Cara Mengatasi Top Up DANA Tidak Masuk Padahal Saldo Terpotong

Sedang mengalami masalah top up? Tenang, berikut solusi mengatasi saldo DANA tidak bertambah setelah melakukan pengisian padahal uang sudah berkurang.

Saldo DANA Tidak Masuk Padahal Saldo Terpotong

Beberapa waktu lalu saya melakukan top up dompet digital DANA melalui kartu debit bank Jago dan mengalami sebuah kendala dimana saldo pada kartu debit sudah terpotong namun saldo pada DANA tidak bertambah.

Sebelumnya saya selalu menggunakan kartu debit untuk melakukan pengisian saldo dan transaksi dapat berjalan dengan lancar, namun belum lama ini untuk pertama kalinya proses top up yang saya lakukan mengalami kendala.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penyebab DANA tidak bertambah padahal saldo pada ATM sudah berkurang atau terpotong.


Cara Mengatasi Saldo Dana Tidak Masuk

Tidak perlu khawatir dan overthinking apakah saldo DANA akan kembali atau tidak, dari banyaknya kasus saldo tidak masuk pastinya uang tersebut akan direfund atau dikembalikan oleh pihak bank maupun dana.

Namun untuk mempercepat proses refund atau pengembalian kalian bisa menghubungi pihak DANA melalui email: help@dana.id

Costumer Service DANA

Untuk isi dan email tersebut anda bisa menggunakan template dibawah ini;

—– batas —–

Subjek Email: Permasalahan Top Up Tidak Masuk

Selamat malam kak, saya mengalami kendala dimana uang berkurang tapi saldo belum masuk, berikut adalah rincian transaksinya.;

1. Nomor telepon yang terdaftar di DANA: 089533xxxx (isi nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi dana)

2. Nama customer: Wega Shindy Fiswara (isi nama anda)

3. Detail kendala customer: Saldo debit card sudah terpotong tapi saldo dana belum masuk (sesuaikan dengan masalah yang anda alami)

4. Total nominal top up: Rp.2.000.000 (tulis berdasarkan nominal pengisian)

5. Tanggal/jam Top up: (isi berdasarkan tanggal dan jam transaksi bermasalah)

6. Nomor bank: (disini saya menyertakan nomor kartu debit diikuti dengan nomor rekening bank Jago)

7. Nama pemilik rekening: Wega Shindy Fiswara (isi nama anda)

8. Bank Penerbit: Bank Jago (sesuaikan dengan nama bank)

9. Kantor cabang penerbit: (isi dengan alamat kantor bank dimana kartu anda diterbitkan)

10. Bukti ransaksi lengkap: (lampirkan screenshot transaksi atau mutasi rekening)

Terimakasih

—– batas —–

Tunggu beberapa jam maka pihak DANA akan mengirimkan sebuah instruksi khusus kepada email anda dan ikuti semua instruksi yang diberikan.

DANA Care

Setelah semua data yang dikirimkan lengkap maka pihak DANA akan memberikan informasi mengenai transaksi anda yang bermasalah (estimasi 1 hari kerja).

Dari email diatas pihak DANA menyampaikan bahwa aktivitas top up dana yang saya lakukan sedang dalam proses, biasanya disini akan terdapat 2 kemungkinan.

Baca juga: Cara Mengubah Pulsa ke DANA, LinkAja, dan ATM Jenius Terbaru

Pertama pihak DANA akan menambahkan saldo ke dalam akun anda, dan kemungkinan kedua pihak DANA akan mengembalikan uang itu ke dalam rekening anda.

Jujur, saya orangnya butuh sebuah kepastian, sembari menunggu pihak DANA membalas saya juga mengirimkan sebuah email ke pihak bank atau lebih tepatnya ke Bank Jago.

Customer Service Bank Jago

Sama seperti email yang kirimkan ke pihak DANA, saya juga mengirim email ke pihak bank Jago mengenai permasalahan dalam transaksi.

Pusat Penyelesaian Bank Jago

Tidak disangka bahwa pihak bank juga telah membantu dalam proses pengembalian dana, pada email tersebut dijelaskan bahwa proses refund akan dilakukan maksimal 2 hari kerja.

Refund atau Pengembalian Saldo DANA

Setelah menunggu selama 1 hari akhirnya uang yang telah saya gunakan untuk top up DANA telah dikembalikan pada kartu debit, terimakasih bank Jago karena telah membantu masalah yang saya alami <3


Tips Agar Saldo Top Up DANA Bertambah

Waktu Terbaik Untuk Melakukan Top Up

Ternyata terdapat waktu ideal dalam melakukan pengisian saldo untuk meminimalisir pemasalahan transaksi, gunakan jam santai seperti jam 8 pagi hingga 10 siang atau jam 4 sore hingga jam 9 malam.

Baca juga: Solusi Saldo OVO dan GOPAY Tidak Masuk Setelah Transfer!

Hindari jam-jam sibuk seperti jam 11 siang hingga jam 3 sore dan juga hindari jam malam seperti jam 10 malam hingga jam 3 pagi, kenapa? Karena biasanya pada jam tersebut pihak DANA dan juga Bank sedang melakukan rekapitulasi.

Menghubungi Pihak DANA dan Bank Jika Terjadi Masalah

Jangan pernah takut atau malas untuk menghubungi customer service jika anda sedang mengalami masalah, biasanya pihak terkait akan membantu dalam menyelesaikan kendala yang anda alami.

(tapi ya diperlukan kesabaran yang ekstra)

Muat Ulang Aplikasi DANA

Cek secara berkala atau muat ulang/refresh aplikasi DANA karena biasanya saldo tidak bertambah karena aplikasi lag atau masih belum diperbaharui.

Jika perlu anda bisa menghampus cache dan data pada aplikasi DANA agar file sampah tidak menumpuk.


Alasan dan Penyebab Saldo Dana Tidak Masuk


Sistem DANA Sedang Perbaikan

Kebanyakan transaksi bermasalah disebabkan oleh sistem yang sedang berpaikan atau sedang mengalami error, kejadian ini bisa saja diakibatkan oleh pemperbaharuan sistem, perbaikan, peningkatan layanan, dan lain sebagainya.


Bank atau Agen Top Up Sedang Bermasalah

Selain sistem aplikasi DANA yang bermasalah bisa saja sistem pihak ke-3 atau agen top up lah yang mengalami permasalahan sistem.


Salah Pengisian Nomor

Jika saldo tidak kunjung bertambah meski sudah dibantu oleh tim dana maupun agen terkait bisa saja bahwa nomor yang anda masukan salah, sebelum melakukan pengisian pastikan kembali bahwa nomor yang anda masukan sesuai dengan nomor yang terdaftar pada aplikasi dompet digital.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mengatasi saldo DANA tidak masuk ketika melakukan top up melalui atm maupun kartu debit, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan