Cara Melatih AIM Supaya Lebih Akurat Saat Menembak

cara melatih aim

Meningkatkan skill atau kemampuan membidik (AIM) sangatlah penting untuk mengalahkan lawan pada game FPS (First Person Shooter) atau lebih dikenal sebagai perang saling menembak. Barang siapa yang memiliki AIM yang bagus pasti presentase untuk menang sangatlah tinggi.

Ada banyak cara untuk melatih AIM supaya lebih ganas dan tepat namun dibutuhkan usaha dan kerja keras, karena selain latihan juga tangan diwajibkan untuk bergerak dengan cepat. Saya sendiri juga masih belajar untuk memperbaiki skill AIM yang saya miliki.

Penting! Untuk lebih jelasnya mungkin bisa melihat video yang sudah saya cantumkan pada akhir postingan, terkait tentang pembahasan dan latihan meningkatkan aim pada game fps.

Jalan Pintas
1. AimBooster - [Unduh Sekarang]
2. AimLab - [Unduh Sekarang]
3. Settingan Sensitivitas PUBG Mobile Emulator by d1rectYT
4. Panduan Melatih Aim Dikemas dalam bentuk video [Tonton Sekarang]

Pada pembahasan kali ini saya tidak akan menjamin setelah kamu mempraktekan atau mengikuti tutorial dibawah ini, kemampuan AIM yang kamu miliki langsung meningkat, karena semua itu dibutuhkan sebuah proses dimana Latihan => Main => Repeat jika dilakukan secara sungguh sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan.


Melatih kelenturan tangan

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah meningkatkan kelenturan tangan saat memegang mouse, karena saat membidik kita menggunakan mouse untuk melakukan pergerakan, jika tangan kamu kaku maka akan sulit sekali untuk membidik lawan dengan tepat dan juga cepat, karena selain beradu ketepatan game FPS biasanya juga mengadu kecepatan membidik.

Ada aplikasi atau mini game yang dapat membantu tangan kamu agar terbiasa menggunakan mouse, aplikasi ini bernama AimBooster yang dapat kamu unduh secara gratis dengan ukuran yang sangat kecil. Untuk mencoba atau mengunduh kamu bisa [Klik Disini].

Meskipun hanyalah sembuah mini game yang berukuran kecil namun AimBooster ini memiliki mode yang lumauyan banyak, salah satu mode yang saya sukai adalah Auto Balance dimana target akan muncul menyesuaikan tingkat kemampuan kita, semakin kita cepat dalam membidik maka target yang muncul akan semakin banyak begitu juga sebaliknya semakin lambat kita membidik maka target yang muncul akan semakin dikit setiap detiknya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Kenapa Auto Balance menjadi mode yang paling banyak diminati? Mungkin karena dapat melakukan penyesuaian terlebih dahulu, seperti halnya mulai dari level dasar kemudian naik secara perlahan.


Mengatur atau Mencari Sensitivitas

Mengatur sensifitas sangatlah penting, selain dapat mengurangi recoil ketika menembak juga mampu meningkatkan ketepatan sasaran pada saat melakukan AIM-ing. Untuk mengatur atau mencari sensitivitas saya sendiri menggunakan cara manual atau mencari dengan sendirinya, karena pada dasarnya konfigurasi sensitivitas ini disesuaikan dengan kenyamanan pengguna.

Sebagai contoh saya melakukan kalibrasi atau mencari sensitivitas yang menurut saya nyaman dipakai pada game PUBG Mobile dengan emulator, untuk proses pencarian bisa dilihat pada video dibawah.

Saya sendiri juga pernah memposting Settingan Sensitivitas PUBG Mobile Emulator yang dapat mengurangi Recoil bahkan bisa dikatakan No-Recoil ketika kita menembak, asalkan kamu mengetahui teknik untuk melakukan Spray yakni menurunkan sedikit demi sedikit mouse kebawah. (bisa dilihat pada video dibawah).


Menggunakan Aplikasi Pelatihan AIM

Setelah menemukan sensitivitas yang pas atau cocok, saatnyaa untuk meningkatkan lagi dengan bantuan aplikasi atau mini-game yang menyediakan pelatihan membidik game FPS terlengkap. Mini game ini dapat diunduh secara gratis juga namun syaratnya kamu harus memiliki akun steam terlebih dahulu. (untuk saat ini hanya bisa dimainkan disteam).

AimLab adalah sebuah aplikasi/mini-game yang dikhususkan untuk melatih AIM atau pelatihan membidik khususnya game FPS, disana disediakan berbagai macam mode game seperti pelatihan Tracking, Flip Shot (melatih reflek), pendeteksi suara step (jejak kaki) dan masih banyak lagi.

Menurut saya kamu akan sangat terbantu ketika menggunakan aplikasi ini untuk latihan, selain dapat diunduh secara gratis, mini game ini juga dapat dimainkan tanpa menggunakan internet alias offline. Untuk mengunduh kamu bisa mengetik "AimLab" pada steam atau menggunakan link [Klik Disini]


Bermain Sambil Berlatih

Langkah terakhir yakni bermain sambil berlatih, karena untuk beradaptasi dalam game mau tidak mau kamu harus memainkan secara terus menerus (telaten dan konsisten). Seiring berjalanya waktu tubuh kamu (terutama tangan) akan mulai terbiasa membidik lawan, selain itu reflek juga akan terlatih karena terpacu oleh adrenalin permainan.

Tanpa menggunakan aplikasi atau mini game pembantu pasti juga bisa meningkatkan AIM dengan cara bermain, namun alangkah baiknya untuk meningkatkan atau memperdalam kita bisa menggunakan aplikasi seperti AimBooster dan AimLab.

Usahakan ketika bermain jangan langsung terjun ke level tinggi, dimulai dari dasar terlebih dahulu. Banyak Youtuber (termasuk saya) melatih sambil bermain mulai dari level dasar, semisal saya bermain PUBG Mobile dengan cara memilih mode Solo vs Solo kemudian jika sudah merasakan kemudahan (minimal dalam 10 permainan bisa chicken / winner sebanyak 5+) bisa menuju ke tingkat yang lebih tinggi seperti Solo vs Duo dan diakhiri dengan Solo vs Squad.


Melihat Permainan Pro Player

Entah bagaimana ceritanya, ketika saya melihat proplayer dan langsung bermain pasti memberikan peningkatan skill aim, meskipun hanya sedikit, selain dapat melihat gaya permainanya, kamu juga bisa mendapatkan informasi berharga seperti Tips mengurangi Recoil dan lain lain. Saya sendiri suka menonton video Pro Player yang bernama SuperNary dan Shroud karena mereka sering sekali bermain Game FPS.

Sekarang sudah banyak YouTuber yang memainkan game tertentu secara terus menerus, semisal

  • SuperNayr bermain PUBG
  • Ninja bermain Fornite
  • Shroud bermain APEX Legend
  • EJ Gaming bermain PUBG Mobile

Dan masih banyak lagi YouTuber yang memainkan salah satu game secara konsisten, tidak hanya game FPS, game MMORPG seperti Ragnarok pun juga terdapat youtuber yang memainkan secara konsisten.


Tips Bermain Game FPS (untuk pelatihan)

Mungkin ini sudah diluar pembahasan namun saya akan membagikan beberapa tips ampuh untuk meningkatkan kemampuan menembak, meskipun sudah banyak yang mengetahuinya namun tidak ada salahnya saya sampaikan kembali hanya untuk sekedar meningatkan, diantaranya adalah:


1. Menggunakan Akun Baru

Jika game yang kamu mainkan memiliki sistem Tier/Rank dan KDA sehingga kamu takut membuatnya jelek atau turun, kamu bisa membuat akun baru atau metode ini sering disebut sebagai akun Smurf yang artinya baru. Saya dulu juga takut Tier saya turun dan memiliki KDA yang sangat jelek, jadi saya membuat akun baru untuk latihan, karena akun baru maka saya tidak perduli meskipun tier dan KDA saya hancur.

Namun justru akun yang baru saya buat mampu menghasilkan KDA bagus dan Tier yang tinggi, bahkan menyaingi akun yang aslinya. Jadi intinya jika tidak ingin tier turun atau KDA hancur, buatlah akun baru untuk latihan.

Baca juga: Game Android FPS Yang Mirip Dengan Counter-Strike: Global Offensive

Namun perlu diingat bahwa jangan selamanya bermain di Zona nyaman dalam artian ketika kamu membuat akun baru maka statistik mulai dari nol atau awal, dari data tersebut maka akan memberikan sistem macthmaking yang setara dalam artian musuh yang kamu lawan akan seperti itu itu saja, bahkan bisa dibilang lebih mudah.

Maka jangan takut untuk bermain di high tier atau tier tinggi supaya kemampuan kamu mampu beradaptasi melawan musuh yang lebih tangguh dan kuat, jika tidak kemampuan kamu hanya sebatas itu saja.


2. Menggunakan Headset Kualitas Bagus

Tidak ada kaitanya dengan AIM namun berkaitan tentang bagaimana cara mendeteksi musuh, pada game yang saya mainkan yakni PUBG, CS:GO membutuhkan pendengaran Step atau suara kaki, dengan bantuan suara ini kamu mampu mendeteksi lawan dimana ia berada dan darimana dia akan muncul, banyak para pro player terutama PUBG Player menggunakan suara kaki untuk mendeteksi lawan.

Maka dari itu menggunakan headset dengan kualitas bagus akan menunjang dan memberikan nilai lebih ketika bermain game yang menggunakan suara kaki, tidak perlu membeli headset yang mahal cukup cari headset yang mendukung audio Right dan Left atau Kiri dan Kanan, untungnya jaman sekarang hampir semua headset memiliki fitur Right dan Left jadi kamu tinggal mencari saja headset yang nyaman kamu gunakan.

Saya sendiri menggunakan headset yang bisa dikatakan sangatlah murah yakni seharga 100ribuan, karenakan saya malas keluar saya memutuskan untuk membeli seara online di Lazada, namun sebelum membeli ada beberapa Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk di Lazada

Hal lainya mungkin yang perlu diperhatikan adalah mempertajam pengelihatan, karena disini pengelihatan sangat berperan penting untuk melihat lokasi musuh berada.

Untuk mempertajam pengelihatan ini kamu bisa mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti sayur sayuran dan minuman wortel disertai istirahat yang cukup, karena kurang tidur menyebabkan kurangnya konsentrasi dan daya penghelihatan menurun.

Untuk lebih jelasnya seperti kamu bisa melihat panduan melatih AIM yang sudah saya kemas dalam bentuk video dibawah ini.


Mungkin hanya itu saja terkait bagaimana cara meningkatkan skill aim ketika bermain game FPS, masih banyak cara lagi sebenarnya namun hal yang saya ketahui hanya poin poin yang sudah disampaikan diatas, kurang lebihnya saya mohon maaf, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel