Apa Itu Kouhai, Senpai, Sensei, Shisho, dan Aruji - Bahasa Jepang

Pengertian kata Kouhai, Senpai, Sensei, Shisho, dan Aruji menurut Kamus Bahasa Jepang dan bagaimana cara penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Kouhai, Senpai, Sensei, Shisho, dan Aruji dalam Bahasa Jepang

Selamat datang disekolah wibu, disini kita akan belajar sesuatu hal yang berbau tentang Jepang terutama suatu hal yang berhubungan dengan anime.

Sering kali ketika nonton sebuah anime atau dorama Jepang yang berlatar tempat di sekolahan terdapat sebuah percakapan yang melibatkan kata Senpai, Sensei dan Kouhai.
Banyak juga orang yang beranggapan bahwa arti kata sensei itu adalah panggilan untuk guru yang mengajar disuatu sekolahan, namun apakah benar seperti itu?

Apakah benar kata sensei digunakan untuk memanggil guru disekolahan? Lalu kenapa ada seorang dokter yang dipanggil sensei juga? Hmmmm.

Dikesempatan sebelumnya saya sudah membahas tentang arti akhiran kata chan, kun, san, sama dan dono.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang arti atau makna dari kata Kouhai, Senpai, Sensei, Sisho dan juga Aruji dalam Bahasa Jepang berserta bagaimana cara untuk menggunakanya.


Pengertian Kouhai

Kōhai (後輩) adalah sebutan untuk seorang junior atau seseorang yang berada satu tingkat dibawah.

Jika kata Kouhai diaplikasikan pada sekolahan maka memiliki sebuah arti yakni adik kelas, jika diaplikasikan pada suatu pekerjaan mungkin ditunjukan untuk seorang pegawai yang baru saja masuk diperusahaan tersebut.

Namun sejatinya kata Kouhai ditunjukan untuk seseorang yang baru saja masuk dan masih belum berpengalaman pada suatu bidang, baik itu dalam sebuah organisasi, klub, pekerjaan atau sesuatu hal yang menggunakan sistem anggota.

Contoh kasus: Saat ini kalian menduduki bangku kelas 2 SMA, maka semua orang yang berada dibangku kelas 1 secara otomatis itu adalah adik kelas atau kohai kalian. Kenapa bisa seperti itu?

Karena kalian berada satu tingkat diatas dari mereka, atau mereka berada satu tingkat dibawah dari kalian.


Pengertian Senpai

Senpai (先輩) adalah sebutan untuk seorang senior atau seseorang yang berada satu tingkat diatas.

Kebalikan dari Kouhai yakni kata Senpai jika diaplikasikan pada sekolahan maka memiliki arti kakak kelas. Kata senpai digunakan untuk seseorang yang sudah berpengalaman pada suatu bidang.

Kata Senpai juga berlaku untuk seseorang yang lebih dahulu masuk kedalam sebuah organisasi/klub/pekerjaan.
Ingin Pergi ke Isekai? Kenali Dulu Apa itu Isekai
Contoh kasus: Kalian memiliki teman bernama Rendy yang kebetulan masuk kedalam sebuah klub sepak bola, karena kamu suka dengan bola maka memutuskan untuk bergabung kedalam klub sepak bola yang dimana ada Rendy sebagai anggotanya.

Dikarenakan Rendy sudah masuk lebih dahulu dari kalian maka berdasarkan kondisi yang ada Rendy ini adalah Senpai kalian, karena Rendy jauh lebih berpengalaman diklub tersebut sementara kalian baru saja bergabung diklub sepak bola itu.


Pengertian Sensei

Sensei (先生) adalah sebutan untuk seseorang yang dihormati karena profesinya.

Banyak orang yang mengartikan bahwa Sensei ini adalah sebutan untuk seorang guru disekolahan, tidak salah namun tidak sepenuhnya benar.

Karena kata Sensei ini digunakan untuk seseorang yang memerlukan dan memiliki pengetahuan khusus dalam pekerjaanya (profesi), seperti:

  • Guru
  • Dokter
  • Pengacara
  • Musisi
  • Mangaka
  • Seniman

dan masih banyak lagi. Secara sederhana kata Sensei digunakan untuk seseorang yang ahli dalam bidangnya.

Contoh kasus: Misalnya dikasus anime Eromanga-sensei, kenapa ada seorang anak kecil yang dipanggil Sensei pada anime tersebut?

Karena dirinya memiliki keahlian dalam menggambar atau membuat manga ero, karena ahli dalam menggambar maka dirinya berhak untuk dipanggil Sensei.


Pengertian Shisho

Shishō (師匠) adalah sebutan gelar untuk seorang instruktur atau guru.

Berdasarkan riset yang saya lakukan di internet kata Shisho sering digunakan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang yang memiliki keahlian dalam seni bela diri (martial art).

Di era modern seperti saat ini mungkin kata shisho sudah jarang digunakan karna kata Shisho memiliki arti master. Pada jaman dahulu master adalah julukan untuk seorang ahli ninja/seni bela diri.

Karena jaman sekarang ninja sudah sangat jarang ditemukan makanya kata shisho ini juga semakin menurun dalam penggunaanya.

Namun ada beberapa anime yang menggambarkan bahwa di era modern kata shisho masih digunakan, seperti yang terjadi pada anime Ryuuou no Oshigoto.

Pada anime tersebut terdapat anak kecil yang memanggil gurunya dengan sebutan shisho, anak kecil tersebut memanggil gurunya dengan sebutan itu karena dirinya diajari dan diberikan instruksi secara langsung oleh gurunya dalam bermain shogi.

Jadi secara sederhana dan dapat disimpulkan bahwa sebutan kata Shisho ini ditunjukan untuk seorang intruksi atau seorang guru. Namun pada masa kini orang-orang lebih sering menggunakan kata sensei untuk memanggil seorang intruksi atau guru, bukan lagi shisho.


Pengertian Aruji

Aruji adalah sebutan untuk seseorang yang berkuasa atau sebutan lain untuk pemilik, tuan, atau pemimpin.

Sama seperti kata shisho, kata aruji jarang digunakan pada kehidupan sehari hari atau kehidupan orang biasa seperti kita ini. Karena seorang aruji biasanya memegang kendali penuh atas sebuah kekekuasaan.

Untuk penggambaran dikehidupan nyata mungkin aruji ini sama seperti kepala rumah tangga, karena kepala rumah tangga biasanya memiliki kendali penuh pada anggota keluarga yang ada, baik dalam menentukan suatu peraturan maupun hal lainya.

Tapi saya rasa penggambaran itu kurang pas. Namun jika berbicara anime kata aruji ditunjukan untuk seorang pencipta suatu entitas.
Apa itu Manga, Light Novel, Visual Novel, Galge dan Eroge?
Contoh kasus: Pada anime yang berjudul Maou Gakuin no Futekigousha, raja iblis menciptakan suatu entitas menggunakan kekuatanya, akhirnya entitas tersebut tercipta dan memiliki wujud seperti manusia tengkorak.

Karena raja iblis memiliki kendali penuh atas entitas yang tercipta, maka entitas tersebut memanggil raja iblis sebagai Aruji, karena raja iblis disini menjadi pemilik dan memiliki kendali penuh atas entitas tersebut.

Secara sederhana dapat ditarik kesimpulan bahwa:

  • Kouhai adalah panggilan untuk junior atau adik kelas.
  • Senpai adalah panggilan untuk senior atau kakak kelas.
  • Sensei adalah panggilan untuk seorang yang dihormati karena profesinya.
  • Shisho adalah panggilan untuk instruktur atau seorang guru.
  • Aruji adalah panggilan untuk seseorang yang berkuasa atau pemimpin.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai apa itu kouhai, senpai, sensei, shisho, dan aruji menurut kamus Bahasa Jepang. Sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga