Sinopsis
Summertime Saga menceritakan tentang seorang pemuda (mahasiswa) yang baru saja kehilangan ayahnya, dengan kata lain meninggal pada umur 40 tahun (pada 3 maret). Ayahnya meninggal karena sebuah kecelakaan yang dimana belum diketahui secara pasti, masih misterius apa penyebab ayahnya meninggal.

Waktu dipemakaman banyak sekali polisi yang turut berduka cita atas kepergian ayahnya, bahkan rumah pemuda tesebut sampai jaga oleh polisi slama satu minggu penuh, membuatnya curiga apa yang sebenarnya terjadi, kenapa ayahnya bisa mati, namun dengan bertanya pun polisi hanya terdiam.

Tidak ada keadilan yang ditegakan disini, karena polisi hanya diam dan langsung menutup kasus ini tanpa mencari tahu kebenaranya, pasti orang orang buruk yang memiliki kekuasaan tinggi yang membunuh ayahnya.

Hidup tanpa orang tua atau keluarga sangatlah sulit. Namun suatu keberuntungan terdapat teman Ayahnya yang mengijinkan untuk tinggal dalam rumahnya, wanita ini bernama Debby seorang yang seumuran dengan Ayahnya, serta ia punya adik perempuan yang bernama Jenny.

Debby adalah wanita yang sangat baik karena ingin membuat pemuda ini untuk meneruskan kuliah, bahkan ia juga menanggung seluruh beban utang yang dimiliki oleh Ayahnya ketika masih hidup. Namun pemuda ini tidak menerimanya begitu saja, karena ia juga akan bekerja untuk kuliahnya sendiri dan melunasi uang Ayahnya yang masih tersisa.

Waktu sebulan terlah berlalu, dan akhirnya suasanya menjadi lebih tenang. Sudah terbiasa hidup dalam tekanan pemuda ini memutuskan untuk melanjutkan dan berangkat untuk kuliah. Ada hal yang harus dikerjakan oleh pemuda ini yakni:

  • Mencari uang untuk membiayai kuliah dan membayar sisa hutang yang dimilik oleh Ayahnya.
  • Mencari kebenaran tentang kematian Ayahnya.
  • Tentunya ena ena sama orang tetunya.

Untuk kelanjutan cerita atau sinopsis ada ditangan Player karena mengingat game Your Choice Dialog dimana pilihanmu lah yang akan menjadi jalan cerita selanjutnya.


2. Save File / Data Summertime Saga

Jika kamu ingin membuka semua karakter dengan cepat, sangat direkomendasikan untuk menggunakan Save data atau Save file game Summertime Saga, kamu bisa menggunakan save game milik saya dengan cara mengunduh terlebih dahulu.

Ingat! jangan pernah menggunakan save game versi lama untuk game yang versi baru, save game yang saya bagikan akan sepenuhnya bekerja pada versi v0.17.5

Summertime Saga Save Game / Data v0.17.5 [All Character Unlocked] - [Download] *Password: nafaskuda.com


Untuk menggunakan file ini kamu harus memasukan terlebih dahulu kedalam sebuah direktori tempat penyimpanan game berada, berikut adalah beberapa lokasinya:

  • Windows - <Summertime Saga Game Folder>\game\saves atau  &AppData%\RenPy\SummertimeSaga
  • Android - Android/data/summer.time.saga/files/saves
  • Mac - /Users/<username>/Library/Renpy/SummertimeSaga
  • Linux - <Summertime Saga Game Folder>/game/saves atau $HOME/.renpy/SummertimeSaga
  • Other - %USERPROFILE%\.renpy\SummertimeSaga

Penamaan File Save Game
Menurut format penamaan file save game yang diberikan developer Summertime Saga adalah pageNumber-pageSlotNumber-LT1.save misalnya file yang saya share adalah 1-2-LT1.save yang berarti save game dapat diload dalam game pada halaman pertama slot kedua, kamu bebas meletakan dimana slot atau page berada asalkan sesuai nama format yang sudah berikan. Untuk penamaan file 1-2-LT1 (1).save tidak valid dan tidak akan terbaca oleh sistem.


3. Pengenalan

Sebelum memulai permainan, saya akan memberikan panduan atau sedikit informasi mengenai sistem yang digunakan dalam game ini, mulai dari aspek apa saja yang perlu diperhatikan untuk menaklukan atau mengajak ena ena. 

Berbicara dengan orang lain (Berbicara dan dengarkan apa yang dibicarakan)
Sebagian besar tentang game ini adalah berinteraksi dengan orang lain, dan akan ada sebuah informasi yang akan kamu dapatkan ketika berbicara dengan karakter lain, dimana informasi tersebut sangat berguna untuk jalan cerita kedepanya. Perhatikan setiap dialog yang terdapat dalam game karena sedikit saja melakukan kesalahan maka akan berdampak besar untuk jalan cerita game Summertime Saga.

Jelajahi Semua Tempat dan Carilah Barang
Dalam game ini terdapat sebuah MAP yang dimana ketika kamu menekan suatu tempat yang ada pada map tersebut kamu akan langsung menuju ke lokasi, disini kamu perlu memperhatikan pada lokasi tersebut karena biasanya setiap tempat memiliki barang atau stuff seperti Roti, Cacing, Kunci, dan benda lainya yang akan mempengaruhi jalan cerita. Biasanya setiap item yang bisa diambil terdapat Highlight seperti cahaya atau shadow. Untuk mengambil barang tersebut kamu tinggal menekanya atau mengeklik.

Baca juga: 5+ Game Galge Mirip Dengan Summertime Saga

Kumpulkan dan Simpan Uang
Disini uang sangatlah penting seperti dikehidupan nyata, dimana uang ini nantinya bisa digunakan untuk membeeli berbagai macam variasi item yang ada ditoko atau mall, jika kamu menggunakan mode cheat (sudah kaya) maka kamu tidak perlu bekerja untuk mencari uang, namun jika kamu menggunakan normal mode kamu harus bekerja terlebih dahulu untuk mendapatkan uang.

Untuk mendapatkan uang kamu bisa bekerja di Diane's garden mini game dan akan dibayar sebanyak 90$ per mini game, disini kamu akan disuruh untuk bercocok tanam, panen, memeras susu, mengatarkan susu dan masih banyak lagi, ngomong ngomong nantinya Diane ini juga bisa diajak kencan dan juga ena ena.

Selain itu kamu juga bisa bekerja mengatarkan pizza dengan bekerja di toko Tony's Pizza, dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang.

Tingkatkan Level Statistik
Terdapat sebuah statistik atau parameter pada karakter utama, dimana nantinya parameter ini akan sangat berguna untuk membuat orang jatuh cinta, terdapat banyak sekali parameter yang disediakan seperti Ketahanan tubuh, kepintaran, dan lain lain. Untuk meningkatkanya cukup mudah seperti jika ingin leveling up Ketahanan tubuh kamu cukup pergi ke GYM untuk berolahraga.

Waktu / Time
Dalam game ini juga menggunakan sistem waktu sama seperti kehidupan nyata, dimana terdapat hari senin hingga minggu, dan setiap hari terdapat waktu Pagi (morning), Sore (afternoon), Malam (evening) dan Larut malam (late night). Kamu dapat melihat waktu / time ini pada bar diatas game dan kamu juga bisa mengganti sesuka hati.

Namun juga perlu diperhatikan bahwa waktun disini sangat berpengaruh untuk storyline pada setiap karakter, seperti halnya jika ingin berkunjung dirumah Miya hanya tersedia pada jam malam (berlaku jika sudah menyelesaikan storyline Miya) dan jika ingin bersekolah hanya tersedia pada Pagi (morning) dan Sore (evening) saja.

Waktu di Hari Biasa (Senin-Jum'at)
Seperti yang saya bilang tadi bahwa setiap waktu sangat berpengaruh pada jalan cerita terutama pada Siang dan malam, berikut adalah beberapa hal yang sangat jelas perbedaanya:

  • Layar siang (daytime) dan Layar malam (nighttime).
  • Beberapa lokasi/toko hanya buka pada pagi dan sore, akan tetapi ada beberapa lokasi masih bisa dikunjungi pada waktu malam hari, namun pada Larut malam kebanyakan toko dan lokasi tidak bisa dikunjungi karena sudah ditutup.
  • Game ini tidak mengijinkan aktifitas pada Larut malam, jadi mau tidak mau pada larut malam yang bisa dilakukan adalah tidur atau ena ena.
  • Karakter Ronda berada pada halaman sekolah pada hari kerja (weekday) pagi dan berada dikolam pada Sore hari.
  • Mia dan Erik berada pada kelas Ilmu Pengetahuan (science) pada pagi hari.
  • Debbie dan Jenny hanya pagi pada pagi hari.
  • Harold (Ayah Miya) tidak dikantor polisi pada hari Sabtu dan Minggu pagi.
  • Clyde berada digubuk pada Pagi hari, bekerja menggunakan traktor pada Sore hari, dan berada didekan trailer pada malam hari.

Sebisa mungkin untuk mengunjungi semua karakter yang ingin ditaklukan pada waktu yang sudah saya sebutkan diatas, dan perlu diingat mungkin lokasi karakter yang sudah saya sebutkan diatas akan berubah seiring dengan Storyline / jalan cerita.

Waktu Weekend (Sabtu-Minggu)
Hari yang sangat dinanti oleh segala kalangan yakni hari minggu, dalam game ini juga terdapat banyak hal yang spesial diantaranya adalah:

  • Sekolah libur, biasanya siswa melakukan keperluan yang lain, namun ada satu orang yang kegiatanya no life seperti karakter Erik, tidak perluli hari apapun dia selalu berada didalam rumah, dan segala Event yang dilakukan dalam sekolah hanya bisa dilakukan mulai hari Senin, jadi untuk menyelesaikan storyline yang berhubungan dengan sekolah kamu harus bersabar dulu.
  • Gereja akan dibuka atau bisa dikunjungi pada waktu pagi hari.
  • Biasanya Mayor Trump sedang berpidato pada mall.
  • Terdapat sedikit perbedaan dialog atau percakapan ketika melakukan interaksi dengan orang lain.
  • Momen langka atau kejadian rahasia biasanya terjadi (meski jarang).

Stats Tracker
Stats tracker ini berfungsi untuk memperlihatkan status atau parameter kita seperti:
  • Dexterity (Ketangkasan) - Melakukan pelatihan bersama Master Somrak's di GYM untuk meningkatkan parameter ini.
  • Strength (Kekuatan) - Berlatih bersama Kevin pada GYM. Untuk melakukan ini pertama kamu harus melakukan interaksi dengan Kevin pada kantin sekolah dilantai 2, kemudian berbicara dengan Erik untuk melakukan pertukaran (trade).
  • Intelligence (Kecerdasan) - Mainkan mini game yang sudah disedikan dikomputer pribadi yang terletak pada tempat tidur.
  • Charisma (Kharisma) - Menangkan Rap battle yang dilakukan pada taman (wajib malam hari).

Statistik atau parameter ini dapat dilihat melalui Phone Menu atau Handphone yang terletak dilayar bagian atas.

Goal Tracker
Goal Tracker berfungsi untuk mengingatkan atau memberitahu suatu hal yang harus kamu lakukan, biasanya disini terdapat banyak sekali petunjuk yang ada. Untuk membuka Goal Tracker kamu cukup mengakses melalui Phone Menu.


Walkthrough / Jalan Cerita

Sangat direkomendasikan untuk menyelesaikan route milik Jenny's Storyline telebih dahulu karena game Summertime Saga masih terdapat bug yang dimana jika bug ini akan memblock karakter lainya (seperti tidak bisa diajak kencan dan ena ena). Setelah menaklukan Jenny kamu bebas untuk memilih karakter siapa yang ingin ditaklukan.

Perlu dingat juga karena game ini masih terus dikembangkan tidak menutup kemungkinan Storyline atau Walkthough berubah, sejauh ini masih bisa digunakan dalam versi game Summertime Saga v0.17.5 jadi mohon dimaklumi jika terdapat beberapa poin yang berbeda.

Baca juga: Game Android Mirip Dengan God of War Terbaik

Pastikan kamu membaca Pendahuluan terlebih dahulu supaya tahu perintah yang diberikan, karena dalam Pendahuluan terdapat banyak sekali informasi penting yang harus dipahami.

*Update* Kini sudah tersedia versi video juga yang memudahkan kamu untuk menaklukan atau ena ena dengan karakter lain (terimakasih Mr.Boo)

Jenny's Storyline
Hal yang dibutuhkan:
  • Harus memperbaiki komputer (membeli vga seharga $200 dari toko yang bernama Consum-R yang berada dimall).
  • Strength (Kekuatan) harus diatas 7
  • Dexterity (Ketangkasan) harus diatas 7
Jalan Cerita
Jenny's Storyline Summertime Saga [versi video]
  • Selesaikan tutorial pertama atau intro yang dilakukan dalam game (seperti berkeliling rumah, sekolah, dan lain lain).
  • Pergi ke GYM - Berinteraksi dengan Muay Thai - Masuk kedalam kamar Jenny - Buka pada meja kecil berwarna putih di bagian kanan layar - Kemudian melakukan pertukaran (trade) dengan harga 100$ untuk mendapatkan celana dalam - datang ke GYM - berinteraksi dengan Muay Thai - Berikan Celana dalamnya - Latihan (Biasanya satu celana dalam bisa digunakan untuk 2-3 sesi pelatihan, jika sesi pelatihan habis nanti Muay Thai akan meminta celana dalam lagi agar mau melatih karakter utama).
  • Tunggu beberapa hari sampai terdapat sebuah dialog pesan yang menyatakan bahwa mungkin Muay Thai mau melatihnya lagi. Kemudian datang ke GYM dan setelah dia meminta celana dalam baru.
  • Berinteraksi dengan Jenny - Pilih dialog "Diane needs you" - Kemudian buka buku Diary yang dijatuhkan dalam kamarnya - Ubah waktu menjadi mode malam - Masuk kedalam kamar Jenny (malam hari) - Nyalakan komputer - Untuk membuka silahkan masukan password "Bad monster" - Pilih program webcam - kemudian connect.
  • Masuk ke kamar Jenny - lakukan pertukaran celana dalam (Trade for panties) - Beli Electro Clit seharga $100 di pink shop yang terletak pada lantai 2 di mall - Masuk kedalam kamar Jenny - Trade for Panties - Setelah mendapatkan celana dalam pergi ke GYM - Latihan dengan Muay Thai.
  • Perbaiki PC dengan membeli vga seharga $200 dari toko yang bernama Consum-R yang berada dimall - Buka komputer - Masukan password "cookies" - Buka aplikasi Webcam - Ubah waktu menjadi malam kemudian masuk kedalam kamar Jenny - Ikut tidur dalam kasurnya - Pegang Tet*knya (Jika ingin melakukan hubungan lebih lanjut / seks pastikan kamu lakukan pelatihan sampai level maksimal di GYM.
  • Bangun tidur - Gunakan telescope untuk melihat Erik sedang ena ena dengan ibunya sendiri - Nanti Jenny akan berjalan menemuimu.
  • Pergi ke Kamar mandi - Intiplah dia - Tidur.
  • Pergi ke kamar mandi - Intip - Pergi ke dapur - kemudian ruang makan - duduk dikursi dan lakukan interaksi dengan Jenny.
  • Pergi ke kamarnya - Make a Deal - Berikan dia uang sebanyak $500 lalu kamu dapat menghisap TTnya - Stop.
  • Pergi ke kamarnya pada malam hari - Tidur dikasur - Cuddle - pilih Squeeze boobs.
  • Kamar mandi - Masuk kedalam (ikut mandi) - Pilih dialog "Need help".
  • Ubah waktu menjadi malam hari - Pergi ke ruang tamu - Nyalakan televisi - Kepp Watching - Masuk ke kamar Jenny - Buka komputer dan pergi ke aplikasi Email - Buka email dari Pink Channel - Lihat ID dan passwordnya.
  • Pergi ke televisi pada malam hari - ganti saluran menjadi Pink Channel - Masukan ID dan password yang sudah kamu buka pada emailnya ( ID: l6bv12r & Password: 12345 ) - Setelah sekenario ini biasanya Kamu bisa berlatih di GYM lagi.
  • Pergi ke GYM - Lakukan trading celana dalam - Beli Ultra Vibrator seharga $200 di pink shop - kasih ke Jenny dan tingkatkan Agility di GYM.
  • Pergi ke televisi pada malam hari - Tunggu sampai Debbie keluar - Tidur - Bangun - Buka komputer - buka aplikasi webcam - Pada malam hari gunakan telescope untuk melihat tetangga yang sedang ena ena).
  • Masuk ke kamarnya - Raba dia - Pegang TTnya - Masukan otongmu kedalam anunya - Tidur - Pergi ke kamar mandi - Masuk kedalam - pilih dialog "Need help" - Beg - Beg.
  • Tinggalkan rumah - Ubah waktu menjadi malam - Masuk ke ruang tamu - Dan pergoki Jenny sedang melihat porn channel pada TV - Setelah ini biasanya Muay Thai bersedia melatih kamu lagi di GYM)
  • Masuk ke kamarnya (pastikan sudah melakukan negosiasi dengan Muay Thai) - Beli Dual Symbian seharga $500 di Pink Shop - Tidur - Bangun - Buka PC - Webcam - Gunakan telescope untuk melihat tetangga.
  • Masuk ke kamarnya pada malam hari - Cuddle - Squeeze Boobs - Rub Pussy - Put inside otongmu.
  • Masuk ke kamar mandi dan seperti biasa masukan otongmu kedalam lubangnya - Setelah itu cari kunci yang terletak pada pintu dapur - Ambil kursi yang berada di garasi - Beli Handcuffs (borgol) seharga 50$ di pink shop - Kemudian ambil seragam Cheerleader pada loteng (teletak apda atap) - kasih ke Jenny.
  • Tidur - Masuk ke Kamarnya - Show - Break Free - Cum Inside.
  • Done (route ini sudah bertambah, untuk lebih jelasnya silahkan lihat video).

Dikarenakan saya capek (bukan malas ya) mengetik, untuk karakter atau route selanjutnya saya berikan versi videonya saja. Mengingat versi video lebih mudah dipahmi daripada panduan tulisan karena terdapat sebuah item dan lokasi yang membutuhkan visual dan tidak dapat digambarkan hanya melalui tulisan saja.

Diane sangat menyukai karakter utama dan diperlihatkan pada saat dia mencium pada saat bekerja diladangnya. Namun dia sangat fokus terhadap bisnisnya, dan dia sangat tertarik segala apapun yang dapat meningkatkan bisnisnya.


Debbie sangat perduli dengan karakter utama (terbukti karena mau mengurusnya bahkan membiarkan tinggal ditempatnya). Dia selalu tersenyum dalam keadaan apapun, memiliki adik perempuan yang bernama Jenny yang pada akhirnya kamu bisa ena ena semua.


Ms Bissete adalah seorang guru bahasa Perancis, dia mengajar disekolah yang sama dengan karakter utama. Biasanya ia selalu memberi, dan menanyakan tentang tugas, ketika seseorang menyelesaikan tugas dengan cepat dia akan memberikan sebuah hadiah. Hadiah apakah itu?


Ms. Melody Dewitt adalah guru musik, dia berasal dari Africa - Amerika memiliki kulit Cokelat dan selalu menggunakan baju berwarna pink.


Guru yang sangat antusian terhadap gambar, dia adalah guru dengan mapel seni atau menggambar. Guru ini mengurusi segala bidang yang terkait mengenai seni, artistik.


Ms Okita adalah guru yang sangat menyukai hal teknologi, dia memiliki rasa penasaran yang tinggi. Sebenarnya guru ini lesbian namun semua berubah ketika karakter utama membuatnya jatuh cinta.


Miya adalah teman atau bisa dibilang tetangga karakter utama yang sangat  menyukai pelajaran fisika (sama seperti Ms Okita) dan memiliki ibu yang bernama Helen dimana memiliki permasalahan dan perbedaan pendapat dengan suaminya.


Perempuan yang menjadi logo (untuk versi saat ini) yang dimana kita bisa menyebutnya sebagai Bitch atau pelacur, karena dia sangat sekali menyukai hal yang berbau seks bahkan ketika jadian dengan tokoh utama dia selalu mengajak seks dimana saja termasuk sekolah, dan Crystal adalah ibunya Roxxy yang bisa kamu ajak ena ena juga.

June adalah seorang cewek yang sangat suka sekali bermain game atau bisa dikatakan cewe gamer, sebenarnya karakter ini adalah calon pacarnya Erik namun entah gimana malah di ena ena sama karakter utama, memang laknat sekali tokoh dalam game ini, mengembat siapapun cewe yang didepanya bahkan semua ibu temanya bisa di ueue. Sedangkan Mrs. Johnson adalah ibu dari Erik.

Aqua's Storyline
Aqua adalah monster laut, dia sangat mirip dengan orang tapi warna tubuhnya seperti ikan, karakter utama bertemu dengan Aqua ketika sedang memancing dilaut, saking nafsunya monster laut diajak ikeh ikeh.


Sama seperti Aqua, Daisy adalah hewan yang menyerupai manusia atau biasa disebut sebagai monster. Monster atau lebih tepatnya Sapi berwujud manusia ini terletak diladang milik Diane, mungkin dulu ada orang yang nekat melakukan perkawinan Orang x Sapi sehingga anaknya menyerupai manusia namun tetap sapi.

Cassie, Ivy, Judith
Karakter ini sebenarnya hanyalah karakter sampingan atau bisa dikatakan Instan ena ena, tanpa harus membuatnya jatuh cinta langsung bisa diajak untuk seks.


Perlu diketahui bahwa game ini sampai sekarang masih dikembangkan, mungkin kedepanya akan ada karakter baru atau route baru. Kemungkinan sinopsis dan alur cerita Summertime Saga akan berubah karena mengingat versi ini masih terus dikembangkan.

Baiklah mungkin hanya itu saja pembahasan tentang cara bermain game Summertime Saga, jika kamu memiliki pertanyaan terkait game ini atau kebingungan bisa langsung menghubungi dengan cara berkomentar atau melalui DM Instagram.

Baca juga