-->

Jadwal FYP Tiktok Agar Mendapatkan View dan Like Banyak

FYP atau For You Page adalah fitur rekomendasi dari Tiktok untuk penggunanya, jika video fyp maka secara otomatis akan mendapatkan view like banyak.

Jadwal Upload Konten Tiktok Agar FYP

Terdapat berbagai macam cara untuk masuk ke dalam fyp pengguna salah satu halnya yakni mengikuti atau membahas sesuatu hal yang lagi viral atau trending (ikut-ikutan).

Namun terkadang cara yang telah tersebar di internet tidak berbading lurus dengan hasil yang didapatkan, pasalnya meskipun sudah mengikuti cara A hingga Z konten yang telah diupload ke Tiktok tidak kunjung mendapatkan view banyak apalagi Like.

Hal itu memang benar, karena dari waktu ke waktu pihak Tiktok juga memperbaharui kebijakan tentang konten seperti apa yang akan fyp, tapi disini setidaknya kita akan membahas 1 dari 100 cara.


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang kapan waktu atau jam berapa yang tepat untuk melakukan posting ke dalam Tiktok, tentunya semua ini berdasarkan pengalaman pribadi.


Jam berapa posting agar FYP

Sebenarnya tidak ada jam atau jadwal yang memastikan apakah konten akan viral atau tidak, namun kita bisa melihat perilaku pengguna jam berapakah sekiranya orang-orang melihat atau membuka aplikasi Tiktok?

Analitik Tiktok Mobile

Tentunya jawaban itu adalah sewaktu bangun tidur, jam istirahat, pulang kerja, dan juga menjelang tidur, dari data diatas kita bisa menyimpulkan;

Pagi hari (bangun tidur): 05.00-07.00 WIB
Jam istirahat: 11.00-13.00 WIB
Jam pulang: 18.00-21.00 WIB

Oke saya akan menjelaskan secara singkat kenapa waktu diatas adalah jam ideal untuk memposting konten? Tapi perlu digaris bawahi bahwa pihak Tiktok tidak menentukan jam berapa, tanggal apa, tahun kapan agar postingan fyp.

Pagi hari atau ketika bangun tidur (05.00-07.00 WIB) biasanya orang-orang tidak langsung mandi atau beraktifitas, melainkan ketika bangun tidur biasanya pengguna akan membuka hp entah itu membuka Instagram, Facebook, atau Scroll fyp tiktok.

Shorts YouTube

(hal ini juga berlaku bagi konten pendek baik itu di tiktok, short (youtube) maupun reels (instagram) intinya konten berdurasi kurang dari 3 menit)

Jam istirahat (11.00-13.00 WIB) adalah waktu yang tepat untuk merefresh otak dengan cara mencari hiburan di sosial media, biasanya untuk melepas rasa jenuh para pengguna lebih memilih untuk melihat video pendek daripada video berdurasi panjang.

Maka dari itu jam istirahat sangat cocok untuk memposting konten di sosial media baik itu Shorts, Reels, maupun Tiktok (ingat, berlaku untuk video pendek)

Jam pulang (18.00-21.00 WIB) waktu yang sangat pas untuk menghilangkan rasa letih setelah beraktifitas entah itu pulang sekolah maupun pulang kerja.

Biasanya pada waktu ini orang-orang akan berisitrahat sejenak seperti menikmati video pendek hingga berdurasi panjang.

Baca juga: Nonton Anime Dapet Uang? Begini Caranya!

Nahh kalau saya sendiri lebih suka untuk memposting pada jam istirahat sekitar jam 11.00 WIB dan tengah malam 23.00 WIB agar supaya konten dapat dinikmati ketika orang-orang bangun tidur.

Yep, kalian gak salah liat dan saya juga gak salah ketik, biasanya ketika kita memposting konten pada jam 23.00 WIB maka video tersebut akan dilihat pengguna pada pagi hari.


Cara upload agar konten dan video tiktok fyp

Beberapa langkah yang harus Anda perhatikan yakni terletak pada deskripsi dan juga hashtag, tentu kualitas atau isi konten lah yang paling berpengaruh.

Aplikasi Tiktok

1. Buka aplikasi Tiktok dan tekan tombol + yang terletak pada menu bar bagian bawah.

Unggah Video

2. Sesuaikan durasi video jika Anda ingin merekamnya langsung atau bisa juga mengupload video yang telah diedit dengan cara menekan tulisan Upload pada bagian kanan.

Pemilihan Foto dan Video

3. Pilih video atau konten yang ingin Anda upload.

Penyesuaian Video

4. Hias dan sesuaikan video dengan fitur editor yang disediakan oleh Tiktok, tekan Next untuk melanjutkan.

Membuat Thumbnail Tiktok

Sebenarnya langkah ke-5 hingga 7 bersifat opsional, tapi bagi kalian yang ingin profile terlihat rapi bisa mengikuti langkah ini.

5. Tekan tulisan Select Cover untuk menentukan thumbnail yang akan ditampilkan ketika pengguna lain melihat profile Anda.

Pemilihan Scene

6. Pilih bagian mana yang ingin Anda jadikan sebagai thumbnail dan usahakan pilih momen atau gambar yang sekiranya menarik.

7. Tambahkan Text atau Tulisan dengan menggunakan fitur yang telah disediakan pada bagian bawah, jika sudah tekan tombol Save yang terletak pada bagian pojok kanan atas.

Teknik SEO Deskripsi dan Hashtag Tiktok

Catatan: Selain isi konten langkah ke-8 ini sangat krusial atau berdampak bagi video yang akan Anda upload jadi alangkah baiknya untuk melakukanya secara hati-hati.

8. Deskripsikan secara singkat mengenai video yang sedang Anda bahas misalnya saja pada gambar diatas saya sedang membuat konten tentang anime Chainsaw Man yang membahas mengenai jenis-jenis iblis.

Maka pada kolom deskripsi biasanya saya menuliskan

Berikut ini adalah jenis-jenis iblis yang ada di anime chainsaw man” atau bisa juga “Tahukah kamu jenis iblis Fiend pada anime Chainsaw Man”.

9. Dilanjut dengan mencantumkan hashtag sesuai dengan inti pembahasan, contoh sederhananya jika saya membahas tentang anime Chainsaw Man maka tinggal masukan #chainsawman (usahakan pilih hashtag yang memiliki banyak view).

Anda juga bisa menambahkan hashtag terkait seperti #pochita (nama iblis utama) atau #makima (karakter paling cantik di anime Chainsaw Man) atau #pembahasananime (karena membahas tentang anime).

Baca juga: Panduan Cara Optimasi SEO YouTube pada Channel Mudah!

Saat ini saya jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan hashtag #fyp karena berdasarkan pengalaman sebelumnya bahwa hashtag tersebut tidak terlalu berpengaruh.

Karena bagaimana pun isi konten lah yang paling berpengaruh sedangkan jadwal upload, deskripsi, dan thumbnail itu hanyalah nilai plus saja.

Playlist Tiktok

10. Jika memiliki Playlist anda juga bisa sekalian untuk memasukan konten tersebut ke dalam sebuah daftar putar, tujuanya bisa konten terkait dapat terstruktur secara rapi (memudahkan penonton untuk melihat konten yang serupa).

11. Jika dirasa semuanya sudah benar maka tinggal menekan tombol Post untuk memposting konten anda ke dalam Tiktok.

Share dan Like Video

Jangan lupa juga dimenit-menit awal Anda harus membagikan/share video dengan cara menekan tanda panah pada bagian video.


Tips membuat konten Tiktok biar viral

Terdapat satu tips ampuh agar konten Tiktok fyp atau viral seperti selebtiktok lainya yakni mengikuti trending atau hal yang berbau viral.

Tidak harus konten prank yang penting apa yang sedang menjadi topik pembicaraan akhir-akhir ini, misalnya saja pada dunia anime per tanggal artikel ini dibuat anime Chainsaw Man sedang dalam masa hype.

Maka dari itu kalian bisa membuat konten seputar anime atau manga dari Chainsaw Man.

Analitik Tiktok Desktop

Anime adalah animasi buatan Negara Jepang yang bisa dibilang sangat melekat dikalangan masyarakat Indonesia maka dari itu Anda juga bisa membuat konten tentang anime.

Kebetulan akun Tiktok saya membahas tentang segala sesuatu hal yang berbau tentang Jepang salah satunya adalah anime, gambar diatas merupakan trafik atau view yang saya dapatkan ketika memposting konten anime.

Konsisten Membuat Konten

Tips agar akun Tiktok mendapatkan banyak view dan like yakni konsisten dalam mengupload sebuah konten, karena kebetulan saya aktif di YouTube maka saya tinggal reupload konten yang ada di YT ke dalam Tiktok.

Tidak perlu banyak banyak minimal 1 hari posting 1 konten atau bisa juga 1 minggu posting 1x.

Konten FYP Tiktok

Gambar diatas merupakan hasil dari konsisten melakukan upload 1 hari 1 postingan, meskipun sebagian besar konten yang banyak view itu agak astagah hehehe~

Berkat konsistensi maka perlahan-lahan akun Tiktok akan mengalami peningkatan baik dalam segi view, like, dan juga follower.

Wibucinema

Bagi kalian yang lagi gabut atau pengen liat perjalan saya dalam melakukan reupload konten YouTube ke Tiktok bisa follow akun @wibucinema atau bisa cari sesuai gambar diatas.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai jadwal fyp tiktok agar video mendapatkan view dan like yang banyak, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel