Apakah Sub for Sub (Sub4Sub) Diperbolehkan Oleh Pihak YouTube?

Apakah Sub for Sub (Sub4Sub) Diperbolehkan Oleh Pihak YouTube?

Tindakan Sub for Sub (Sub4Sub Pro YouTube) yang dimana untuk saling bertukar Subs, akhir akhir ini menjadi kontroversi antara YouTuber kecil maupun besar. Memang pelakukan Exchange Subcriber mampu meningkatkan jumlah pelanggan dengan cepat.

YouTube adalah platform untuk berbagi video yang sangat populer saat ini, bahkan banyak orang yang memulai karirnya dalam YouTube, orang yang membuat video disebut sebagai YouTuber atau Content Creator.

Dengan peraturan baru atau syarat untuk menghasilkan (monetize) tentu sangat membuat kesulitan bagi YouTuber pemula, karena untuk menampilkan iklan atau mengajukan permohonan, kita harus memenuhi syarat terlebih dahulu, yakni 1,000 Subcriber dan 4,000 jam tayang.

Tentu untuk mencapai 1,000 Subcriber tidaklah mudah, maka munculah Sub for Sub untuk mempercepat target 1,000 subcriber tersebut, dari sini munculah sebuah pertanyaan, apakah tindakan pertukaran subcriber ini diperbolehkan?


Bagaimana Cara Kerja Sub for Sub ini?

Sebelum menuju ke pembahasan inti, alangkah baiknya saya jelaskan terlebih dahulu bagaimana cara kerja tentang program Sub4Sub Pro ini.

Agar mudah diingat, aktifitas ini bisa disebut sebagai pertukaran, yang dimana jika kamu berlangganan pada channel yang saya kelola, maka saya juga akan berlangganan kepada channel yang telah berlangganan kepada saya. Jadi sama sama saling menguntunkan.

Lantas bagaimana cara melakukan hal ini? Di Google sendiri terdapat banyak sekali aplikasi yang mendukung aktifitas yang dilarang ini, salah satu aplikasi yang ada pada Google Play Store adalah Sub4Sub Pro For Youtube, yang dimana aplikasi ini digunakan untuk mempromosikan channel kamu secara gratis.
Cara Memperbanyak Follower Instagram Dengan Aplikasi
Dan juga ada yang tidak menggunakan sebuah aplikasi, melainkan menggunakan sebuah grup yang bernama sub4sub whatsapp group link, kamu bisa mencarinya dalam Google juga karena disediakan oleh beberapa pengguna maupun diberbagai forum.


Tindakan Sub4Sub Tidak Diperbolehkan Pihak YouTube

Pihak YouTube sendiri tidak memperbolehkan aktifitas saling tukar subcriber baik melalui aplikasi, aplikasi chatting (whatsapp) maupun sosial media seperti Facebook.

Telah diketahui bahwa banyak sekali aplikasi yang mendukung tindakan sub4sub ini, namun dari pihak Youtube atau Google mengeluarkan kebijakan yakni melarang aktifitas sub4sub. Bisa dilhat pada tautan (https://support.google.com/youtube/answer/6051134?hl=id)

Kebijakan dan Pedoman Komunitas YouTube

Dijelaskan pada halaman tersebut (resmi dari pihak YouTube) yang menyatakan bahwa "Sub4Sub Pro for YouTube tidak diperbolehkan" dan ketika ada orang yang melakukan atau melanggar hal ini maka akan berisiko kehilangan jumlah subcriber.

Pihak YouTube juga melarang untuk melakukan pembelian terhadap jumlah subcriber, seperti yang bisa diketahui bahwa banyak sekali orang yang menyediakan jasa untuk menambah jumlah subcriber, yang dimana itu dilarang oleh pihak youtube.


Resiko Tindakan Sub for Sub Pro pada akun YouTube

Perlu diketahui bahwa banyak sekali dampak negatif sub4sub pada sebuah channel youtube, seperti yang dijelaskan pada halaman diatas tadi bahwa dilarang oleh pihak youtube, dan channel yang melanggar kebijakan tersebut kemungkinan akan terkena pinalti atau konsekuensi berupa:

Akun akan ditutup (dibanned), dikutip dari halaman kebijakan dan pedoman komunitas youtube bahwa, sebuah akun yang terdeteksi sebagai tindakan Subcriber Spam atau  Sub4Sub maka channel atau akun akan ditutup tanpa sebuah peringatan terlebih dahulu.

Karena tergambar jelas pada kebijakan dan pedoman komunitas yang melarang tindakan tersebut, untuk lebih lengkap terkait Kebijakan dan Pedoman Komunitas mungkin kalian bisa membaca pada halaman Google secara resmi (https://support.google.com/youtube/answer/2802168?hl=id)

Mungkin masih ada banyak cara untuk memanipulasi jumlah subcriber dalam akun youtube, tapi lebih baik jangan dilakukan, meskipun berhasil untuk dicoba (mencapai jumlah subcriber 1,000) namun belum tentu untuk lolos dalam masa peninjauan pengajuan monetize channel, dan skenario terburuk Status Monetize akan disable yang artinya perjuangan akan menjadi sia sia.
  • Akun akan ditutup (banned)
  • Jumlah Subcriber akan menurun (jika terdeteksi spam)
  • Sulit untuk pengajuan monetize
  • Terancam tidak bisa menghasilkan uang (monetize)
  • Jumlah pelanggan dan penonton tidak sebanding
  • Kurangnya Interaksi antara audien dengan creator
YouTube sendiri memiliki sebuah robot atau sebuah Algorithm (Algoritma) yang memampu mendeteksi tindakan Subcriber Spam atau palsu, yang dimana akan langsung terdeteksi dan juga akan dieksekusi pada saat itu juga. Terkadang staff juga melakukan pengecekan secara manual sehingga sepintar pintarnya dalam memanipulasi jumlah subs maka lama kelamaan akan ketahuan


Dampak Negatif Melakukan Petukaran Subcriber

YouTube menyarankan untuk para Creator agar membangun sebuah lingkungan yang nyaman, dimaksudkan adalah tidak perlu adanya sebuah subcriber spam pada channel, dan juga memberikan saran untuk menemukan subcriber (penonton sejati) kenapa pihak YouTube menyarankan demikian?

Dikarenakan jika jumlah subcriber yang diperoleh dari aktifitas Sub4Sub, maka tidak akan bertahan lama, dan hal yang paling buruk adalah banyakanya jumlah subriber namun penonton yang melihat video atau yang biasa disebut sebagai Views sangatlah sedikit, bukankah hal ini tidak wajar?

Saya sendiri juga melakukan riset dan penelitian sub4sub grup whatsapp atau pada sosial media lainya. Mereka mengeluh karena beberapa teman pertukaran melakukan hal yang curang, yakni melakukan Unsubcribe, tentu dengan melakukan hal ini akan merugikan sebuah channel.

Terlebih lagi jika pihak yang melakukan Unsubcribe banyak, pasti juga dari 1,000 akan menjadi 100 Subcriber. Makanya dari pada melakukan aktifitas yang dilarang lebih baik berfokus pada sebuah konten kita, dan menemukan penonton sejati.

Pengalaman pribadi saya juga pernah, bukan pernah sih, Ingin melakukan tindakan sub4sub pada grup whatsapp link, tapi mengingat hal ini hanya membuang waktu dan resiko terlalu besar, maka saya berhenti melakukanya.


Solusi Untuk Meningkatkan Jumlah Subcribe tanpa Sub4Sub

Menurut saya tindakan Sub4Sub ini kurang tepat untuk dicoba karena hanya akan membuang waktu saja, namun ada beberapa cara yntuk meningkatkan jumlah subcriber secara cepat, hal ini sudah saya uji sendiri, jadi saya memberikan tutorial sekaligus memberikan bukti.

Dashboard Channel TeloCaspo

Bisa dilihat pada channel saya yang mendapatkan 2,000 subcriber dengan waktu kurang dari 3 minggu. Lalu bagaimana cara meningkatkan jumlah subcribe dengan cepat.

Sebenarnya hal yang saya lakukan adalah memberikan sebuah konten tentang apa yang orang inginkan, misalnya kan saya sekarang mengelola channel yang memiliki niche Anime, nah kebetulan anime yang sangat populer sekarang adalah Go-Toubun no Hanayome, maka saya akan membuat konten yang terkait atau membahas tentang anime itu.

Bagi kamu yang ingin membangun sebuah channel anime juga sudah saya sediakan tentang tata cara produksi konten pembahasan anime, bisa baca pada artikel dibawah ini:
Namun apabila kamu tidak memiliki minat dalam membuat konten anime, maka buatlah sebuah video yang benar benar dalam passion kamu saja, tentu harus menggunakan beberapa cara agar meningkatkan jumlah view, yakni melakukan Optimasi SEO pada video maupun channel YouTube agar terlihat SEO Frienldy dimata mesin pencari, untuk tutorialnya bisa membaca artikel dibawah
Panduan Cara Optimasi SEO Video di Channel Youtube Lengkap
Menambah jumlah subcribe dengan cara memberikan konten yang diminati adalah langkah terbaik untuk membangun komunitas, karena penonton sejati akan selalu melihat setiap konten yang kamu unggah, berbeda dengan melakukan pertukaran subcriber yang dimana mereka berlangganan, namun belum tentu akan melihat setiap konten yang kamu buat.
Tambahan Terkait Permasalahan View4View
Dikarenakan kita harus memenuhi syarat yakni jam tayang 4,000 jam maka View4View pun muncul, mungkin sejauh ini aktifitas ini bisa dianggap valid atau tidak berbahaya, karena pihak youtube sendiri belum mengeluarkan statment atau kebijakan terkait view4view.

Biasanya mereka saling menonton video satu dengan yang lainya dengan aturan 2 menit, namun menurut saya dari segi Optimasi SEO YouTube hal ini seharusnya tidak dilakukan, karena hanya akan merusak statistik video saja.

Bayangkan bahwa YouTube sekarang tidak menilai berdasarkan jumlah view, melainkan Watch Time, ketika video durasinya panjang dan memiliki Watch Time yang tinggi, maka tidak diragukan lagi video tersebut akan nangkring pada halaman utama pencarian.

Sedikit saran aja bagi yang ingin melakukan View4View usahakan video kamu sesuai dengan kesepakatan yang ada, misalnya kesepakatan saling menonton selama 2 menit ya bikin video dengan durasi 2 menit.

Mungkin pada kesempatan selanjutnya saya akan membahas tentang dunia YouTube baik teknik dalam Optimasi video atau mengenai hal yang terkait agar bisa membangun komunitas yang relevan, dari saya itu saja, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel