Cara Membangun Channel YouTube Pembahasan Anime dan Film (Pemula)

Sangat susah untuk membuat sebuah channel YouTube yang dilindungi oleh hak cipta (susah cara untuk mengindari copyright), namun tak sedikit orang yang mencoba melewati tantangan ini dikarenakan memiliki pontensi yang sangat besar.

Cara Membangun Channel YouTube Pembahasan Anime dan Film (Pemula)

Pada tahun 2016, YouTuber dengan konten game bisa dikatakan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dan juga mulai dari tahun 2018 para Artis dan perusahaan besar seperti televisi pindah ke dalam dunia per YouTube, ini bukti bahwa platform berbagi video atau yang sering disebut YouTube adalah tempat yang memiliki potensial untuk menghasilkan uang.

Berdasarkan penelitian yang saya lakukan, untuk sebuah channel yang membahas tentang anime atau tentang Wibu bisa dikatakan masih sedikit, karena channel yang saya lihat cuman itu itu saja, kalaupun ada, kebanyakan channel tentang AMV atau (Anime Movie Video).

Untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau uang jajan dan kebetulan suka anime, mungkin ini adalah peluang kamu untuk membuat sebuah channel youtube yang membahas terkait anime atau dunia perwibuan.

Buat gambaran (agar mudah dipahami) kalian bisa melihat channel pembahasan anime yang saya kelola, yang bernama "telocaspoHD" atau bisa kunjungi link berikut ini https://www.youtube.com/telocaspo. Jika sudah mendapatkan gambaran mengenai channel youtube yang yang akan dibangun mari kita bahas step bagaimana cara membuat kontenya.

Pertama saya asumsikan kalian sudah bisa membuat channel YouTube ya? Jika belum bisa mungkin bisa mencari tutorial yang ada pada Internet (banyak kok asalkan mau usaha). Oh iya, sebelum terlambat, saya akan memberi tahu bahwa, pembahasan ini akan panjang sekali, jadi bagi kamu yang kurang memiliki minat bisa close tap saja. Jika masih niat lanjut.. mari kita bahas.


Peralatan dan Bahan Dalam Membangung Channel YouTube

Hal yang perlu kamu miliki untuk membuat channel youtube untuk pemula, yakni sebuah peralatan dan bahan. Hal dasar yang harus kamu miliki adalah:

1. Peralatan Editing

Hal pertama yang perlu dimiliki adalah alat untuk melakukan editing video, alat ini bisa berupa smartphone android atau bisa juga personal computer (komputer pribadi). Saya sendiri menggunakan komputer karena hp android saya spesifikasinya kentang atau tidak kuat untuk melakukan editing.

Jika kamu ingin memulai menjadi YouTuber dengan modal hp, saya sarankan untuk menggunakan sistem operasi android. Karena dengan menggunakan sistem operasi android, kamu akan mendapatkan banyak dukungan seperti kompatibilitas aplikasi untuk edit video.

Jadi intinya peralatan editing minimal harus mempunyai
  • Smartphone Android atau,
  • Komputer/Laptop
Untuk MIC dan segala macam untuk merekam suara memang tidak diprioritaskan, karena kamu bisa menggunakan HP sebagai gantinya microphone. Sekaligus kalau tidak percaya diri dalam melakukan perekaman suara juga bisa menggunakan bantuan Google Voice, yang dimana nanti suara akan terdengar seperti robot.. Iya seperti robot.. hehehe.

2. Software Editing

Aplikasi atau Program editing adalah hal yang paling dibutuhkan selanjutnya, tanpa bantuan software ini kalian tidak bisa membuat sebuah video terkait pembahasan anime, karena sebagian besar pembahasan anime membutuhkan, berbagai macam format multimedia (seperti gambar, video, audio, tulisan, dll), nah dengan bantuan aplikasi editing kamu dapat menggabungkan semua element multimedia itu.

Kalau saya sendiri menggunakan aplikasi editing seperti (versi PC ya):
  • Adobe Audition (untuk merekam suara)
  • Adobe Premier Pro (untuk menggabungkan elemen multimedia)
  • Adobe Photoshop (untuk membuat thumbnail atau cover)
  • HandBrake (untuk memperkecil ukuran video)
Sedangkan kamu yang menggunakan smartphone android bisa menggunakan:
  • Kinemaster PRO (untuk melakukan editing)
  • Picsay PRO (untuk mengedit sebuah gambar)
  • Lightroom MOD (untuk memperindah gambar)
  • HandBrake Andro (untuk memperkecil ukuran video)

3. Voice (Suara)

Seperti pada umumnya ketika kamu ingin membuat channel yang membahas sesuatu, tentu jika terdapat suara narator sebagai penjelas, akan membuat penonton lebih bisa menikmati video, atau mengerti tentang apa sih yang sedang dibahas. Percuma ketika membuat video namun hanya berisikan sebuah tulisan (tanpa media pendukung seperti suara), yang dimana akan membuat penonton tidak bisa menikmatinya.

Kamu bisa menggunakan suaramu sebagai narator atau yang menjelaskan tentang apa yang sedang dibahas, atau jika malu bisa menggunakan bantuan Google Voice yang berasal dari Google Translate, Namun suaranya akan seperti ini.

4. Topik Pembahasan

Menentukan sebuah topik pembahasan video, sebelum menuju ke tahapan produksi sangatlah penting, saya sendiri lebih suka membahas tentang apa yang saya mengerti, semisal saya sangat suka dengan cerita dari anime Go-Toubun no Hanayome, dari sinilah saya menentukan topik pembahasan yakni anime Go-Toubun no Hanayome.

Saran dari saya sih mendingan membahas topik yang kita mengerti saja, ditakutkan jika membahas topik yang dimana kita tidak mengerti, justru akan menimbulkan kesalahan informasi, yang dimana informasi yang disajikan tidak valid, atau bahasa kasarnya adalah HOAX.



5. Mencari Informasi & Melakukan Riset dan Penelitian

Untuk membahas suatu topik tentu sangat penting untuk mencari Informasi, supaya kita juga tahu lebih dalam tentang apa yang ingin dibahas. Saya sendiri dalam mencari Informasi biasaya membaca sebuah Manga, Light Novel atau menonton ulang Anime yang ingin dibahas. Supaya benar benar paham. Tidak hanya itu, saya juga suka berdiskusi bersama teman dekat (yang sehobi, atau sama sama wibu maksudnya) dan juga berjelajah diforum luar.

Beberapa Situs atau Forum yang biasanya saya gunakan untuk mencari informasi dan melakukan riset adalah:
  • Myanimelist - Mencari Sinopsis dan Berdiskusi
  • Fandom.com - Mencari Spoiler, Ringkasan Cerita & Ilustrasi
  • Komikcast - Situs untuk membaca manga Bahasa Indonesia
  • Novelupdate - Membaca light novel
  • Reddit - Berdiskusi dengan orang (forum) + Tanya tanya
Mungkin bisa situs lainya seperti grup Facebook digunakan untuk berdiskusi, atau Instagram.


6. Mencari Ilustrasi (Gambar atau Video)

Biasanya untuk memperkuat Informasi, maka dibutuhkan Ilustrasi atau gambaran, supaya penjelasan yang dijelaskan lebih jelas (wuaww.. padahal penjelasan itu harusnya udah jelas hehe). Saya sendiri sering mencari Ilustrasi baik berupa gambar dan video pada situs FanArt atau buatan Fans seperti:
  • DevianArt
  • Wall Alphacoder
  • Zerochan
  • Instagram
Disitus itu banyak sekali gambar yang bisa kamu gunakan untuk memperjelas narasi atau informasi yang diberikan. Tapi kamu harus melakukan beberapa trik agar terhindar dari Copyright youtube, mungkin kedepanya saya akan membagikan trik tentang bagaimana cara menghindari copyright dengan mudah, jadi pantengin forum ini terus.


7. Melakukan Riset Keyword & Optimasi

Seperti yang orang orang katakan bahwa melakukan riset Keyword atau Optimasi baik pada video maupun channel sangat diperlukan, karena ini dapat mengoptimalkan konten dalam mesin pencari atau sering disebut juga SEO (Search Engine Optimation) bisa juga optimasi video agar view naik.

Untuk terkait cara optimasi mungkin bisa membaca pada artikel yang sudah saya berikan pada bulan lalu, atau bisa mengeklik link dibawah ini:
Panduan Cara Optimasi SEO Video di Channel YouTube Lengkap
Ya mungkin tutorial yang saya berikan tidak bisa digunakan untuk titip acu optimasi SEO video pada channel youtube, kamu juga bisa menggunakan referensi dari pakar SEO baik dalam maupun luar negeri, melakukan optimasi video agar view naik.

8. Mempromosikan Channel

Selain melakukan Optimasi SEO pada video YouTube, melakukan promosi channel juga tidak kalah penting untuk meningkatkan penonton, terlebih lagi jika ada yang menyukai konten kamu, maka penonton akan mencari pelanggan atau yang biasa disebut sebagai Subcriber.

Kamu bisa menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram sebagai tempat untuk melakukan promosi channel youtube secara gratis, atau jika punya banyak uang juga bisa mengiklankan channel pada media sosial yang ada. Hal ini juga alternatif cara meningkatkan subcriber.

Saya sendiri menggunakan Facebook untuk melakukan promosi pada setiap video yang saya buat, alangkah baiknya setiap channel YouTube memiliki Fanspage, supaya komunitas Facebook mengetahui bahwa, kamu telah melakukan update pada channel yang dikelola (caranya videonya dishare ke fanspage).


Urutan Produksi Konten Pembahasan Anime

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat konten atau video adalah urutan atau langkah untuk melakukan sebuah produksi, sebenarnya istilahnya ada banyak sih seperti Pra-produksi, Produksi, Pasca produksi, namun kita anggap aja proses produksi saja, jadi urutan yang pertama adalah:
  • Menentukan Topik Pembahasan
  • Melakukan Riset, Penelitian & Mencari Informasi
  • Transkrip (apalah istilahnya) ubah ke bentuk Narasi (yang mudah dipahami)
  • Mencari Ilustrasi Visual (Gambar atau Video)
  • Melakukan perekaman suara dari Narasi yang telah dibuat
  • Melakukan penggabungan Ilustrasi Visual, Suara (Narasi)
  • Preview & Rendering (ubah dalam bentuk video)
  • Upload dalam Platform berbagi video (YouTube & Facebook) *jangan dipublik*
  • Melakukan Riset Keyword dan Optimasi
  • Posting Video dan Promosikan Channel
Urutan diataslah yang selama ini saya lakukan untuk membuat konten video akun YouTube yang saya kelola.


Tantangan Untuk YouTuber Pemula (Channel Baru)

Tentu semua itu tak lepas dari sebuah resiko dan juga tantangan, banyak sekali rintangan yang harus dilalui untuk sebuah channel yang membahas anime atau film, diantaranya adalah:

1. Menghabiskan Banyak Waktu

Tentu dalam membuat konten akan menghabiskan banyak waktu, karena dalam pembahasan saya harus riset informasi kemudian meneliti informasi (atau bahasa gampangnya memilah) terkait mana yang benar maupun mana yang salah.

Pengalaman sejauh ini saya hanya bisa membuat video seminggu sekali, karena juga terdapat kesibukan lainya pada dunia nyata, jika sudah terbiasa atau terlatih mungkin bisa saja memproduksi satu video dalam kurun waktu satu hari, karena tidak ada yang tidak mungkin, tapi ada tapinya.. mungkin kualitas akan menurun baik pemilahan informasi ataupun hasil editan.

Sejauh ini saya membuat video ketika sedang mood saja, intinya membuat video itu karena kesukaan atau hobby, bukan karena paksaan. Buat orang diluar sana yang bilang bahwa "Ngeyoutube jadiin hobi aja, jangan nyari uang", bagi saya ini pertnyataan yang kurang masuk akal (bagi saya loh ya), ya karena jaman sekarang kebanyakan orang mulai ngeyoutube untuk mencari penghasilan tambahan, atau bahasa gampangnya cari duit.


2. Permintaan dan Persediaan

Biasanya ketika kita sudah dikenal dikalangan netizen, pasti akan muncul berbagai macam permintaan untuk konten kedepanya, seperti permintaan video kedepanya itu bahas anime dengan seri ini, itu. Nah disini tantanganya adalah menerima permintaan dari penonton, yang dimana kamu tidak menguasai topik pembahasan.

Ya meskipun saya tadi bilang bahwa "saya membuat video karena kesukaan atau hobby" namun ketika melihat atau membaca permintaan dari penonton, mau tidak mau saya juga harus menguasai atau minimal memahami topik yang akan dibahas tersebut (ya karena saya menjadikan platform YouTube sebagai tempat untuk mencari penghasilan, ya mau tidak mau harus menerima permintaan).

Disini Persediaan kamu akan diuji, Persediaan dimaksudkan disini adalah kesiapan kamu dalam membahas konten tersebut, apakah mampu atau tidak. Jika kamu tanya saya, ya mau gak mau saya harus paham, biasanya saya membaca & menonton terkait topik yang akan dibahas, misalnya anime, maka saya akan menonton anime itu sampai paham, dan seperti yang saya jelaskan tadi bahwa kemudian melakukan mencari informasi, riset, dll.

3. Biaya Produksi

Bisa dikatakan bahwa biaya produksi untuk membangun channel youtube tidaklah sedikit, mengingat waktu yang dibutuhkan juga banyak sekaligus peralatan yang dibutuhkan. Namun saya asumsikan bahwa peralatan penting atau utama kalian sudah memilikinya seperti Smartphone atau Komputer. Karena hanya dua alat tersebut yang paling inti, saya tidak ingin membahas tentang biaya produksi yang dikeluarkan.

Karena ketika kamu memiliki salah satu alat (Smartphone atau Komputer) saya rasa tidak ada halangan lagi, eh ada deng.. halanganya adalah Malas dan Kurang Usaha.

4. Copyright (hak cipta)

Singkatnya Copyright adalah hak cipta, atau hak untuk menyali suatu ciptaan. Intinya kamu tidak boleh mengambil dan menggunakan karya seseorang seenaknya / tanpa ijin.

Masalah serius atau halangan terbesar dari YouTuber yang membahas tentang anime atau film adalah Copyright, banyak sekali cara menghindari copyright dalam Google namun hal yang dikatakan tidak 100% bekerja, karena terkadang pihak YouTube juga menggunakan tenaga manusia untuk melakukan pengecekan dalam sebuah video YouTube.

Sejauh ini cara agar tidak terkena copyright hanyalah menggunakan FanArt atau gambar yang berasal dari buatan para fans, bukan dari official, cara ini mempu mencegah terjadinya sebuah Copyright.
 

Hasil Setelah Melalui Masa Sulit?

Seperti kata pepatah yakni "Bersusah susah terlebih dahulu, bersenang senang kemudian", dan juga "Usaha tidak akan membohongi hasil", setelah semua rintangan terlewati yakni kamu akan mendapatkan banyak benefit atau keutungan diantara lainya adalah:

1. Famous (Terkenal)

Hal pertama yang akan didapatkan setelah melewati masa masa sulit yakni adalah Famous, atau terkenal. Jika channel kamu memiliki penonton yang banyak, maka dengan otomatis jumlah subcriber juga akan bertambah secara otomatis, KENAPA? karena penonton suka dengan konten yang kamu buat. (alternatif cara meningkatkan subcriber)

Ketika kamu menyantumkan alamat sosial media seperti Instagram, Facebook atau Twitter juga akan terkena imbasnya, para penonton yang sudah lama melihat video dalam channel kamu, perlahan lahan akan kepoin terkait Siapa sih yang bikin channel ini, pada akhirnya mereka pun akan mengikuti akun sosial mediamu, intinya TERKENAL didunia Internet loh ya.


2. Sumber Penghasilan

Sudah hal yang biasa ketika seseorang yang ingin menjadi YouTuber yakni tak lain, tak bukan, dan tak jauh jauh dari mencari uang. Semua orang didunia ini membutuhkan uang untuk bertahan hidup, ketika orang yang bilang "saya diyoutube cuman berkarya, bukan mencari uang" coba aja suruh adsenya dicopot, apakah dia masih bisa bilang begitu?

Mungkin ada yang benar benar mempublikasikan videonya bukan untuk mencari uang, namun saya rasa untuk jaman sekarang agak jarang menemukan orang yang seperti itu. Selain mendapatkan penghasilan dari AdSense, biasanya juga akan mendapatkan tawaran atau bahas kerenya Endorse, saya kurang tahu sistem Endorse itu bagaimana, karena saya belum pernah melakukanya.

Memang untuk membangun channel dari awal itu tidaklah mudah, saya sampai bosan dengernya namun kata kata "Tidak ada yang instan, bahkan Mie Instant aja ada proses dalam pembuatanya", jadi Intinya kamu harus perbanyak usaha kurangi gaya.

Membuat channel untuk YouTuber pemula memang banyak rintangan, mungkin hal yang paling parah adalah caci makian dari orang orang, karena di Indonesia sendiri Wibu dipandang rendah, namun dengan ini mari kita buktikan bahwa Wibu itu sampah, maksudnya Wibu itu jangan dipandang rendah.

Mungkin dari saya itu saja, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, baik dalam channel saya maupun pada forum ini, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel