Solusi Saldo OVO dan GOPAY Tidak Masuk Setelah Transfer!

Sudah transfer dana ke rekening OVO tapi saldo belum juga masuk? Tenang, jangan takut akan kehilangan karena ada beberapa solusi untuk mengatasi saldo belum masuk ke akun OVO.

Solusi Saldo OVO dan GOPAY Tidak Masuk Setelah Transfer!

OVO adalah wallet (dompet digital) berfungsi sebagai alat pembayaran secara online, dengan bantuan OVO kamu tidak perlu menggunakan ATM atau Rekening untuk transfer uang ke rekening lain.

Sama seperti OVO, GOPAY adalah dompet digital milik GOJEK, dimana dengan menggunakan GOPAY kamu bisa membayar seluruh tagihan yang ada pada aplikasi GOJEK seperti membeli pulsa, membayar tagihan listrik, membeli tiket dan masih banyak lagi.

Tentu untuk menggunakan layanan dompet digital baik OVO dan GOPAY harus terdapat isi berupa saldo terlebih dahulu, maka orang orang melakukan Deposit agar wallet dapat digunakan.

Seiring berkembangnya teknologi, seluruh metode pembayaran baik dalam bentuk situs maupun aplikasi diproses secara otomatis menggunakan Nomor Rekening Virtual, tanpa perlu melakukan konfirmasi tentu saldo akan masuk dengan sendirinya.


Banyak sekali artikel pada internet dan diberbagai forum terkenal seperti Mediakonsumen dan Kaskus memberikan keluhan terkait Masalah OVO Gagal Top UP sekaligus pengiriman dana berhasil namun Saldo akun OVO tidak bertambah.

Pengguna tersebut melakukan top up sebesar lebih dari 500ribu, namun saldo tak kunjung masuk. Saya aja yang topup 100ribu aja udah panik apalagi lebih dari 500ribu.

Namun kabar baiknya semua permasalahan yang ada sudah diselesaikan secara baik oleh pengguna dan pihak OVO, namun pengguna harus menggunakan berbagai macam cara agar ditindak lanjuti oleh pihak terkait.

Meskipun begitu sebagai pengguna dompet online kamu tidak perlu merasa khawatir karena terdapat solusi mengatasi hal ini, berikut adalah solusi saldo OVO belum masuk terbaru.


Memastikan Nomor Virtual Rekening Benar 

Saat melakukan Top-up pastinya pengguna akan diberikan sebuah nomor rekening unik atau biasa disebut sebagai Virtual Rekening, nomor Virtual ini sangatlah mudah di ingat karena menggunakan format nomor hp.

Misalnya nomor hp yang terdaftar dalam akun OVO maupun akun GOPAY adalah 083840457439 maka nomor virtual rekeningnya adalah 9083840457439 (untuk bank NOBU pada akun OVO).

Jika saldo belum masuk setelah transfer, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek, apakah nomor rekening tujuan sudah benar atau belum. Bisa juga saldo tidak masuk dikarenakan salah memasukan no rek tujuan.

Bagaimana cara mengecek nomor rekening virtual?

Mudah sekali, untuk akun OVO:

  1. Buka aplikasi OVO versi terbaru.
  2. Tekan tombol TOP UP.
  3. Pilih metode pembayaran ATM.
  4. Pilih Bank untuk metode pembayaran.
  5. Baca panduan TOP UP.

Untuk mengecek nomor virtual rekening pada akun OVO lebih lengkap bisa membaca pada artikel Aplikasi OVO – Transfer dan Menerima Uang Tanpa Rekening Bank ATM

Bagi kamu yang menggunakan wallet GO-PAY juga mudah sekali:

  1. Buka aplikasi GO-JEK.
  2. Pada fitur GOPAY tekan Top Up
  3. Pilih metode pembayaran menggunakan mesin ATM
  4. Dan pilih Bank mana yang ingin digunakan.
  5. Membaca Panduan Top Up.

Nomor Rekening saya sudah benar, namun kenapa saldo belum juga masuk? Usahakan menunggu maksimal 1×24 jam. Namun jika sudah melewati lebih dari satu hari bisa melakukan komplain ke pihak terkait.


Melakukan Komplain Melalui Email 

Pengalaman pribadi melakukan komplain melalui email ke pihak terkait adalah salah satu cara paling efektif memecahkan permasalahan seputar layanan. Meskipun saya belum pernah mengalami kendala saldo belum masuk, namun saya pernah mengirim email perihal melakukan verifikasi. 

Mengirim Email Permintaan Verifikasi (Upgrade)

Kronologi:
Kebetulan saya tidak bisa melakukan upgrade akun dari OVO Club ke OVO Premiere karena nomor NIK tidak tercantum tanggal lahir (padahal kebijakan dari Dispenduk tidak mewajibkan tanggal lahir tercantum dalam NIK).

Dikarenakan saya membutuhkan akun OVO Premiere untuk Menerima Pembayaran Google AdSense, mulai lah saya berinisiatif untuk menghubungi pihak OVO melalui email, menjelaskan permasalahan detail serta memberikan dokumen pendukung.

Beberapa jam kemudian setelah mengirim permintaan verifikasi langsung dibalas langsung oleh CS (bukan bot sepertinya), disana saya disuruh menunggu maksimal 2×24 jam (dikarenakan saya bukan tipikal orang penyabar, saya kirim berlulang ulang email (spam) tersebut agar segera ditinjak lanjuti).

Keesokan harinya alhamdulilah akun berhasil terupgrade (terverifikasi) dan menjadi OVO Premiere (sangat tidak disarankan melakukan email spam) dikarenakan nantinya malah email kamu yang terblokir.

Dari pengalaman yang saya alami memberikan kesimpulan bahwa “kalau ada apa apa ya tinggal lapor aja ke pihak yang terkait sebelum terlambat”.

Berikut adalah daftar email yang dapat dihubungi ketika mendapatkan masalah baik dalam aplikasi OVO maupun GOPAY / GOJEK.

  1. OVO – cs@ovo.id
  2. GOJEK / GOPAY – customerservice@go-jek.com

Tetap harus diperhatikan etika dalam menggunakan surat elektronik (email) seperti kata pembuka, perihal masalah, terimakasih dan salam penutup. “Jika ingin dihormati maka hormatilah orang lain”.


Menghubungi Customer Service di Sosial Media  

Saat ini banyak perusahaan besar memanfaatkan sosial media agar bisa mendekatkan diri kepada konsumen, menganalisa apa yang konsumen butuhkan serta membantu melayani memecahkan permasalah terkait produk.

Tentu hal ini memudahkan kosumen dalam menyelesaikan masalah, salah satu contohnya adalah kendala saldo tidak masuk setelah transfer. Meskipun melalui surat elektronik adalah paling efektif namun siapa sangka melalui sosial media terkadang bisa jauh lebih efektif.

Komplain Pengguna Akun OVO

Menghubungi pihak terkait bisa dilakukan dengan dua cara (melalui sosial media) baik menggunakan kolom komentar atau melalui DM (direct messager). Namun akan lebih baik melalui DM karena bisa menjaga data atau dokumen sensitif lainya.

Saya yakin penduduk disini sudah memiliki akun setidaknya Instagram, jadi bisa menggunakan sosmed IG untuk menghubungi mereka.

  1. OVO – https://www.instagram.com/ovo_id/
  2. GOJEK / GOPAY – https://twitter.com/gojekindonesia

Jangan lupa untuk tetap menggunakan bahasa yang sopan dalam mengutarakan sesuatu, agar Customer Service tidak bete ketika melihat pesan pengaduan dari pelanggan.

Berapa lama waktu menunggu proses balasan dan konfirmasi dari admin? Biasanya memakan waktu kurang dari satu hari, namun tergantung antrian email (banyak komplain yang masuk), tunggu hingga maksimal 3×24 jam.

Jika tidak ada pemberitahuan lebih lanjut silahkan mengirimkan email yang sama serta dokumen yang lengkap agar segera diproses.


Restart Smartphone / HP  

Perlu diketahui bahwa perangkat elektronik juga membutuhkan istirahat seperti halnya manusia. Berlaku juga untuk smartphone, sangat perlu melakukan sebuah perawatan seperti melakukan Restart / Muat Ulang minimal satu hari sekali.

Melakukan Reboot ulang juga akan membantu mengoptimalkan kinerja smartphone menjadi lebih cepat, mengapa hal itu bisa terjadi? Beberapa aplikasi yang kita gunakan akan berjalan dibelakang layar (background) tanpa sepengetahuan pengguna.

Hal ini tentu membuat smartphone terus bekerja tanpa henti, sehingga jika lama kelamaan akan menimbulkan error / bug dikarenakan cache aplikasi berlebihan, dan dampak buruknya akan membuat kinerja sebuah aplikasi tidak berjalan semestinya seperti ada beberapa fitur error maupun tidak bisa diakses.

Mengatasi hal itu, pengguna hanya perlu melakukan reboot dimana memakan waktu kurang dari 5 menit namun memberikan dampak yang luar biasa, juga bisa menggunakan bantuan aplikasi – Greentify Optimize agar kinerja smartphone android jauh lebih cepat.

Setelah melakukan Restart aplikasi wallet digital OVO dan GOJEK juga ikut tereset dengan sendirinya, ibarat kalau manusia menjadi bugar kembali (tidak suntuk) sehingga membuat aplikasi OVO dan GOPAY bisa digunakan seperti biasa.

Banyak juga pengguna dompet OVO yang menyarankan ketika mendapatkan masalah saldo belum masuk agar melakukan restart HP, karena diperangkat tertentu memang terjadi beberapa kesalahan.


Logout dan Login Akun Wallet

Hampir sama seperti Reboot / Restart HP, melakukan Logout dan login kembali akun ovo akan membuat aplikasi fresh kembali. Semua aplikasi online tentu harus melakukan komunikasi realtime dengan server.

Seperti mendeteksi sebuah saldo, membuat rekap transaksi dan masih banyak lagi. Namun terkadang dalam sebuah perangkat smartphone terdapat istilah HANG dimana membuat data paket (komunikasi) yang dikirim ke server menjadi terganggu.

Pada akhirnya akan membuat kesalahan dalam mengupdate jumlah saldo. Tentu ketika saldo tidak segera diupdate akan membuat kita berfikir bahwa saldo belum masuk padahal sudah melakukan pembayaran.

Namun pastikan kembali nomor akun sudah terpasang pada smartphone yang kamu gunakan. Karena untuk masuk kedalam akun dibutuhkan sebuah kode verifikasi SMS maupun telepon.


Melakukan Pembaharuan Aplikasi

Dikarenakan kedua layanan tersebut berbasis aplikasi, maka alangkah baiknya untuk selalu memperbaharui aplikasi OVO maupun GOJEK agar dapat berjalan lebih optimal. Pihak pengembang biasanya akan memperbaiki kesalahan yang ada (melakukan optimasi).

Selain memperbaiki kesalahan (bug) juga akan ada fitur baru yang dapat memudahkan hidup kamu, terutama dibidang pembayaran menggunakan uang digital. Tak lepas dari fitur pasti segala kemanan juga ditingkatkan, supaya terbebas dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk memperbaharui aplikasi sangatlah mudah, jika kamu pengguna android langsung saja:

  1. Menuju ke Google Play Store / Apps Store.
  2. Pergi ke menu aplikasi.
  3. Perbaharui aplikasi yang diinginkan

Pihak Developer biasanya memberikan sebuah deskripsi tentang apa saja yang akan ditambahkan dan diperbaiki setelah kamu melakukan update perangkat lunak.

Jangan pernah takut dan malu ketika sedang mendapatkan sebuah masalah, sebisa mungkin untuk melaporkan kepada pihak terkait supaya masalah dapat diselesaikan.
Cara Mengatasi HP Android LAG/ Macet dan Lemot Terbaru
Tidak perduli kamu melakukan top up dengan nominal berapa, karena konsumen juga layak diperlakukan setara sekaligus diberikan pelayanan maksimal, karena konsumen juga berhak mendapatkan sebuah keadilan.

Solusi diatas juga dapat digunakan untuk mengatasi dana transfer tidak masuk dari akun OVO ke rekening bank, karena basisnya sama, yakni mengajukan pengaduan ke perusahaan.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mengatasi saldo tidak masuk setelah transfer pada aplikasi OVO maupun GOJEK, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel