-->

Apa Itu Prolog, Monolog, Dialog dan Epilog Pada Cerita

Ketika membaca cerita pada light novel terdapat sebuah istilah seperti Prolog, Epilog, Dialog, Monolog, lalu apa pengertian dari istilah tersebut?

Pengertian Prolog, Monolog, Dialog, Epilog Pada Karya Sastra

Pada kehidupan ini dimana ada pertemuan pasti akan ada sebuah perpisahan, semua cerita baik dalam novel, anime, maupun manga dimana ada awal disitu akan ada akhir.

Namun karena sebuah istilah ‘awal dan akhir’ terkesan monoton dan biasa saja, maka istilah tersebut diubah menjadi Prolog yang berarti awal atau pengenalan dan Epilog yang berarti akhir atau penutup pada sebuah cerita.

Daftar isi

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian prolog, monolog, dialog, dan epilog pada sebuah cerita maupun drama.

 

Prolog

Pengertian Prolog adalah bagian pembuka/pendahuluan atau awalan dari sebuah cerita.

Fungsi dari pendahuluan (Prolog) untuk menjelaskan kepada penonton tentang situasi atau latar cerita dengan tujuan agar para penonton menyiapkan pikiran dan mendapatkan gambaran tentang cerita yang akan disampaikan.

Baca juga: Apa Itu Sequel, Prequel, Remake, Reboot dan Spinoff

Biasanya beberapa bagian pada prolog ini sudah disampaikan pada sinopsis baik itu pada novel, anime hingga film.

Contoh Prolog:

2000 tahun yang lalu di era mitologi, ada seseorang yang memusnahkan kerajaan manusia, membakar seluruh hutan menjadi debu dan bahkan hingga membunuh para dewa. Dia adalah soksok yang paling ditakuti sebagai Raja Iblis, dia bernama Anos Voldigoad.

2000 tahun berlalu semenjak Raja Iblis menghilang, tahun ini merupakan tahun dimana Raja Iblis akan bangkit kembali, diantara orang yang lahir ditahun ini, kemungkinan merupakan reinkarnasi dari Raja Iblis.

Dari prolog diatas sebagai penonton kita sudah mendapatkan gambaran mengenai ceritanya akan seperti apa, karena ada Raja Iblis pasti cerita yang disajikan tidak jauh-jauh dari unsur dunia fantasi dan kekuatan sihir. 


Monolog

Pengertian Monolog adalah percakapan yang dilakukan oleh satu orang, atau biasa disebut sebagai suara hati (berbicara kepada diri sendiri).

Monolog digunakan untuk menggambarkan perasaan, keinginan, atau menyampaikan hal yang dirasakan oleh suatu tokoh kepada penonton.

Contoh Monolog:

Guru: “Sekarang kumpulkan tugas yang ibu berikan kemarin.”

*Ahh.. astagah, aku lupa kemarin ibu guru memberikan tugas*

*Apakah aku harus mengaku belum mengerjakan tugas ataukah bilang bahwa bukuku tertinggal dirumah?*

*Terus nanti kalau bu guru menyuruhku untuk mengambil buku dirumah gimana dong?*

*Aku takut dibilang anak tidak tertib, tapi kalau aku bilang yang sebenarnya bu guru mungkin akan sangat marah*

*Ahh bodo amat lah*

Murid: “Mohon maaf bu, saya meminta ijin pergi ke UKS karena merasa tidak enak badan.”

Guru: “Oh baik nak, silahkan!”

*Lega rasanya bisa menghindari ibu guru*

Guru: “Tapi tugasnya kumpulin dulu ya nak!”

*Perasaanku campur aduk ketika ibu guru menyuruhku untuk mengumpulkan tugas yang belum aku kerjakan–.*

Tulisan yang diberi tanda * (bintang) adalah contoh monolog atau percakapan seorang tokoh kepada dirinya sendiri.


Dialog

Pengertian Dialog adalah percakapan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Fungsi dari dialog adalah menyampaikan penggambaran latar (kejadian) hingga jalan cerita melalui sebuah percakapan atar tokoh.

Baca juga: Apa itu Genre NTR atau Nikung Tanpa Rem Pada Anime

Selain dapat menjelaskan jalan cerita, dialog juga berfungsi untuk memperlihatkan karakter atau sifat dari masing-masing tokoh melalui sebuah percakapan.

Contoh Dialog:

A: “Eh bro, nafaskuda itu situs apa?”

B: “Nafaskuda itu sebuah situs atau lebih tepatnya sebuah blog sih, yang dimana dalam blognya terdapat konten yang membahas tentang segala sesuatu hal yang berbau tentang jepang, terutama sesuatu hal yang berbau tentang anime”.

Itu adalah contoh dialog atau percakapan antara karakter a dengan b yang membahas mengenai apa itu nafaskuda, dan dari dialog tersebut sebagai penonton atau pendengar kita mengetahui bahwa nafaskuda adalah blog yang membahas tentang anime dan sebangsanya.


Epilog

Pengertian Epilog adalah penutup atau bagian akhir dalam sebuah cerita maupun drama. Fungsi dari Epilog adalah menyampaikan kesimpulan atau inti dari sebuah cerita.

Pada film televisi yang berjudul ‘Azab’ atau sebuah film yang ditunjukan untuk edukasi, bagian epilog sering digunakan untuk menyampaikan pesan moral kepada penonton.

Contoh Epilog:

Pertempuran yang berlangsung 2000 tahun lamanya akhirnya berakhir, kini ras manusia bisa hidup berdampingan dengan ras iblis tanpa ada perselisihan, kedua ras bisa menerima kekurangan dan kelebihan dari masing-masing ras, kini kedua ras bisa hidup damai untuk hari esok, esok dan seterusnya.

Epilog diatas adalah contoh akhir cerita/penutup pada anime Maougakuin no Futekigousha.


Kesimpulan

Berdasarkan ringkasan yang telah dibuat maka semua istilah tersebut dapat disederhanakan menjadi;

Prolog adalah pembukaan sebuah cerita.

Monolog adalah percakapan antara satu orang (suara hati).

Dialog adalah percakapan antara dua orang atau lebih.

Epilog adalah penutup atau bagian akhir dalam cerita.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai apa itu prolog, monolog, dialog dan epilog, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel