9 Teori Sakamoto Meninggal - Nonton Sakamoto Desu Ga?

9 Teori Sakamoto Meninggal - Nonton Sakamoto Desu Ga?

Setelah saya menonton anime Sakamoto Desu Ga, tidak sengaja melihat diskusi pada forum anime yakni Myanimelist yang mengatakan bahwa Sakamoto Meninggal, apakah itu benar?

Sebelumnya saya akan membacakan Sinopsis mengenai anime ini, supaya bisa lebih paham dan tau ceritanya tuh tentang apa.

Sakamoto Desu ga dalam Bahasa Inggris adalah Haven’t You Heard? I’m Sakamoto atau dalam Bahasa Indonesia adalah Pernahkan anda mendengar? Saya Sakamoto? Uahh.
Secara singkat anime ini menceritakan tentang seorang remaja SMA bernama Sakamoto, ceritanya Sakamoto ini adalah lelaki paling tampan, dan keren dikalangan Wanita.

Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang membenci Sakamoto akibat dia terlalu populer dikalangan wanita, sehingga mulai muncul orang orang yang ingin membullynya, bukan membully sih tapi mengerjainya (bukan memperkerjakan loh).

Namun pada saat dikerjain Sakamoto selalu bisa mengcounter, mengcounter itu dalam Bahasa Indonesia melawan, Sakamoto selalu bisa melawan dengan gerakan dan aksi yang sangat keren.

“Niatnya ngebikin malu, malah tambah keren” ucap salah satu pelaku pembulian. Itulah gambaran singkat mengenai anime ini.

Teori ini kan saya dapatkan dari forum luar, jadi disini saya akan menterjemahkan dan membacakan saja lah ya. Sebelumnya saya juga pernah membuat konten mengenai Teori Penyakit 5 Kembar – Go Toubun no Hanayome silahkan disimak teorinya juga kalau ada waktu.

Sebelum menuju ke pembahasan saya ingin ngasih tau bahwa Teori kematian Sakamoto ini sebenarnya juga udah ada counternya atau yang membantahkan bahwa Meninggalnya Sakamoto itu Salah.

Dengan kata lain Sakamoto itu masih Hidup, cuman disini saya akan membahas teori kematianya saja, untuk pembahasan bahwa Sakamoto masih hidup mungkin akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya aja lah ya, gak penting juga soalnya.


Meskipun sudah ada counternya, tapi sepertinya cukup menarik untuk kita dibahas yah, disini banyak sekali Teorinya, namun saya hanya akan mengambil beberapa saja biar nantinya gak pusing.

Akan saya mulai dengan Teori yang ringan terlebih dahulu yah biar tidak pusing.


Alasan Sakamoto Selalu Tampil Keren

Pada setiap episode atau chapter baik dalam anime atau manga, karakter Sakamoto selalu ditampilkan keren apapun yang terjadi, entah dalam keadaan terdesak atau hal lainya.

Namun pernahkan kalian berfikir bahwa semua itu ada alasanya? Yeps, ternyata Sakamoto selalu menampilkan sisi kerenya dikarenakan ingin menutupi dirinya yang sebenarnya.

“Loh emang yang sebenarnya gimana?”

Menurut teori yang saya dapatkan pada forum MyAnimeList, Sakamoto selalu menampilkan sisi kerenya dikarenakan ingin menutupi kondisi dirinya yang saat ini sedang sekarat.

Dengan kata lain Sakamoto saat ini atau pada anime memiliki sebuah penyakit. Memang sih teori ini agak konyol, tapi dari pada mikir konyol mending kita lanjut ke Teori selanjutnya.


Alasan Sakamoto Tidak Ingin Berpacaran

Meskipun Sakamoto memiliki penggemar wanita yang sangat banyak, bahkan Ibunya Kubota atau Ibu dari temanya pun juga menyukai Sakamoto, padahal sudah berkeluarga dan anaknya sendiri adalah temanya Sakamoto.

Munculah pertanyaan “Kenapa sih Sakamoto tidak mau berpacaran?” Alasanya sama seperti teori pertama, yakni saat ini atau pada anime, Sakamoto memiliki sebuah penyakit.

Memang tidak dijelaskan penyakitnya apa, namun sepertinya Penyakitnya termasuk penyakit yang bisa dibilang serius, sama seperti Miyazono Kaori pada anime Shigatsu wa Kimi no Uso.

“Lah hubunganya penyakit sama tidak mau pacaran emangnya apa?”

Ya kalau berpacaran itu otomatis melibatkan 2 manusia yang saling mencintai kan? Siapa yang mau juga ditinggal sama pacarnya? Apalagi ditinggal pergi kembali keisisi sang Kreator Manga.
Rumor Youkoso Jitsuryoku Season 2 – “Deeper Introduction”
Atau gampangnya Sakamoto tidak ingin membuat pasanganya sedih, dengan kematianya nanti. Ya umur tidak ada yang tau, terlebih lagi Sakamoto memiliki penyakit yang cukup serius (cuman teori loh ya).


Kejanggalan Saat Karaoke

Pada episode 10, Sakamoto diajak pergi ke Karaoke dengan dua orang Mahasiswa untuk melakukan sebuah Kencan Buta, bukan kencan Buta sih sebenernya, tapi ya Kencan Ramai Ramai lah.

Singkat cerita Sakamoto disuruh beryanyi dan Sakamoto pun menurutinya, nah disini ada suatu hal yang bisa dikatakan bisa menjadi petunjuk bahwa Sakamoto itu tidak dalam keadaan baik baik saja.

Terdapat sebuah Scene yang memperlihatkan “Seorang Ayah atau Pria sedang membawa Bayi naik kuda” disini bisa di tafsirkan bahwa Bayi yang digendong oleh Sang Ayah itu sedang dalam kondisi sakit, dan Otomatis jika sakit ya dibawa ke dokter lah.

Atau dengan kata lain, secara visual menggambarkan bahwa Bayi yang digendong tersebut adalah Sakamoto, yang dimana sedang dilarikan ke rumah sakit, bisa saja sewaktu kecil memang Sakamoto dibawa ayahnya ke rumah sakit, tapi ya tidak menggunakan kuda lah ya.


Sakamoto Tidak Pernah Melihat Salju

Pada episode 10, Sakamoto bilang kepada temanya bahwa “Ia tidak pernah melihat salju sebelumnya” wadidaw. Hal ini memperkuat penyataan bahwa Sakamoto sejak kecil memang memiliki sebuah penyakit, kenapa?

Bisa saja perkataan itu dimaksudkan ia tidak pernah melihat salju dikarenakan selama ini dia menghabiskan waktunya dirumah sakit, tapi ya kemungkinan lain Sakamoto tidak pernah melihat salju karena menghabiskan waktunya untuk belajar, tapi tetep belajarnya dirumah sakit hehehe.


Mana Mungkin Sakamoto masuk ke NASA?

Jika kamu benar benar menyimak cerita ini (maksudnya tidak hanya menimkati komedinya) pasti mengetahui bahwa cita cita Sakamoto adalah bekerja di NASA dan ikut projek ke planet Mars.

Namun semua itu terdengar agak atau malah sangat janggal yah, karena hal yang pertama, saat ini Sakamoto belum resmi lulus dari Sekolah Menengah Atas atau SMA sedangkan untuk melamar pekerjaan ya setidaknya lulus Sekolah Dulu lah ya.

Lah bukanya Sakamoto itu sudah lulus? Belum, Sakamoto belum lulus. Bahkan pada ending animenya pun ia Masih kelas 2 kalau gak 3 (silahkan simak sendiri aja).

Dan disini setelah saya lihat lihat pada web resmi NASA atau untuk menjadi Astronout dibutuhkan usia minimal 26 tahun atau rata rata 34 tahun keatas. Sedangkan Sakamoto sendiri masih diusia dibawah 20 tahun.

“Lah ini kan anime Komedi, jadi ya teserah dong” Iya emang komedi, cuman ya setidaknya untuk melamar pekerjaan itu harus lulus sekolah terlebih dahulu, apalagi NASA loh.


Cover & Judul Manga Sakamoto Desu Ga Chapter 24

Sebenarnya awal mula teori meninggalnya Sakamoto berawal dari cover atau halaman pertama pada Manga Sakamoto desu Ga Chapter 24. Bagimana tidak? Pada halaman pertama memperlihatkan Sakamoto tertidur disebuah loker layaknya orang mati di peti mati.

Sekaligus judul untuk Chapter 24 ini adalah “So long” kalau diterjemahkan sih artinya “Sangat lama” atau “Sangat panjang” panjang? Apanya hayo?

Jika dicocoklogikan atau diteorikan ya berarti sudah sangat lama perjuangan Sakamoto dalam melawan penyakitnya, sekarang saatnya ia untuk beristirahat.
Beristirahat disini maksudnya Sakamoto sudah lelah dalam menghadapi penyakitnya, dan memilih untuk Beristirahat dari kehidupanya, dengan kata lain meninggal.

Ya mungkin kalau bisa ngomong “Wah udah cukup aja kali ya, perjuanganku sampai disini saja, sugi wa, ato wa makaseru yo, sayonara”.


Percakapan Dengan Fukase-san

Percakapan yang dilakukan antara Fukase-san dengan Sakamoto bisa dibilang cukup menarik, karena ketika Fukase-san bilang “Seperti laut dimalam hari, tidak ada cahaya sama sekali, dan kalau kau datang kesana, kau akan mati dilaut itu”.

Kemudian langsung dijawab oleh Sakamoto “Aku lebih memilih terjun kelaut, dan mencari benua baru”. Disini perkataan Sakamoto jika diterjemahkan menggunakan ilmu Cocoklogi versi 2,4 maka akan mendapatkan artian:

Sakamoto tidak keberatan mati sekarang, karena dia nantinya akan mencari kehidupan baru (berengkarnasi). Ya meskipun terdengar aneh namun bisa saja semua itu terjadi, lagian ini juga teori kok.


Percakapan Dengan Hayabusa

Oh iya, tadi kan saya sudah bilang bahwa Sakamoto memiliki cita cita menjadi astronout di NASA kan? tentu dong jika memang begitu Sakamoto harus pergi ke Amerika.

Akan tetapi Mas Hayabusa mengetahui bahwa Sakamoto tidak akan benar benar pergi ke Amerika untuk bekerja di NASA, bisa dilihat sendiri pada episode 12.

Mas Hayabusa bilang “Kau Bohong tentang pergi ke Amerika kan” dijawab oleh Sakamoto “Entahlah, aku tidak mengerti apa maksudmu (sa nano koto desu yo)”. Kalau Anim pada umumnya sih, ketika orang ditanya dan menjawab seperti itu ya maka ada sebuah maksud tertentu, ya ya ya.

Tak lama kemudian Mas Hayabusa menanyakan kembali ke Sakamoto, bilang gini “Kau tidak menyesal?” kemudian dijawab oleh Sakamoto “Kalau aku punya, mungkin tentang beberapa banyaknya lubang yang tepat di atap ruang UKS”

Jika kita terjemahkan menggunakan Cocoklogi versi 2,4 perkataan Sakamoto seolah olah membuktikan bahwa dirinya sering berada di UKS karena sakit, ya mungkin bisa rebahan karena kelelahan, atau mungkin hal yang sekiranya *ehem*.


Alasan Sakamoto Menutup Wajahnya

Pada menit menit terakhir diperlihatkan Sakamoto menutupi wajahnya sendiri dengan sebuah kream putih, jika menurut teori sih Sakamoto bermaksud untuk menyembunyikan kesedihanya karena akan berpisah dengan teman temanya.

Nah disini tuh kemungkinan sedihnya itu karenakan sebuah perpisahan untuk selamanya atau dengan kata lain Sakamoto dalam waktu dekat akan meninggal dunia.

“Tapi kan di episode 13 Sakamoto berhasil Naik Roket, berarti ya masih Hidup”

Ya ini kan cuman teori, dan diawal video tadi saya juga udah bilang bahwa Teori meninggalnya Sakamoto tuh ada counternya atau udah ada Teori bahwa Sakamoto tuh masih Hidup, ya meskipun Hidupnya Sakamoto itu juga sama sama teori sih.
√ Nonton Karakai Jouzu no Takagi-san, Anime Ringan Tentang Perbucinan
Siapa tau juga bahwa bergabungnya Sakamoto di NASA hanyalah sebuah mimpi panjang milik Sakamoto, kan judul chapternya “So Long” uaaa, kan tidak ada yang tau selain pembuat Manga?

Dari pada pusing, mending gak usah dipikirin karena semua itu hanyalah sebuah teori, tapi juga tetap harus dipikir karena sebuah teori bisa saja sebuah fakta yang tertunda – udah kayak lambe turah anying.

Oke mungkin itu aja pembahasan mengenai Nonton Sakamoto Desu Ga? – Teori Meninggalnya Sakamoto, bagi yang mau ngasih saran besok bahas apa bisa mengirim via DM Instagram di @akuwega

Sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa, (apa jangan jangan Sakamoto itu Alien, gak wajar loh masak bisa gitu sih di Animenya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel