Pengertian Desain Grafis, Fungsi, Prinsip, Jenis dan Manfaat

Ingin menggeluti dunia desain grafis? Sebelum terjun ke dunia itu alangkah baiknya mengetahui Pengertian Desain Grafis serta Jenis jenisnya. Supaya nanti bisa menjelaskan ke client tentang pirnsip dan manfaatnya.

Pengertian Desain Grafis

Banyak orang yang bekerja sebagai Freelancer di bidang desain, baik itu desain grafis, desain web, UI/UX dan masih banyak lagi. Karena bayaran yang diberikan juga relatif banyak.

Sekarang sudah banyak sekali situs Freelancer yang membuka lowongan pekerjaan diberbagai macam bidang, salah satunya adalah Desain Grafis.

Di Indonesia sendiri terdapat situs Freelancer untuk para desainer muda, bernama Sribu, sedikit gambaran mengenai Sribu adalah sebuah website yang terfokus dibidang desain.

Biasanya web Sribu sering kali mengadakan kontes atau lomba desain, yang dimana ketika member memenangkan kontes tersebut akan diberikan imbalan berupa uang. Tentu hal ini bisa dimanfaatkan untuk para desainer bukan?



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas segala hal tentang dunia desain, mulai dari dasar hingga sampai bisa menghasilkan uang. Mari kita pelajari dari dasar terlebih dahulu.


Pengertian Desain Grafis

Rancangan Grafis atau yang biasa disebut sebagai Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual menggunakan gambar (meliputi tulisan dan bentuk) untuk menyampaikan suatu informasi yang seefektif mungkin.

Desain Grafis juga sering digunakan dalam pembuatan poster, karena bersifat mengajak / membunjuk (Persuasif) atau memberikan suatu informasi (Informatif).

Dulu Desain Grafis hanya digunakan sebatas brosur, poster, buku dan majalah. Namun seiring perkembangan jaman, Desain Grafis juga diterapkan dalam media elektronik seperti Desain Multimedia Interaktif.

Penjelasan diatas hanyalah sebuah pengertian umum saja, dan berikut adalah Definisi Desain Grafis menurut para ahli:

  • Menurut ICSID (International Council of Societies of Industrial Design) – Desain adalah suatu kegiatan kreatif yang menggambarkan keaneka ragaman dari bentuk kualitas, proses, pelayanan dan sistem, seperti pada sebuah lingkaran yang saling berhubungan.
  • Alexander – Design bisa di bilang berupa temuan unsur fisik yang paling objektif.
  • Menurut Coirul Amin – Desain adalah sebuah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak.
  • The American Collage Dictionary – Desain juga di artikan berupa garis besar, sketsa, rencana sama halnya pada kegiatan seni di antaranya seperti bangunan, ide pembuatan mesin dan lainnya.
  • Ken Hurts – Desain merupakan suatu proses iterative yang menerkaitkan beberapa aktivitas tinjauan ke belakang dan pararel.
  • Menurut Soekarno dan Lanawati Basuki – Desain adalah sebuah pola rancangan yang menjadi pokok dasar pembuatan dari suatu benda, seperti busana.
  • Menurut Janner Simarmata – Desain juga dapat di artikan sebagai aplikasi yang dirancang sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

Pengertian dan Definisi Desain juga memiliki arti yang berbeda untuk setiap orangnya, namun intinya tetap sama, yakni sebuah media berupa gambar, tulisan yang membentuk simbol – simbol berguna untuk menyampaikan sesuatu pesan / informasi seefektif mungkin.

Orang yang mendesain atau yang mengatur tata letak suatu gambar disebut sebagai Desainer / Designer.


Prinsip Desain Grafis

Jika ingin menjadi desainer profesional, seorang desainer juga harus memperhatikan aspek seperti sebuah prinsip desain yang terdiri dari 5 yakni Kesatuan (Unity), Keseimbangan (Balance), Ritme (Rhythm), Penekanan (Emphasis) dan Proporsi.

  1. Keseimbangan (Balance)
    Menampilkan Komponen komponen seperti tulisan, gambar, warna maupun obyek lainya secara seimbang (balance) tidak berat sebelah. Ada sebuah patokan dalam menentukan seimbang atau tidaknya sebuah desain, yakni Simetris dan Asimetris.

    Simetris: sebuah teknik komposisi gambar yang disusun secara rapi dan memperhatikan keseimbangan bentuk.

    Asimetris: sebuah teknik komposisi gambar yang disusun secara acak (abstrak) akan tetapi tetap memperhatikan keindahan.
    .
  2. Kesatuan (Unity)
    Paduan dari berbagai unsur seni rupa yang membentuk suatu konsep sehingga memberikan kesan satu bentuk yang utuh, namun dalam prinsip desain grafis adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan, atau keutuhan.

    Prinsip Kesatuan atau Unity harus memiliki perpaduan yang menghasilkan sebuah tema yang kuat dan saling terikat. Biasanya sering digunakan untuk membuat sebuah Logo.
    .
  3. Ritme (Rhythm)
    Ritme adalah sebuah bentuk desain yang melibatkan sebuah irama. Bisa berupa perulangan (loop) atau berbagai variasi dari komponen desain.
    .
  4. Penekanan (Emphasis)
    Sebuah prinsip desain yang menonjolkan suatu obyek dari obyek yang lain berguna untuk mempusatkan pandangan agar tertuju pada obyek itu.
    .
  5. Proporsi
    Proporsi diartikan sebagai perubahan ukuran (size) tanpa merubah ukuran panjang, lebar atau tinggi sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.

Jenis Jenis Desain Grafis Digital

Seiring pekembangan jaman munculah sebuah Desain Grafis Digital yang dimana dibedakan menjadi dua jenis yakni Bitmap dan Vektor, keduanya memiliki ciri – ciri dan fungsi yang berbeda, apa saja itu?


Desain Grafis Bitmap

Pengertian Grafis Bitmap adalah Sebuah grafis atau gambar yang tersusun dari sekumpulan titik – titik yang menghasilkan suatu bentuk visual. Format ini sering digunakan sebagai format gambar pada kamera.

Kualitas gambar Bitmap sangat terpengaruh dengan tinggi rendahnya resolusi pixel (dpi). Sehingga ketika gambar diperbesar atau di Zoom (baik pada waktu pengeditan atau pada saat Preview) kualitas gambar akan pecah.


Kelebihan Grafis Bitmap

  1. Dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat.
  2. Kualitas warna pada gambar terlihat lebih banyak, indah dan natural sehingga enak untuk dipandang.

Kekurangan Grafis Bitmap

  1. Gambar ketika di Zoom akan terlihat pecah.
  2. Kualitas gambar dipengaruhi dengan banyaknya pixel / resolusi pixel (dpi).
  3. Ukuran penyimpanan file dipengaruhi dengan banyaknya pixel.

Aplikasi Grafis Bitmap

  1. Adobe Photoshop
  2. Adobe Lightroom
  3. Paint
  4. GIMP
  5. Picsay PRO

Format File Bitmap

  1. *.jpg / .jpeg
  2. *.png
  3. *.gif
  4. *.bmp 

Desain Grafis Vector

Pengertian Vektor adalah sebuah grafis yang tersusun dari sekumpulan titik – titik dan garis dengan menggunakan suatu rumusan tertentu, sehingga garis dan titik tersebut akan menghasilkan suatu pola.

Grafis Vektor tidak dipengaruhi dengan sebuah resolusi pixel atau yang disebut sebagai DPI (Dot per Inch), jadi ketika di Zoom atau diperbesar gambar tidak akan pecah dan masih terlihat jelas.

Kelebihan Grafis Vektor

  1. Kualitas Objek gambar tidak akan menurun pada saat dilakukan editing.
  2. Ukuran file relatif kecil dan sangat efesien terhadap ruang penyimpanan.
  3. Objek gambar dapat dicetak dengan resolusi yang tinggi tanpa pecah.
  4. Dapat diubah ukuran pixel tanpa mengurangi kualitas objek gambar.

Aplikasi Desain Grafis Vektor

  1. CorelDraw
  2. AutoCAD
  3. Adobe Illustrator
  4. Micrografx Designer
  5. Beneba Canvas 

Format File Vektor

  1. *.cdr (CorelDraw)
  2. *.eps (Adobe Illustrator)
  3. *.svg
  4. *.pict

Fungsi dan Manfaat Desain Grafis

  1. Sebagai Media Promosi
    Tentu sebuah iklan akan lebih menarik jika terdapat sebuah gambar ilustrasi agar mudah dipahami, tentu desain yang unik dan enak dilihat akan menarik perhatian khalayak.
    .
  2. Dapat Menyampaikan Pesan Dalam Bentuk Grafis
    Orang – orang lebih menyukai sebuah gambar daripada tulisan, sebuah pesan yang divisualisasikan ke dalam bentuk gambar akan lebih menarik dan mudah dipahami.
    .
  3. Sebagai Ciri Khas Suatu Brand / Logo
    Pemanfaatan desain grafis lainya adalah digunakan sebagai ciri khas suatu brand atau yang biasa disebut sebagai logo.
    .
  4. Dapat Menghasilkan Uang
    Tentu semua jasa dapat menghasilkan uang, tidak terkecuali Desainer. Kamu dapat menghasilkan uang melalui desain grafis ini dengan menawarkan jasa ke orang lain atau menggunakan situs Freelancer, seperti dibawah ini;

Situs Freelancer Untuk Desainer

Ingin menghasilkan uang melalui Desain Grafis? Tentu sangat bisa, terlebih lagi terdapat banyak sekali situs Freelancer untuk desainer, beberapa diantaranya adalah:

  1. Sribu Desain
    Salurkan bakat desain grafis kedalam situs Freelancer yang bernama Sribu, kamu bisa mengubah hobi dan kemampuan menjadikan sumber penghasilan.

    Sribu adalah sebuah web jasa desain grafis yang didirikan tahun 2011, kantor pusat terletak di Kota Jakarta, Indonesia. Sudah banyak perusahaan besar mempercayakan Brand Visual kepada Sribu, seperti Telkomsel, TransTV, Pertamina dan masih banyak lagi.
    .
  2. 99designs
    Hampir sama dengan Sribu, hanya saja 99design memiliki cangkupan Internasional, jadi kontes desain yang dibuat kebanyakan berasal dari orang luar negeri.

    Meskipun begitu situs ini sangatlah terkenal sehingga akan selalu ada job atau kontes setiap harinya. Namun jangan senang dulu, karena pesaingnya pun juga tak kalah banyak.

    Jasa 99design meliputi:
    Hampir sama dengan Sribu, hanya saja 99design memiliki cangkupan Internasional, jadi kontes desain yang dibuat kebanyakan berasal dari orang luar negeri.

    Meskipun begitu situs ini sangatlah terkenal sehingga akan selalu ada job atau kontes setiap harinya. Namun jangan senang dulu, karena pesaingnya pun juga tak kalah banyak.

    Jasa 99design meliputi:
    1. Logo Brand
    2. Web Graphic Design
    3. T-shirt Design
    4. Brand Guide
    5. dan masih banyak lagi.
    .
  3. Shutterstock
    Suka dengan berbau hal minimalis? Fotografi? Desain Vektor? Mungkin Shutterstock sangat direkomendasikan untuk menghasilkan uang dengan kemampuan dan hobi yang kamu miliki.

    Shutterstock adalah sebuah situs penyedia footage fotografi, rekaman, musik, gambar, vektor, dan masih banyak lagi.

Mungkin hanya itu saja pembahasan Materi Desain Grafis, jika ingin mendapatkan materi tentang desain lebih lanjut bisa terus pantau blog ini yah, sekian dari saya dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel