Cara Mengatasi Dollar Kuning Pada Video YouTube

Dollar kuning adalah indikasi bahwa suatu video atau konten tidak cocok untuk sebagian besar pengiklan (terbatas) atau tidak menampilkan iklan.

Cara mengatasi dollar kuning pada video

Banyak orang berkata bahwa faktor yang mempengaruhi munculnya icon dollar kuning pada video YouTube adalah mengandung unsur kekerasan maupun hal yang berbau dewasa lainya.

Pernyataan itu memang benar, namun tidak sepenuhnya benar karena pada kenyataanya terdapat konten yang mengandung unsur kekerasan namun masih bisa mendapatkan dollar hijau (dimonetisasi).

Dengan catatan bahwa kekerasan tersebut adalah hasil rekayasa seperti yang terjadi pada video game, film, anime dan hal yang berbau fiktif lainya (kejadian direkayasa atau dibuat-buat).


Kembali lagi ke pembahasan, lalu bagaimana cara mengatasi dollar kuning pada video YouTube? Apakah bisa berubah menjadi dollar hijau dan dapat menampilkan iklan kembali?

Jawabanya BISA, namun sebelum itu perlu kalian pahami dulu tentang apa itu dollar kuning beserta beberapa faktor yang menyebabkan pembatasan iklan.


Apa itu dollar kuning

Dollar kuning adalah indikasi atau tanda bahwa suatu video hanya menampilkan iklan terbatas atau bahkan tidak ada iklan yang tayang sama sekali (tidak bisa menghasilkan uang).


Kenapa video terkena dollar kuning

Penyebab video muncul simbol atau ikon dollar kuning yakni dikarenakan beberapa faktor bebeberapa diantaranya yakni;

  1. Mengandung unsur kekerasan
  2. Konten khusus dewasa
  3. Mengandung ujaran kebencian atau penipuan (hoax)
  4. Mengunggah konten milik orang lain (copyright)
  5. Terdapat kata-kata tidak sopan / badword
  6. Konten mengandung obat keras / terlarang
  7. Terdapat ajakan yang menyesatkan
  8. Kesalahan robot atau sistem YouTube

Ke-8 faktor diatas adalah penyebab utama suatu video muncul simbol dollar kuning, namun jika konten yang anda buat tidak melanggar pedoman komunitas lalu kenapa video menampilkan iklan secara terbatas?

Baca juga: Panduan Cara Optimasi SEO YouTube pada Channel Mudah!

Hal itu terjadi dikarenakan kesalahan robot YouTube dalam menentukan suatu video layak untuk pengiklan atau tidak, tapi tenang jika memang benar murni kesalahan robot anda bisa mengatasinya dengan cara dibawah ini!


Bagaimana cara mengatasi dollar kuning

Seperti yang saya bilang tadi bahwa bisa saja penyebab simbol dollar kuning yakni adalah kesalahan robot YouTube, untuk mengatasi hal itu caranya cukup mudah!

Channel youtube

1. Masuk ke YouTube Studio dan tekan menu Konten.

Konten video

2. Cari video yang terkena dollar kuning kemudian tekan tulisan Kesesuaian Iklan dilanjut dengan mengeklik tombol Minta Peninjauan.

Permintaan peninjauan manual

3. Beri tanda centang atau ceklist pada Saya mengonfirmasi bahwa video ini memenuhi Pedoman YouTube tentang konten yang cocok untuk pengiklan.

4. Tekan tulisan Minta Peninjauan agar pihak YouTube mereview video anda secara manual (ditinjau oleh manusia bukan robot).

Bagi kalian yang menggunakan aplikasi YouTube Studio pada smartphone bisa mengikuti panduan berikut ini;

YouTube Studio

1. Buka aplikasi YouTube Studio pada smartphone android atau iPhone.

2. Tekan Content pada menu bar dan pilih video anda yang terkena pembatasan iklan.

Video dollar kuning

3. Klik pada bagian dollar kuning atau pada tulisan Limited seperti gambar diatas.

Permintaan Review

4. Tekan tulisan Request Review.

Ketentuan peninjauan manual

5. Beri tanda centang pada I have double checked that my video satisfies the YouTube Advertise-Friendly Guidelines dan tekan Submit Request untuk meminta peninjauan secara manual.

Sekarang anda tinggal menuggu pegawai YouTube meninjau video anda secara manual! Bagaimana sangat mudah bukan mengatasi dollar kuning?

Lolos peninjauan manual

Jika konten yang anda buat benar-benar tidak melanggar pedoman komunitas maka nantinya akan berubah menjadi dollar hijau atau cocok untuk semua pengiklan.

Dan secara otomatis anda akan mendapatkan email yang terdapat sebuah pesan: Kabar gembira! Setelah meninjau video Anda secara manual, kami telah memutuskan bahwa video tersebut cocok untuk semua pengiklan.


Berapa lama proses peninjauan manual

Pihak YouTube sendiri mengatakan bahwa proses review manual memakan waktu kurang lebih 7 hari, namun hal ini berlaku jika proses antrian tidaklah padat.

Email video yang lolos review manual

Berdasarkan pengalaman pribadi waktu yang dibutuhkan untuk mengubah ikon dollar kuning menjadi hijau itu membutuhkan waktu lebih dari 7 hari bahkan ada yang memakan waktu lebih dari 14 hari.

Saya juga tidak tahu faktor yang menentukan cepat atau lambatnya proses peninjauan, apakah semakin banyak total views maka akan diproses dengan cepat? Ataukah semakin banyak atau pendek durasi juga berpengaruh? Masih menjadi misteri.

Tapi yang jelas jika anda yakin bahwa video tidak melanggar pedoman komunitas maka tinggal sabar saja dan secara otomatis video anda akan berubah menjadi dollar hijau.


Dampak negatif jika video terkena dollar kuning

Dampak negatif yang paling ditakuti ketika konten terkena dollar kuning yakni suatu video akan menampilkan iklan secara terbatas atau nyaris tidak menampilkan iklan.

Dan tentunya jika tidak ada iklan yang tampil maka secara otomatis anda juga tidak akan mendapatkan penghasilan dari video tersebut!

Bagi anda yang sudah lolos dalam akurasi rating mandiri mungkin dampak negatifnya jika terlalu banyak video yang terkena dollar kuning maka pihak YouTube akan mencabut akurasi rating mandiri pada channel anda.


Dampak positif setelah berhasil ditinjau manual

Setelah membahas tentang dampak negatif simbol dollar kuning mari kita juga bahas dampak positifnya!

Hal yang paling saya suka ketika video telah berhasil ditinjau secara manual dan berhasil berubah menjadi dollar hijau yakni di masa depan atau diwaktu mendatang video tersebut nyaris tidak akan terkena dollar kuning lagi.

Kenapa kok bisa seperti itu? Karena pihak YouTube sudah pernah meninjaunya secara manual maka hampir mustahil jika video tersebut akan terkena dollar kuning lagi.

Baca juga: Cara Menambah Subcriber YouTube Melalui Aplikasi dan Website

Terkecuali jika ada perubahan pedoman komunitas atau pesyaratan iklan dimasa mendatang atau terdapat regulasi penayangan konten dari pemerintah setempat atau suatu negara.

Hal lain yang menjadi dampak positif yakni anda bisa mendapatkan kembali sertifikasi iklan mandiri atau pemberian akurasi rating pada suatu video.

Sehingga ketika anda mengunggah video di YouTube maka secara otomatis konten tersebut akan menampilkan dollar hijau atau dengan kata lain video anda dapat menghasilkan uang.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi dollar kuning pada video YouTube, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan