12 Anime Mirip Sword Art Online, Anime Tentang Game!

Sedang mencari anime yang menceritakan tentang game atau anime yang mirip dengan Sword Art Online? Tenang saya punya 12 Rekomendasi Anime Mirip SAO.

Anime Mirip Sword Art Online, Anime Tentang Game!

Anime Sword Art Online bisa dibilang adalah anime sejuta umat, dimana hampir seluruh Wibu yang ada Di Nusantara ini mengetahui anime ini, sangat mustahil bagi wibu yang tidak tahu tentang keberadaan anime SAO ini.

Sword Art Online menceritakan tentang perkembangan teknologi game dimasa depan atau yang sering disebut sebagai Virtual Reality, dengan teknologi ini player dapat menggerakan karakter dalam game melalui pikiran (gampangnya sih seperti mimpi, tapi mimpinya bermain game dan bisa disave).
Nonton Sword Art Online Season 1 Bahasa Indonesia [Alur Cerita]
Hal yang membuat anime ini spesial dan banyak dicari karena tokoh utama yang sekiranya overpower, atau “Elo banget” bukan “Gue banget lagi kayaknya” sekaligus memiliki sebuah masalah dimana ketika player mati didalam game maka tubuhnya didunia nyata juga akan ikut mati, eh masalahnya gak bisa logout deng.


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rekomendasi anime yang menceritakan tentang sebuah video game atau permainan, dimana beberapa diantaranya ada yang mirip dengan anime Sword Art Online.


Log Horizon

Bisa dikatakan yah.. anime ini memiliki konsep yang sama dan sangatlah mirip dengan Sword Art Online (meskipun saya sendiri sebenarnya belum nonton sih) tapi memang mirip kok.

Dimana tokoh utama dan tiga puluh ribu pemain lainya terjebak dalam sebuah game RPG yang bernama Elder Tales, intinya sih tidak bisa logout.

Nah yang membuat anime ini disukai oleh banyak orang ya tak lain dan tak bukan karena tokoh utama yang sangatlah kuat, kuatnya tuh karena sangat pintar atau jenius dalam membuat suatu strategi.

Berbeda dengan Kirito yang selalu ingin menjadi Solo Player, karakter utama dalam anime ini justru membuat guild yang bernama Log Horizon, tujuan dibentuknya guild ini ya untuk apalagi kalau bukan untuk bertahan hidup sambil mencari cara untuk keluar dari game yang berjudul Elder Tales.


Overlord

Berlatar waktu jauh dari anime Sword Art Online yang dimana pada anime Sword Art Online tuh ngambil latar waktu dikisaran tahun 2020 keatas, nah anime Overlord ini mengambil latar waktu di tahun 2138.

Dimana pada tahun itu game yang berbasis Virtual Reality sudah berkembang sangatlah pesat, hingga munculah sebuah game yang bernama Yggdrasil.

Masih menggunakan konsep yang sama namun kasusnya berbeda, yang sama tuh karakter utama terjebak dalam sebuah game Yggdrasil (intinya tidak bisa logout).

Dan kasus yang berbeda, ini sejauh saya menyimak anime Overlord loh ya, HANYA karakter utama yang terjebak dalam game Yggdrasil, TIDAK ADA PLAYER LAIN (ini sejauh saya menyimak loh ya).

Yang membuat anime ini unik adalah, ketika NPC atau Non Player Character atau sederhananya bot, memiliki sebuah emosi layaknya manusia, bahkan pemikiranya pun sama seperti manusia didunia nyata, padahal mereka tuh hanyalah sekedar program saja, ya mungkin semacam AI atau Kecerdasan Buatan.

Oh iya, karakter utama dalam anime ini sangatlah kuat dan bahkan hampir tidak ada yang bisa mengalahkanya (sejauh ini sih), pokoknya overpower lah.


No Game No Life

Sebuah anime yang sekiranya sangatlah populer dikalangan para wibu, bahkan saya sendiri juga sudah membuat konten mengenai Seluruh Alur Cerita No Game No Life ZERO.

Yep, anime itu adalah No Game No Life, sebuah anime yang mengisahkan tentang dunia yang dimana tidak ada peperangan dan segala permasalahan dapat diselesaikan dengan bermain game.

Tapi No Game No Life berbeda dengan Sword Art Online, dimana pada anime SAO itu adalah video game, tapi di No Game No Life ini semacam dunia game atau Isekai (tapi mau gimanapun juga ini anime tentang game kok).

Disini ada sepasang kakak dan adik yang bernama Sora dan Shiro, kedua orang ini sangatlah pintar atau jenius dalam bermain game, bahkan ketika bermain sebuah game sering sekali dijuluki sebagai cheater (karena ya semakin overpowernya).

Mereka menghabiskan waktu hanya untuk bermain game, bahkan asal muasal kata “Nolep” atau “Nolife” pun juga berasal dari anime ini (keknya sih).

Ada sebuah kejadian dimana mereka dipanggil ke Isekai oleh Dewa Game karena satu dan berbagai alasan, dan dari sinilah cerita mereka berdua dimulai (keren kok animenya, apalagi yang versi Zero, mantep dah).


Accel World

Pada anime ini teknologi game mungkin jauh lebih canggih dari pada jamanya Sword Art Online, kalau secara timeline sih jelas karena anime Accel World berada di tahun 2046 yang dimana pada SAO sendiri mengambil latar waktu dikisaran tahun 2020 an (udah selisih 20 tahunan lah).

Menceritakan tentang murid yang bernama Arita Haruyuki, disekolahnya ia selalu saja dibully atau selalu saja diganggu, karena tidak memiliki teman dekat ya karakter utama ini lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain sebuah game virtual.

Suatu ketika tokoh utama ini bertemu dengan seorang gadis cantik yang sekiranya seumuran denganya, dan gadis cantik inilah yang memperkenalkan tokoh utama kepada sebuah program misterius yang disebut sebagai “Brain Burst” sekaligus memperkenalkan sebuah game virtual reality yang bernama “Accel World”.

Sejauh mata memandang sih, game Accel World ini hampir mirip dengan game pada anime Sword Art Online Ordinal Scale, ya kurang lebih seperti itulah gamenya.


Danmachi

Sebenarnya anime ini bukan tentang game sih, cuman karena memiliki parameter dan genre MMORPG jadi saya kategorikan sebagai ANIME YANG MENGISAHKAN TENTANG GAME.

Menceritakan tentang tokoh utama yang bernama Bell Cranel, pada awalnya dia adalah petualang yang sangat amat cupu, namun seiring berjalanya waktu kekuatanya meningkat dengan pesat (cuman gak langsung overpower seperti anime Isekai pada umumnya sih).

Pas diselidiki ternyata dia adalah cucunya si dewa Zeus, yang dimana Bell Cranel memiliki kemampuan spesial seperti level boost dimana bisa meningkatkan levelnya lebih cepat dari pada orang lain.

Lalu apa kemiripan anime Danmachi dengan Sword Art Online?

Poin yang pertama adalah pengisi suaranya sama dengan Kirito (tau sendiri lah, karakter apa saja yang diisi oleh Kirito atau Matsuoka Yoshitsugu sebagian karakternya kalau gak HAREM ya pasti Overpower).

Poin selanjutnya adalah karakter utama juga menggunakan pedang (pedang pendek sih, eh pisau deng), dimana ada sebuah kejadian pada anime Damanchi yang mengingatkan saya pada scene yang ada di Sword Art Online.

Yakni ketika Kirito sedang melawan monster sejenis Minotaur dan menggunakan dua pedang, dimana suasanya tuh sama, soalnya pengisi suaranya juga sama sih.


Btooom!

Bagi kamu yang suka bermain game battle royale seperti PUBG, COD, ROS, FREE FIRE 90% pasti akan menyukai anime ini, karena kebetulan Btooom! mengadaptasi peperangan dengan genre Battle Royale, intinya sih Survival.

Masih sama yakni menceritakan sebuah game Virtual Battle Royale yang bernama Btooom! tidak seperti PUBG, Freefire dan CODM yang dimana perang menggunakan senjata api, pada game Btooom! ini player menggunakan bom peledak atau granat untuk melumpuhkan lawan mainya.

Yang membuat anime ini bisa dibilang keren sih bukan karena sekedar bermain game diperangkat kek main game dikomputer, hp atau konsol. Melainkan mereka semua bertempur atau bertahan hidup tuh disebuah pulau kecil yang sangat jauh dari peradaban manusia.

Dengan kata lain mereka tempurnya tuh di Real Life atau didunia nyata, dimana ketika salah satu player itu mati ya udah mati gak bisa direvive atau ke lobi trus main lagi.
Tempat Situs Download Anime & Baca Manga Terbaru
Salah satu hal lain yang membuat anime ini menjadi menarik ketika karakter utama bertemu dengan seorang gadis muda dan cantik yang ternyata dia adalah pacarnya didalam game Btooom! dulu.

“Lah gimana sih, Btooom! ini game dihp, komputer atau didunia nyata sih?”

Ngejelasinya sih gampang, cuman biar kalian nonton animenya lebih baik tonton sendiri aja deh biar paham hahaha, keren kok asli.


Tate no Yuusha

Berbeda dengan anime yang lainya, dimana memiliki alur cerita yang sekiranya agak lancar diawal awal dan seterusnya berjalan dengan mulus, hal itu tidak akan kalian temukan pada anime dengan judul Tate no Yuusha.

Dimana pada awal episode anime ini kita akan dibuat emosi dengan segala hal yang ada pada animenya, bagaimana tidak? Karakter utama atau yang disebut sebagai Pahlawan Perisai dituduh yang tidak – tidak dan disiksa habis – habisan.

“Orang jahat berawal dari orang baik yang tersaikit” Mungkin itu Quotes yang kita dapatkan dari film Joker. Tapi meskipun sudah tersakiti, Pahlawan Perisai tetap berada dijalan yang benar (tapi rasa keperdulianya kepada orang lain menghilang).

(Oh iya ini ceritanya Isekai game yah, jadi meskipun sudah masuk ke Isekai tapi masih punya parameter layaknya game MMORPG dimana ada level, mana, dan hp).

Akan tetapi, berkat diawal – awal sudah tersakiti membuat dirinya semakin kuat, gimana gak kuat kalau kerjaan setiap harinya hanyalah melakukan leveling atau memperbesar level saja (ya mau gimana lagi, mau main juga gak ada orang yang bisa diajak main).

Namun berkat itulah yang membuat Pahlawan Perisai jauh lebih kuat dari pahlawan lainya, Zero to Hero (meskipun memakan waktu yang agak lama).

Secara alur cerita dan development karakter mungkin bisa dibilang sangatlah bagus, gak langsung overpower gitu loh dan juga masa – masa perkembangan karakternya tuh gak kelamaan, gak berbelit belit lah (tapi ya menurut saya pribadi sih).


Darwin’s Game

Ya ya ya.. lagi lagi menceritakan tentang sebuah game battle royale yang mempertaruhkan sebuah nyawa, game itu bernama Darwin’s Game. Mungkin secara logika agak sulit menjelaskan pertanyaan.

“Kok cuman karena game aja bisa bikin kek gini sih? Apakah pembuat gamenya punya kekuatan magic atau sejenis mugen tsukoyomi ?”

Gak usah dipikir serius karena sebagai penonton kita hanya perlu menonton saja, intinya anime ini menceritakan tentang sebuah game yang bernama Darwin’s Game, yang dimana ketika player membunuh orang lain maka player tersebut akan mendapatkan semacam koin.

Nah koin ini tuh bisa ditukarkan kedalam bentuk uang tunai, dimana setiap koinya memiliki nilai tukar ke uang tunai yang sangat besar. Kebanyakan orang memainkan Darwin Game tak lain dan tak bukan karena untuk mencari uang.

Berbeda dengan karakter utama yang tidak sengaja terseret pada game kematian ini, padahal dirinya juga gak butuh uang dan gak ingin perang apalagi sampai membunuh orang lain.

Tapi, ada tapinya nih, meskipun tidak tahu seluk beluk mengenai game kematian yang berjudul Darwin’s Game, untungnya karakter utama ini selalu bisa selamat dari lawanya yang ingin membunuhnya (namanya juga karakter utama, kalau mati ya gak lucu juga).

Meskipun gak overpower tapi ia selalu bisa survive, bahkan ketika bertemu player kuat sekalipun, (tambahan selain hoki dalam bidang bertahan hidup, karakter utama juga hoki mendapatkan gadis cantik sekaligus TOP PLAYER di Darwin’s Game).


Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

Yah kurang lebih sama lah seperti Tate no Yuusha, dimana tokoh utama terbawa ke Isekai MMORPG, dimana ada sistem level, mana, dan hp. Cuman bedanya karakter utama pada anime ini meninggal akibat terlalu sering bekerja.

Dan yang membedakan anime ini mungkin terletak pada tokoh utama, dimana tokoh utama memiliki kekuatan yang sangat amat luar biasa (bahkan setara dengan dewa) intinya sih sangatlah overpower.

Uniknya Isekai yang ia tempati adalah sebuah game yang dibuatnya selama masih hidup dulu, jadi tau lah fitur fitur yang ada pada dunia tersebut. Hal itulah yang mungkin membuatnya overpower.

Untuk alur cerita sih bagus, cuman gimana yah, saya nontonya tuh serasa datar atau flat (flat sama datar sama aja bego) ya intinya datar gitu lah, kek gak ada tantanganya gitu untuk anime gelud geludtan.

Bicara Overpower sih sama kok seperti Kirito pada anime Sword Art Online.


Hai to Gensou no Grimgar

Cerita anime ini bisa dibilang hampir mirip dengan Tate no Yusha, dimana beberapa tokoh terseret disebuah dunia atau yang lebih kita kenal sebagai Isekai, tapi penyebab “terseretnya” orang – orang ini tuh hingga saat ini belum diketahui, penyebabnya tuh karena apa.

Meskipun tidak terdapat sebuah parameter game, namun sepertinya masih masuk kedalam genre game MMORPG atau RPG sih, soalnya ya tidak jauh jauh dari unsur magic, skill, ability dan sejenisnya jadi masih bisa dibilang agak mirip Sword Art Online atau anime tentang game lah.

Menceritakan tentang sebuah dunia yang bernama Grimgar, ya seperti yang saya bilang tadi bahwa mereka terseret didunia itu tanpa tau penyebabnya tuh karena apa.

Agar dapat keluar dari dunia Grimgar, mereka memutuskan untuk membuat sebuah clan agar dapat bertahan hidup sembari mencari informasi tentang dunia Grimgar dan bagaimana cara untuk keluar dari sana.

Eh tau taunya malah udah terbiasa hidup disana, yaudah deh.

Meskipun kebanyakan gelud – geludnya, namun ada satu hal yang membuat saya bisa menikmati anime ini, apalagi kalau bukan unsur romansa atau kisah cinta, dimana malah bikin gregetan sendiri anjir.

Sekaligus tokoh utama tidak langsung mendapatkan kekuatan yang sangat amat dasyat, disini tokoh utama bahkan tidak memiliki kemampuan yang signifikan, jadi kita sebagai penonton tuh tau perkembangan si tokoh utama ini.

Bagaimana perjuanganya, usahanya, ya intinya sih hal itu tuh gak bikin ceritanya flat, kalau udah overpower mah gak ada tegang tegangnya (weh tegang, apaan tuch).


Tales of Zestiria

Salah satu anime yang terdapat versi gamenya, bagi yang pengen main, kalian bisa beli di steam atau juga bisa pake versi yang *ehem*.

Menceritakan tentang tokoh utama yang bernama Sorey, ia adalah manusia yang kebetulan hidup berdampingan dengan Seraphim, atau semacam roh yang tidak terlihat oleh manusia.

Suatu ketika Sorey mengunjungi ibu kota untuk pertama kalinya, dan kebetulan disana ada sebuah pedang suci yang tertancap pada batu. Banyak orang yang telah mencoba untuk melepaskan batu itu namun gagal.
8 Rekomendasi Anime Mirip Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)
Namun entah apa yang merasuki Sorey, dia malah dengan mudahnya mencabut pedang yang tertancap pada batu itu, dan menjadikanya “Shepherd” atau julukan untuk seseorang yang akan menyelamatkan dunia dari bahaya.

Sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang mencari anime dengan genre Sword Battle atau perang dengan pedang, pada anime ini juga mengajarkan bahwa meskipun berbeda ras namun mereka tetap santuy santuy saja.


Devil Survivor 2: The Animation

Menceritakan tentang sebuah dunia yang sedang dalam ambang kehancuran, fenomena ini disebut sebagai “Penjajahan Septentrion”. Akibat dari fenomena kehancuran itu membuat banyak sekali monster yang menyerang umat manusia.

Nah untuk melawan monster – monster itu, orang – orang yang terpilih atau yang disebut sebagai Survivor harus menjalin kontrak dengan iblis melalui sebuah aplikasi smartphone (intinya sih kalau mau manggil iblisnya harus pake hp).

Anime ini sih bisa dibilang mirip dengan Darwin’s Game, karena mengangkat cerita yang menggunakan smartphone atau hp sebagai kekuatan inti dari setiap karakter survivor.

Dan hal yang mungkin kalian suka adalah tokoh utama dalam anime Devil Survivor ini ya sekiranya agak overpower lah, karena telah mendapatkan sebuah monster iblis yang sekiranya Rare atau Langka.

Overpower oh overpower…

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai rekomendasi anime yang mirip dengan Sword Art Online atau yang menceritakan tentang game, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel