-->

Cara Transfer Uang Antar Bank Gratis (Beda Bank)

Transfer uang ke beda bank kini tidak dikenakan biaya admin (Rp.6,500) dengan menggunakan bantuan aplikasi perantara bernama Flip (hampir semua bank).

Cara Transfer Beda Bank Gratis

Flip adalah aplikasi perantara yang dapat digunakan untuk mengirimkan uang dari bank ke bank tanpa dikenakan biaya transfer, hingga artikel ini dibuat Flip mendukung bank BNI, BRI, Mandiri BCA, Cimb Niaga, Jenius, BTPN, Permata Bank, dan Digibank.

Prinsip atau cara kerja hampir sama seperti rekber dimana kita sebagai pengirim harus mentransfer sejumlah uang ke Flip dan pihak Flip akan meneruskan uang tersebut ke rekening tujuan.

Tak hanya bank dalam negeri pasalnya aplikasi Flip dapat juga digunakan untuk mentrasnfer uang ke luar negeri, fitur lain seperti pembelian pulsa, token listrik, topup e-wallet juga menjadi kelebihan dari aplikasi ini.



Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman dan bagaimana cara menggunakan aplikasi flip untuk mengirim ke rekening lain tanpa biaya administrasi.


Cara Daftar Flip

Pastikan kalian sudah memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai dokumen untuk melakukan verifikasi akun. [Registrasi Flip]

Formulir pendaftaran Flip

1. Isi formulir pendaftaran sesuai dengan instruksi yang diberikan seperti pengisian nama lengkap (sesuai dengan ktp), alamat email, dan juga nomor hp.

2. Setelah pengisian selesai, beri tanda ceklist pada verifikasi I’m not robot dan tekan Daftar untuk melanjutkan proses pendaftaran.

3. Cek pesan masuk email dan lakukan aktivasi akun dengan cara menekan link/alamat url yang diberikan oleh pihak Flip.

4. Verifikasi identitas dengan cara mengirimkan foto diri, foto ktp, dan juga foto selfie sambil memegang kartu identitas.

Setelah selesai mengunggah foto (ktp, foto diri, selfie + memegang ktp) maka pihak Flip akan segera melakukan validasi akun, proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu kurang dari 1 hari kerja.

Baca juga: Cara Investasi di Sektor Pertanian Menggunakan Tanifund

Gagal melakukan verifikasi atau proses verifikasi lama? Tak perlu khawatir, karena anda bisa meminta bantuan pihak Flip dengan cara mengirimkan email ke hello@flip.id atau bisa menghubungi melalui akun Instagram resmi @flip_id


Cara Kirim Uang Beda Bank Gratis

Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi (web) atau menggunakan aplikasi Flip untuk melakukan pengiriman uang secara gratis (disini saya menggunakan versi aplikasi).

1. Buka web atau aplikasi Flip (bisa download melalui Google Play Store atau App Store).

2. Login menggunakan akun yang telah anda daftarkan.

Kirim Uang Gratis

3. Tekan tombol Kirim Uang Gratis yang terletak pada menu bar bagian bawah.

Tambah Rekening Baru


4. Pilih Tambah Rekening Baru (bisa digunakan untuk top up e-wallet juga).

Nomor rekening tujuan

5. Pilih rekening/dompet digital penerima dan masukan nomor rekening tujuan.

6. Tunggu beberapa saat nanti akan muncul nama dari penerima.

7. Pastikan kembali apakah nomor tujuan dan nama penerima sudah benar, jika sudah tekan tombol Lanjut untuk melanjutkan proses transfer.

Nominal pengiriman dana

8. Masukan nominal dana yang ingin dikirim dan tekan tombol Lanjut.

Konfirmasi Pengiriman

9. Klik pada tombol Lanjut ke Metode Pembayaran.

Metode Pembayaran

10. Pilih rekening yang anda gunakan (misalnya disini saya menggunakan Bank BTPN Jenius maka saya pilih Jenius/BTPN).

Rincian Pembayaran

11. Lakukan transfer dana ke nomor rekening pihak Flip sesuai dengan rincian transaksi yang diberikan dan pastikan bahwa nominal pengiriman harus sesuai dengan nominal yang tertera.

12. Jika anda sudah transfer uang ke rekening pihak Flip tekan tombol Saya Sudah Transfer.

Proses pengiriman dana

13. Pihak Flip akan melakukan validasi transaksi terlebih dahulu dan jika sudah tervalidasi maka dana akan diteruskan ke nomor rekening tujuan (biasanya memakan waktu kurang dari 10 menit).

Transaksi pengiriman berhasil

14. Setelah transaksi selesai (dana sudah masuk) maka pihak Flip akan memberikan notifikasi bahwa transaksi pengiriman dana telah berhasil dilakukan.

Kenapa ketika transfer uang harus mengirim nominal uang + 2 digit dibelakangnya, berarti layanan Flip tidak gratis?

2 digit nominal dibelakang nantinya akan diubah menjadi saldo Flip. Saldo ini dapat anda gunakan untuk membeli pulsa, token listrik, maupun dicairkan ke rekening anda pribadi.

Baca juga: Cara Daftar dan Buat Akun Binance Pemula + Top Up Saldo

Jadi intinya 2 digit nominal dibelakang ini hanyalah kode verifikasi dan dana tersebut nantinya akan dikembalikan kepada pengguna Flip (atau gampangnya ya gratis lah).


Apakah Flip Aman?

Flip penipuan? Tentu tidak, karena Flip (PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi) memiliki lisensi dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Lisensi Flip Bank Indonesia

Kenapa bukan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dikarenakan Flip berperan sebagai perantara transfer uang bukan berfungsi seperti bank, pasar modal, maupun e-wallet.


Kekurangan Flip

Semua fitur yang ditawarkan oleh Flip bisa dibilang sangat memuaskan akan tetapi Flip tidak cocok digunakan bagi anda yang ingin melakukan pembayaran atau pengiriman uang secara real-time, kenapa?

Baca juga: Daftar Bank Dengan Biaya Potongan Bulanan Paling Murah

Seperti yang saya bilang tadi bahwa Flip berperan sebagai perantara pengiriman uang, dan proses untuk pengiriman uang hingga artikel ini dibuat masih menggunakan metode manual.

Meskipun estimasi pengiriman dana untuk sampai ke rekening tujuan memakan waktu kurang dari 10 menit, namun tetap saja tidak cocok digunakan bagi anda yang menginginkan transaksi secara realtime.


Pengalaman Kirim Uang Dengan Flip

Saya sering menggunakan Flip untuk melakukan top up e-wallet seperti OVO dan juga GOJEK untuk histori transaksi bisa melihat gambar dibawah ini:

Pengalaman menggunakan Flip

Saya sangat merekomendasikan aplikasi ini untuk digunakan sebagai media pengiriman uang antar bank terutama untuk melakukan topup e-wallet seperti GOJEK maupun OVO.

Aplikasi ini sudah memiliki lisensi dan diawasi oleh Bank Indonesia jadi untuk masalah kemanan tidak perlu diragukan lagi tentunya.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara kirim uang beda bank secara gratis atau tidak dikenakan biaya admin, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel