Cara Mengatasi Masalah File Ads.txt Google AdSense Terbaru!

Permasalahan ads.txt pada Google AdSense memang sering muncul untuk blog baru, lantas bagaimana cara mengatasi masalah file ads.txt pada blog?

Mengaktifkan Ads.txt di Blogger dan Website

Tidak lama setelah pihak Google melakukan pembersihan mitra YouTube, dimana memberikan kebijakan baru (1,000 Subcriber dan 4,000 jam tayang) kini berdampak juga untuk sobat Blogger.

Google AdSense baru baru ini mengeluarkan kebijakan baru, yakni wajib memasang file ads.txt pada suatu website maupun blog, untuk memverifikasi kepemilikan akun AdSense dengan pemilik website.

Pihak Google mengeluarkan kebijakan ini agar kode unit iklan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti kasus pada 2017-2018 lalu.

Dimana unit iklan digunakan dengan sengaja oleh orang lain, dimana bertujuan agar pemilik akun AdSense ditangguhkan, alhasil untuk menghindari itu munculah kebijakan baru yakni memasang ads.txt

Ads.txt adalah kepanjangan dari Authorized Digital Sellers yang dibuat oleh Laboratorium Teknologi IAB. File ini digunakan untuk mendeklarasikan penyedia iklan apa yang digunakan (transparasi data).

Pada file tersebut terdapat sebuah kode unik yang tersedia di vendor penyedia iklan, seperti kode Google AdSense adalah google.com, pub-6969696969696969, DIRECT, f08c47fec0942fa0 atau untuk MGID adalah mgid.com, 57002597, DIRECT


Bagi kamu publisher AdSense, perlu diketahui bahwa saat ini jika tidak memasang Authorized file maka iklan tidak akan tampil, alias blank. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi pendapatan situs.

Maka itu sangat penting untuk mengaktifkanya sekarang, selain agar pendapatan tidak beresiko sekaligus memperjelas transparasi kerja sama antara pihak penayang dan pengiklan.

Untuk pembahasan seputar GA, bisa membaca atau mampir di Google AdSense Indonesia, Pembahasan Lengkap Untuk Pemula.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengaktifkan Ads txt pada platform kesayangan blogger.com dan juga menggunakan hosting WordPress.


Mendapatkan Kode Unik Ads.txt di Google AdSense

Pertama hal yang perlu dilakukan adalah mendapatkan kode resmi dari AdSense agar dapat diverifikasi. Untuk mendapatkanya cukup mudah, login kedalam Dashboard akun GA terlebih dahulu.

Memperbaiki masalah ads.txt di Google AdSense
Biasanya kamu akan mendapatkan pesan seperti “Penghasilan Anda berisiko – Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.” Pilih Perbaiki Sekarang untuk mengambil kode unik auth.

Download file Ads.txt Google AdSense

Nanti kamu akan mendapatkan informasi mengenai blog mana yang belum terpasang kode auth iklan. Klik DOWNLOAD untuk melihat kode verifikasi iklan pribadi.

Kode verifikasi ads.txt

Buka file ads.txt yang telah kamu unduh tadi, disana akan terdapat sebuah informasi mengenai kode yang akan kamu gunakan, seperti gambar diatas. Sebelum melanjutkan langkah pemasangan, alangkah baiknya kita analisa terlebih dahulu setiap kodenya.
google.com, pub-6969696969696969, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com – selaku penyedia iklan atau lebih sering dipanggil AdSense.
PUB-6969xxx – identitas / nomor akun publisher Google AdSense.
DIRECT – status kontrol penuh penayang (publisher).
f08c47fec0942fa0 – kode unik penayangan khusus AdSense.

Setelah memahami makna / arti kode, mari kita melanjutkan untuk memasang dan mengaktifkanya agar pesan error dalam dahsboard hilang.


Cara Mengaktifkan Ads.txt Pada Blogger

Kabar gembira bagi pengguna Blogger, karena kini sudah terdapat fitur resmi untuk mengaktifkan Authorized Digital Sellers langsung melalui platform Blogger.

Saya kira akan mengalami kesulitan ketika kebijakan ini diterapkan, karena blogger sendiri tidak memiliki akses file manager untuk menempatkan file Authorized.

Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Masuk kedalam Dashboard Blogger, kemudian menuju ke Setelan, dilanjutkan masuk ke Preferensi Penelusuran. Disana akan terdapat sebuah fitur bernama Monetisasi.

Aktifkan kustom ads.txt terlebih dahulu agar muncul sebuah kolom, setelah muncul masukan kode verifikasi (terdapat pada file yang kamu download tadi, silahkan simak tutorial diatas).

Setelah mengisi (pastikan data sudah benar) untuk menyimpanya klik Simpan perubahan, dengan ini kamu sudah berhasil untuk mengaktifkan ads.txt pada akun blogger.

Tunggu kurang dari 3 hari, maka peringatan permasalahan akan hilang dengan sendirinya. Sangat mudah bukan untuk memverifikasi kepemilikan?


Cara Memasang Ads.txt pada Hosting WordPress

Sobat wordpress tidak perlu khawatir karena kode verifikasi iklan sangat bisa dipasang pada hosting wordpress. Namun membutuhkan akses melalui cPanel untuk menunggah file ads.txt

Bagi yang masih awam sangat direkomendasikan untuk meminta bantuan Costumer Services penyedia Hosting saja, karena ditakutkan nanti malah terjadi kejadian yg tidak diinginkan.

File Manager Hosting Wordpress

Langkah awal, yakni masuk kedalam akses cPanel hosting kamu (jika tidak mengetahui akses cPanel bisa langsung tanyakan ke CS Hosting atau bisa masuk melalui situs penyedia hosting pada member panel).
Situs Alternatif Google Adsense Untuk Blogger Terbaik
Setelah masuk ke cPanel silahkan mencari fitur yang bernama File Manager, atau juga bisa melalui akses FTP tinggal kesukaan saja yang mana.

Upload file di hosting
Kemudian cari sebuah tombol atau fitur yang digunakan untuk mengupload file, seperti gambar diatas yakni menggunakan fitur Upload files untuk mengunggah berkas.

Mengunggah ads.txt

Unggah file yang tadi kamu download di AdSense (tutorial lihat BAB diatas), atau berkas ads.txt kemudian klik Upload untuk mengunggah, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Preview file di hosting

Setelah berhasil akan terdapat file ads.txt pada domain root kamu, untuk mencoba berhasil atau tidak silahkan akses http://domainkamu/ads.txt atau jika menggunakan blog ini yakni https://nafaskuda.com/ads.txt

Jika bisa diakses atau tidak 404 Not Found maka pemasangan telah berhasil, dan untuk menunggu pesan dalam Dashboard AdSense hilang membutuhkan waktu kurang dari 3 hari, jadi harus bersabar ya.

NB: Jika tidak berpengalaman dalam memanajemen file dalam hosting, sangat disarankan untuk meminta bantuan CS atau orang yang ahli dalam hosting, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.


Manfaat Menggunakan Ads.txt Untuk Iklan

Seperti yang dilangsir dihalaman support remsi Google, memasang Ads.txt memang tidak diwajibkan pada Publisher, namun sangat disarankan untuk dipasang karena memberikan data pendukung antara hubungan publisher dengan pihak penyedia iklan.

Namun beberapa saat kemudian Google AdSense memberikan sebuah kebijakan baru yang mewajibkan pengguna memasang kode verifikasi iklan, dan jika publisher tidak memasang maka beresiko pendapatan hilang dan iklan akan blank.

Kemarin pada tahun 2018 – hingga sekarang sempat dihebohkan dengan iklan blank atau iklan tidak tayang, usut demi usut ternyata penyebabnya belum memasang kode verifikasi iklan.

Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa menggunakan verifikasi ini sangatlah penting, karena mampu memperjelas hubungan antara pihak penayang dan pengiklan (transparan) serta menjecegah inventaris palsu dan sembarangan.
Menerima Pembayaran Google AdSense Menggunakan OVO
Dalam artian kode unit iklan digunakan pada situs lain yang dimana situs tersebut tidak dikelola oleh pemilik AdSense. Tentu permasalah ini bisa menjadi masalah besar jika disalah gunakan, namun menanggapi masalah itu tersedialah kode auth untuk iklan.

Ketakutan akan curi mencuri kode iklan kini tidak seperti dulu, sekarang media pengiklan dan penayang akan lebih aman dengan kebijakan baru ini.

Oke mungkin itu saja bagaimana cara memasang dan mengaktifkan ads.txt untuk publisher Google AdSense di blog. Sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel