-->

Apakah Anime dan Kartun Itu Sama?

Sering terjadi perdebatan masalah perbedaan anime dan kartun antara orang normies dan juga kaum wibu, lalu apakah benar kartun dan anime itu sama?

Apakah Anime dan Kartun Itu Sama?

Dari jaman batu hingga jaman beton permasalahan antara anime dan kartun masih belum terselesaikan, ada yang bilang anime itu bukan kartun, ada juga yang bilang bahwa anime dan kartun itu sama aja.

Jika hanya sekedar adu argumen saja tidak masalah, namun terkadang terdapat seorang normies atau wibu elistis yang tidak terima yang dimana pada akhirnya mereka berdua melakukan baku hantam.
Untuk mencegah akan hal itu mari kita cari tahu satu persatu akan pengertian dari anime dan juga kartun supaya bisa mendapatkan jawaban apakah mereka berdua ini sama saja atau berbeda.



Dikesempatan sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Perbedaan Otaku, Wibu, Nolep, dan Anilovers, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara anime dengan kartun.


Pengertian Anime

Anime (アニメ) adalah sebutan untuk animasi buatan atau yang berasal dari Negara Jepang. Anime sendiri merupakan singkatan dari kata “Animation” dalam Bahasa Inggris yang berarti animasi.

Karena dibuat Di Negara Jepang tentu latar cerita yang digunakan kebanyakan mengambil dari Negara Jepang seperti bahasa yang digunakan, budaya, maupun kejadian lain yang terjadi dilingkungan sekitarnya.

Contoh Anime Populer:

  1. Koe no Katachi
  2. Kimi no Na wa
  3. Fullmetal Alchemist: Brotherhood
  4. Steins;Gate

Source: Myanimelist


Pengertian Kartun

Kartun adalah sebuah istilah untuk menyebut sebuah gambar lucu bisa juga digunakan untuk sebutan animasi di luar Negara Jepang.

Baca juga: Ingin Pergi ke Isekai? Kenali Dulu Apa itu Isekai

Istilah kartun ini sering digunakan dan sangat populer Di Negara Amerika serikat, jadi tidak heran kenapa negara tersebut merupakan pembuat kartun terbanyak pada masanya.

Contoh Kartun Populer:

  1. The Lion King
  2. The Simpsons Movie
  3. Finding Nemo
  4. Toy Story

Source: Cosmopolitan


Perbedaan Anime dan Kartun

Dalam segi pembuatanya mungkin tidak terdapat perbedaan antara kartun dengan anime, karena keduanya sama-sama dibuat dari sekumpulan gambar yang dibuat secara manual maupun menggunakan teknologi komputer.

Namun perbedaan yang mencolok antara anime dan kartun mungkin terletak pada:

  1. Kebanyakan kartun menggunakan karakter hewan maupun karakter lucu lainya, karena memiliki karakter lucu mungkin kartun ini sering ditargetkan sebagai tontonan anak-anak.
  2. Istilah kartun sering digunakan dan sangat populer Di Negara Amerika Serikat, sedangkan anime merupakan sebutan untuk animasi buatan Negara Jepang.
  3. In my opinion, genre pada anime lebih kompleks daripada kartun, karena ya tujuan dibuatnya kartun yakni untuk menghibur para penonton (meskipun ada juga kartun yang bisa bikin nangis).
  4. Kartun sering kali mengambil latar tempat dan juga latar cerita Di Negara Amerika serikat dan sekitarnya, sedangkan anime kebanyakan berlatar tempat Di Negara Jepang (sesuai dengan pembuatnya).

Karena saya sendiri sangat jarang nonton kartun atau animasi buatan Negara Amerika Serikat jadi saya kurang tahu detail perbedaanya terletak dimana, namun ya poin poin yang saya sebutkan tadi sudah mencangkup beberapa perbedaanya.


Kesimpulan

Jika secara arti atau pengertian anime dan kartun itu sama saja (sama-sama sebuah animasi). Mungkin perbedaan yang sangat signifikan terletak pada target penontonya.

Karena kartun mayoritas menggunakan sebuah karakter yang lucu mungkin ditargetkan sebagai tontonan anak-anak atau tontonan keluarga, sedangkan anime ini lebih condong untuk tontonan anak remaja (ya meskipun ada anime khusus anak-anak sih).

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai perbedaan kartun dan anime, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel