page hit counter

Cara Menyimpan Kontak Nomor Telepon di Google Contact Android

Cara Menyimpan Kontak Nomor Telepon di Google Contact Android

Sebuah Nomor Telepon atau Kontak sangatlah penting untuk disimpan secara aman, kini sudah disediakan fitur penyimpanan online yang bernama Google Contact. Disini kamu bisa menyimpan semua kontak telepon yang ada pada smartphone android secara Online.

Jadi tidak usah takut ketika HP terformat atau ganti kartu karena begitu terkoneksi dengan Internet maka kontak akan terisi seperti semula, namun diperlukan backup atau export ke dalam Google Contact terlebih dahulu agar nomor bisa disimpan secara online.

Tentu dengan bantuan ini menyimpan kontak jauh lebih mudah, terlebih lagi bagi kamu yang sering melakukan reset hp (maka dengan otomatis kontak akan hilang) dan yang sering mengganti hp secara terus menerus.

Penyimpanan dalam SimCard tentunya tidak bisa diandalkan secara terus menerus karena memiliki batasan nomor, sehingga ketika batasan telah tercapai maka tidak bisa digunakan lagi, dengan meggunakan Google Contact kamu bisa menyimpan nomor kontak telepon secara online tanpa memikirkan batasan kontak.

Hal yang dibutuhkan untuk melakukan backup atau export adalah smartphone android, karena pada tutorial ini saya hanya memberikan langkah langkah untuk pengguna smartphone android saja, hal yang dibutuhkan lainya yakni sebuah akun Google yang sudah terverifikasi (nomor telepon) dan lain lain, sekaligus koneksi Internet.


Cara Export Contact ke Google (Online)

Sebelum memuju ke tutorial pastikan kamu telah memenuhi syarat (alat dan bahan) seperti yang sudah saya sebutkan diatas, jika sudah memenuhi mari kita lanjut ke tutorialnya:

Fitur telepon dan kontak

Pertama pada smartphone buka fitur Telepon Panggilan atau Kontak, kemudian pergi ke pengaturan (untuk hp seri Lenovo bisa menekan seperti gambar diatas).

Setelan nomor kontak & panggilan

Kemudian pilih pada Pengaturan atua Settings seperti gambar diatas yang sudah saya beri tanda merah.

Import dari SimCard

Disini kamu disuruh untuk memilih tempat penyimpanan nomor kontak telepon saat ini, dikarenakan saya menyimpan nomor kontak pada Sim / Kartu Tri (3) maka saya memilih pada kartu Tri.

Proses export ke Google Contact

Kemudian nanti kamu disuruh untuk memilih tempat penyimpanan (Google Contact) silahkan pilih akun mana yang ingin dijadikan sebagai tempat penyimpanan nomor online. Kemudian klik OK

Mengunggah beberpa nomor kontak

Tunggu beberapa detik, jika sudah mendapatkan notifikasi seperti gambar diatas berarti proses penyimpanan online telah selesai, sekarang kamu tinggal melakukan pengecekan apakah nomor kontak kamu sudah berhasil tersimpan di Google Contact.
Tampilan Google Contacts
Silahkan pergi ke situs Google Contact karena disitu adalah tempat nomor telepon disimpan, pastikan jumlah nomor telepon sama seperti jumlah yang berhasil di export. Jika merasa sudah lengkap maka proses backup telah berhasil.

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

Selain mengecek nomor yang telah tersimpan secara online, kamu juga bisa melakukan penghapusan atau penambahan nomor kontak secara online juga loh, cukup mengakses situs Google Contact.


Cara Import Contact ke Google

Ketika proses penyimapan kontak online sudah selesai, selanjutnya adalah langkah untuk mengembalikan kontak online ke smartphone android, sebenarnya bisa menggunakan langkah diatas namun dibalik yang dimana pada awal dari akun Google ke Phone Contact atau ke SimCard, namun bisa juga menggunakan cara berikut:


Akun Google pada setelan 

Silahkan menuju ke Pengaturan - Setelan Akun / Account dan pilih akun mana tadi yang kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan kontak online, dikarenakan saya tadi menggunakan email wegadut@gmail.com maka tekan email itu.

Melakukan singkronisasi pada Contacts

Silahkan aktifkan atau beri tanda centang pada Contact, maka dengan otomatis kontak telepon kamu akan tersingkron secara otomatis (ketika terhubung dengan internet) selama satu jam sekali. Kamu juga bisa menggunakan hal ini untuk hp yang baru saja kamu beli, karena dengan mengaktifkan fitur ini, seluruh kontak telepon akan ada pada smartphone android yang kamu beli.


Kelebihan menggunakan Google Contact

Ketika kita menggunakan suatu produk atau layanan, sangat penting untuk melihat kelebihan karena hal ini akan menentukan penggunaan dalam jangka panjang, apakah masih keuntungan yang didapatkan banyak atau tidak, berikut adalah keuntungan ketika menggunakan media penyimpanan online contact. 


1. Meminimalisir Resiko Hilang

Layanan ini mampu meminimalisir resiko kehilangan kontak ketika hp tereset atau kembali ke pengaturan pabrik, karena seluruh data disimpan secara online (cloud storage) karena seluruh kotak yang telah disimpan dalam Google Contact tidak dapat dihapus melalui fitur Kontak Nomor pada smartphone, dan hanya bisa dihapus melalui situs resmi contacts.google.com.

Jadi sangat cocok digunakan oleh kamu yang ingin memindahkan nomor lama ke smartphone android baru tanpa harus menginput secara manual.


2. Bisa digunakan kapan saja

Mengingat penggunaan Internet sudah sering sekali diterapkan pada masyarakat Indonesia, membuat akses cloud storage bisa digunakan kapanpun kamu mau. Selain proses backup yang sangat mudah dilakuka juga proses importing atau pengembalian data juga sangat mudah dilakukan.


Kamu cukup memasukan akun kedalam smartphone dan melakukan singkronisasi, maka nomor yang telah disimpan pada hp sebelumnya akan berpindah secara otomatis pada hp baru. Disini hal yang sangat dibutuhkan hanyalah koneksi Internet. Kuota sedikit? Tenang, karena proses penyimpanan dan pengembalian tidak mengonsumsi kuota yang begitu banyak.


3. Kapasitas Besar

Pada saat menyimpan nomor telepon seseorang dalam smartphone, pasti memiliki batasan atau hal ini biasa disebut sebagai kapasitas memori, terlebih lagi jika kamu menyimpaan nomor tersebut kedalam simcard yang memiliki kapasitas maksimal 100 kontak, tentu bagi kamu yang memiliki banyak kenalan akan kesusahan menyimpan nomor lainya ketika sudah melebihi batas maksimal.

Namun dengan layanan yang diberikan oleh Google ini kamu bisa menyimpan sebanyak kamu mau, bisa dikatakan penyimpanan tanpa batas (meskipun ini memakan kapasitas Google Drive sebagai backup) namun dengan kapasitas penyimpanan 15 GB memungkinkan kamu menyimpan 1 Miliar+ nomor telepon milik orang lain. 

Jadi jangan bersedih ketika memori hp terbatas untuk menyimpan nomor orang, kamu bisa menggunakan layanan yang diberikan oleh Google sebagai salah satu alternatif tempat penyimpanan online.

Kekurangan menggunakan Google Contact

Tentu semua yang ada pada dunia ini memiliki kelebihan dan kekurangan, bahkan sebuah layanan yang dibuat oleh teknologi raksaksa ini, adapun kekuranganyaa menggunakan media penyimpanan online adalah: 


1. Resiko data bocor

Karena ini penyimpanan online yang dimana dapat diakses ketika terhubung dalam Internet membuat resiko data atau kontak bocor, namun jika orang tersebut memiliki akses ke dalam akun kamu. Kasus ini saya alami sendiri, ketika saya memasukan akun teman saya ke smartphone android saya, tibaa tiba ada ratusan nomor kontak telepon yang masuk, ternyata secara tidak sengaja tersingkron datanya.

Sehingga kontak yang disimpan dalam media penyimpanan online masuk kedalam hp saya, ya meskipun tidak terdapat nomor orang penting namun bisa dikatakan ini merupakan privasi seseorang yang harus dijaga, dengan kata lain jika akunmu terdapat dalam hp orang lain, maka orang lain tersebut akan menerima beberapa nomor telepon yang berasal dari akun google.


2. Harus terknoneksi internet

Dikarenakan ini adalah penyimpanan online, maka sangat diperlukan koneksi Internet agar kontak selalu teringkronisasi, skenario buruknya kontak akan hilang seiring tidak adanya Internet. Saya dulu pernah mengalami (entah ini bug atau bukan) ketika saya mematikan koneksi Internet, dengan otomatis seluruh kontak yang ada pada hp saya mendadak hilang.

Namun ketika saya menghidupkan koneksi Internet dengan otomatis juga kontak tersebut kembali ke hp saya, jadi disini bisa disimpulkan untuk menampilkan sebuah nomor dibutuhkan koneksi Internet (ini gak tau loh ya bug hp saya atau bukan).


3. Resiko data hilang

Meskipun ini penyimpanan online namun tidak menutup kemungkinan bahwa data yang tersimpan akan hilang, namun kenapa? Data hilang bukan karena masalah penyimpanan namun terkait Akun yang bermasalah. Ketika akun Google anda terhapus atau terbanned maka membuat seluruh data yang terkait dengan akun Google akan hilang termasuk akun Youtube, Google Adsense, dan sebagainya.


Jadi untuk menggunakan Google Contact usahakan akun Google kamu tidak bermasalah (tidak untuk mencoba dalam hal yang aneh aneh) agar data tetap aman dan bisa digunakan dengan baik.

Mungkin hanya itu saja pembahasan artikel terkait cara menyimpan kontak telepon di google contacts dengan mudah, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel