Nonton Anime Kizumonogatari Bahasa Indonesia [Review]

Sinopsis Anime Kizumonogatari – Araragi, Koyomi adalah seorang ansos atau anti-sosial (wibu nolep) hingga pada suatu hari dirinya tergigit oleh vampir legendaris membuat tubuhnya menjadi kuat dan abadi karena terus beregenerasi.

Kizumonogatari Sub Indo

Pada suatu hari ketika pertama kali masuk ke sekolah, Koyomi melihat seorang wanita cantik bernama Hanekawa, Tsubasa kebetulan wanita ini juga satu sekolah dengan Koyomi.

Nah mengira bahwa Koyomi adalah seorang anti-sosial Hanekawa pun langsung segera menghampiri untuk mengajaknya berbicara.

Berawal dari membahas skin care, kerusuhan ditwitter, hutang negara, hingga sampailah ke topik pembahasan yang sedang hangat yakni kemunculan seorang vampir legendaris berambut pirang.

Namun keduanya sepakat bahwa kemunculan vampir hanyalah sekedar rumor yang dibuat-buat, masa ya ada vampir di jaman sekarang?

Dikala sedang asik berbincang-bincang angin pun menghempas dengan kencang memperlihatkan pantsu milik Hanekawa, tidak tahan melihat akan hal itu Koyomi langsung izin off, dan segera pergi ke toko majalah untuk mencari referensi pantsu milik Hanekawa.

Baca juga: Nonton Anime Isekai Nonbiri Nouka Bahasa Indonesia [Review]

Hingga tidak terasa hari pun menjadi malam, dikala pulang secara tiba-tiba lampu di kota pun mendadak mati, ketika melanjutkan perjalanan Koyomi melihat sesuatu hal yang mengerikan yakni terdapat tetesan darah dilantai yang sangat begitu banyak.

Melihat akan hal itu seketika mengingatkanya dengan rumor vampir legendaris yang ia bahas dengan Hanekawa tadi siang, merasa penasaran akan hal itu tanpa pikir panjang Koyomi pun langsung mengikuti tetesan darah itu.

Dan benar saja, sesampai dilorong kereta bahah bawah Koyomi melihat seorang wanita misterius yang berlumuran darah, bahkan beberapa anggota tubuhnya juga ikut hilang.

Wanita itu memperkenalkan dirinya sebagai “Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade” selaku vampir legendaris yang menjadi rumor hangat belakangan ini.

Kiss-shot terus meminta tolong kepada Koyomi untuk diberikan darahnya agar supaya dirinya bisa meregenerasi anggota tubuhnya, namun Koyomi yang qtar-qtir kepanikan langsung segera pergi dari tempat itu.

Namun dikarenakan Koyomi menganggap bahwa hidupnya sangat membosakan memutuskan untuk kembali ke tempat Kiss-shot untuk memberikan semua darahnya, Koyomi juga berjanji;

“Akan melakukan hal terbaik dikehidupan sebelumnya”

Tentu, Kiss-shot yang mendengar akan hal itu langsung terharu sembari menyedot darah milik Araragi, Koyomi~

Beberapa saat kemudian setelah itu Koyomi pun terbangun di sebuah gedung tua, mengira bahwa semua itu hanyalah mimpi tapi disebelahnya terdapat anak kecil berambut pirang sama seperti Kiss-shot tapi versi kecil.

Dikala Koyomi ingin pergi dari tempat itu, dirinya merasa ada yang aneh dengan tubuhnya, pernafasan jadi berat serta giginya berubah menjadi tajam dan begitu Koyomi terkena sinar matahari perlahan-lahan seluruh tubuhnya mulai terbakar.

“Panas oy panas”

“Yuhuu~”

Untungnya saja beberapa saat kemudian, terdapat seseorang yang melompat dari atas gedung untuk menyelamatkan dirinya, meskipun pada saat penyelamatan seseorang ini juga terbakar akibat terkena sinar matahari.

Gadis berambut pirang itu memberi tahu Koyomi untuk tidak pergi keluar ruangan ketika siang atau terkena langsung oleh sinar matahari, karena seorang vampir itu tidak boleh terkena sinar matahari.

Mendengar akan perkataan itu seketika membuat Koyomi sadar bahwa gadis beramput pirang yang berada dihadapanya yakni Kiss-shot selaku vampir legendaris.

Kiss-shot melanjutkan penjelasanya bahwa Koyomi sekarang punya kekuatan overpower dan dapat hidup abadi karena tubuhnya terus beregenerasi.

Alasan kenapa Kiss-shot berubah menjadi kecil yakni darah milik Koyomi tidak cukup untuk mengembalikan tubuh atau kekuatan sejati dari Kiss-shot.

Dan daripada kalau darahnya disedot habis hasilnya sama saja, maka Kiss-shot memutuskan untuk menyedot darah sedikit saja agar mereka berdua bisa sama-sama hidup.

Jikalau saja Koyomi ingin diubah menjadi manusia biasa maka Koyomi harus mengambil bagian tubuh yang hilang milik Kiss-shot.

Meskipun Kiss-shot dijuluki sebagai vampir legendaris berkat kekuatanya diluar nalar, namun dirinya berhasil dikalahkan akibat melawan 3 pemburu vampir terkuat yang ada di dunia.

Masing-masing pemburu telah membawa bagian tubuh milik Kiss-shot seperti tangan, dan kaki, maka untuk mengembalikan kekuatan sejatinya Kiss-shot perlu mendapatkan bagian tubuhnya yang hilang agar supaya Kiss-shot bisa mengubah Koyomi menjadi manusia biasa.

Sama seperti kata pepatah yakni: “Ora Gelud Ora Smile”

Koyomi pun langsung datang untuk baku hantam dengan 3 pemburu vampir lainya.

Pada awalnya sih Koyomi ingin berbicara santai dengan mereka (mengingat pemburu vampir hanya memburu vampir bukan memburu manusia).

Namun Koyomi lupa kalau dirinya saat ini adalah seorang vampir sedangkan lawan bicaranya itu adalah pemburu vampir, tepat ketika 3 pemburu vampir menyerang Koyomi secara tiba-tiba terdapat seseorang misterius yang mampu menghentikan serangan brutal dari mereka bertiga.

Seseorang misterius ini memperkenalkan diri sebagai om-om numpang lewat bernama Oshio, pria ini juga menawarkan dirinya sebagai mediator antara pemburu vampir dengan Koyomi.

Jikalau saja Koyomi mau membayar 2 miliar yen maka Oshio akan memberikan cara untuk mengalahkan para pemburu vampir, serta melindungi Kiss-shot jikalau saja pemburu vampir menemukanya.

Meski gak tau cari uang 2 miliarnya gimana, tapi mereka mereka berdua menerima tawaran dari Oshio, sebelum baku hantam dimulai Koyomi membeli majalah tentang ilmu bela diri.

Dikala mempelajari buku itu pada malam hari terlihat wanita cantik yang datang untuk mengampiri Koyomi, yep dia adalah Hanekawa, Tsubasa selaku teman satu sekolahanya.

Melihat tubuh Hanekawa seketika mengingatkan perjalananya dalam menjadi vampir, karena ya secara tidak langsung, Hanekawa lah yang menjadi penyebab atau pemicu pertemuan antara Kiss-shot dengan Koyomi.

(bagi yang lupa ya silahkan simak pada bagian awal)

Tidak ingin melibatkan Hanekawa dalam bahaya, Koyomi pun langsung bilang bahwa dirinya mendekati Hanekawa yakni untuk mengincar kekayaan keluarganya saja, eh gak taunya keluarga Hanekawa tidaklah begitu kaya.

Akan tetapi begitu Koyomi menghapus kontak Hanekawa dari hpnya, seketika membuat Hanekawa berlari sambil menangis, tapi setidaknya Hanekawa tidak perlu terlibat dalam masalah yang sedang Koyomi hadapi.

[“Dramaturgie”]

Pertempuran pertama yakni melawan Dramaturgie, sebenarnya Dramatuergie ini juga merupakan seorang vampir, meski begitu dirinya mendedikasikan hidupnya untuk memburu para vampir yang ada.

Sebelum baku hantam Koyomi dan Dramaturgie membuat kesepakatan, jikalau Koyomi menang maka Dramaturgie harus memberikan bagian kaki milik Kiss-shot namun jika kalah Koyomi harus menyerahkan atau memberitahu Kiss-shot berada saat ini.

Baca juga: Nonton Anime Isekai wa Smartphone Bahasa Indonesia [Review]

Begitu kesepakatan telah disepakati tanpa basi-basi lagi mereka pun baku hantam kesana kemari, bahkan hanya dengan tendangan kaki saja mampu memutuskan lengan milik Koyomi.

Namun dikarenakan dirinya adalah vampir maka Koyomi mampu meregenerasi tanganya sendiri, meskipun tidak memiliki pengalaman tempur nyatanya Koyomi tetaplah overpower dan kekuatanya diatas Dramaturgie.

Setidakya sebelum dia mengeluarkan pedang dari tanganya~

Dikarenakan pedang dari Dramaturgie sangatlah brutal dan pertempuran jarak dekat sangat berbahaya, Koyomi pun mengubah strateginya dan menyerang Dramaturgie dari jarak jauh.

Mulai dari melempar bola baseball, bola bogem, hingga menggunakan mesin gulung yang namanya aku gak tau.

Menyadari perbedaan kekuatan yang begitu jauh membuat Dramaturgi pun menyerah dan memberikan bagian kaki milik Kiss-shot.

Dramaturgi juga bilang bahwa kemampuan regenerasi milik Koyomi tidaklah normal, karena vampir pada umumnya membutuhkan waktu paling cepat 1-2 hari untuk melakukan regenerasi.

Diwaktu yang sama ketika Dramaturgie pergi, terlihat Hanekawa, Tsubasa yang melihat pertarungan antara Koyomi dengan Dramaturgie dari awal.

Tidak ingin melibatkan Hanekawa dalam bahaya lagi-lagi Koyomi bersandiwara seolah-olah dirinya sangat membenci Hanekawa.

Akan tetapi setelah melihat pertempuran brutal itu membuat Hanekawa sadar bahwa Koyomi melakukan semua itu demi dirinya, maksudnya demi Hanekawa.

Mulai dari sinilah hubungan antara Hanekawa dan Koyomi jauh lebih dekat~

Setelah mendapatkan bagian kaki berkat bantuan Oshio, tanpa berlama-lama lagi Kiss-shot langsung memakan bagian tubuhnya yang hilang, seketika mengubah tubuhnya menjadi anak usia remaja.

Dikala gabut Oshio menjelaskan tentang alasan kenapa para pemburu vampir ingin memusnahkan Kiss-shot, “pake nanya?”

Maksudnya ya bisa dilihat dari kemampuan milik Koyomi, bahkan hanya sebatas ‘pelayan’ atau ‘kontrak’ saja, Koyomi mampu melakukan regenerasi instant atau sebut saja sebagai karakter overpower.

Dalam artian kekuatan dari Kiss-shot yang sebenarnya itu jauh lebih diluar nalar lagi~

Lalu kenapa Kiss-shot bisa ditumbangkan? Bukan karena solo vs squad, nyatanya penyebab besar kekalahan Kiss-shot yakni keinginanya untuk segera mati.

Namun tepat ketika dirinya dihadapkan dengan kematian Kiss-shot justru malah ketakutan dan meminta Koyomi untuk memberikan darahnya~

[“Episode”]

Pertempuran selanjutnya yakni antara Koyomi melawan salah satu pemburu vampir bernama Episode, berdasarkan penjelasan dari Kiss-shot bahwa Episode merupakan setengah vampir dan juga setengah manusia.

Akibat dirinya setengah-sentengah membuat Episode sangat dibenci oleh ras vampir, ingin melakukan balas dendam maka dirinya juga ingin memburu semua vampir yang ada.

Sama seperti Dramaturgie bahwa Episode juga memiliki kekuatan overpower dimana dirinya mampu bergerak secepat kilat serta senjatanya yang mirip dengan huruf T juga mampu mencabik-cabik tubuh milik Koyomi.

Diwaktu yang sama ketika terjadi baku hantam, secara tiba-tiba Hanekawa berteriak untuk meberitahu Koyomi bahwa kelemahan dari Episode yakni adalah “pasir”.

Karena counter alami dari cahaya yakni adalah kegelapan yang tercipta dari debu atau butiran pasir, begitu kelemahanya terbongkar meskipun Hanekawa seorang manusia dirinya langsung melemparkan senjata T ke tubuh milik Hanekawa.

Seketika langsung mencabik-cabik tubuh milik Hanekawa~

Merasa tidak terima waifunya terluka hingga sekarat, Koyomi langsung lari menuju ke lapangan yang dipenuhi dengan jutaaan ton pasir, dan benar saja begitu debu dari pasir tersebar tubuh cahaya milik Episode tidak bisa berpindah akibat terkena butiran pasir.

Tanpa basi-basi lagi sekalian untuk meluapkan amarahnya, Koyomi langsung menghajar Episode secara membaby brutal, namun disaat bersamaan muncul Oshio yang langsung menenangkan Koyomi dengan berkata;

“Jikalau Koyomi sampai membunuh Episode, maka Koyomi sudah benar-benar kehilangan sisi kemanusiaanya”

Seketika mengurungkan niat Koyomi untuk membunuh Episode.

Terlepas dari itu dikarenakan tubuh milik Hanekawa saat ini sudah terluka sangat parah, Koyomi pun meminta bantuan dan berjanji akan membayar berapun uang asalkan bisa menyelamatkan Hanekawa.

Oshio pun memberi petunjuk bahwa untuk menyembuhkan Hanekawa cukup menggunakan darah milik Koyomi selaku seseorang manusia yang memiliki kekuatan vampir untuk meregenerasi tubuh.

Begitu Koyomi meneteskan atau lebih tepatnya mengguyur Hanekawa dengan darahnya, seketika membuat Hanekawa hidup kembali.

Namun akibat dari itu disepanjang anime Monogatari Series Hanekawa akan mendapatkan anomali atau peristiwa aneh dalam kehidupanya.

Dan sama seperti sebelumnya setelah menemukan anggota tubuh membuat Kiss-shot perlahan-lahan mendapatkan wujud aslinya, udah jadi onee-san, ehemmm~

[“Guillotinecutter”]

Pertempuran terakhir yakni Koyomi akan melawan seseorang bernama Guillotinercutter.

Kiss-shot menjelaskan bahwa Guillotine hanyalah sekedar manusia biasa namun sangat ahli dalam ilmu exorsis atau apa ya? Ya semacam Rukiyah atau pengusiran setan.

Meski begitu, nyatanya Guillotine mampu merebut 2 lengan milik Kiss-shot dalam artian, Guillotine merupakan orang paling kuat diantara pemburu vampir lainya.

Tapi ya meskipun sekuat-kuatnya pemburu vampire tetap saja serangan dari mereka bertiga dapat dihentikan oleh Oshio sendirian.

Sebelum melanjutkan baku hantam Koyomi pun ketemuan dengan Hanekawa untuk menanyakan luka yang ada dibagian perut, namun begitu Koyomi ingin mengeceknya dengan cepat Hanekawa pun langsung mencegahnya.

(ya iyalah)

Selain mengecek keadaan Koyomi berkeluh kesah kepada Hanekawa, karena lawan yang akan dihadapinya yakni seorang manusia.

Loh emangnya kenapa bang messi?

Jikalau Koyomi sampai membunuh seorang manusia maka sama saja Koyomi telah kehilangan sisi kemanusiaanya dan sudah berubah menjadi seorang monster atau vampir sepenuhnya.

Hingga tak terasa waktu pertempuran pun akan segera dimulai, kabar buruk berawal dari Oshio bahwa ternyata Hanekawa telah disandra oleh Guillotine.

Berbeda dengan yang lain dimana memberikan tawaran yang adil, Guillotine hanya mau mengembalikan Hanekawa asalkan Koyomi memberitahu lokasi Kiss-shot berada saat ini.

Pada awalnya Koyomi mengankat tanganya menandakan bahwa dirinya menyerah dan akan memberitahu lokasi dimana Kiss-shot berada saat ini, namun tidak disangka-sangka tangan milik Koyomi berubah menjadi akar dan langsung merebut Hanekawa dari tangan Guillotine.

Tidak ada pilihan lain, mulai dari sini Koyomi akan membuang sisi kemanusiaanya agar supaya orang-orang disekitarnya tidak berada dalam bahaya~

Namun dengan begini Koyomi telah berhasil mendapatkan kedua lengan milik Kiss-shot yang telah dicuri.

Dikala gabut Koyomi pun kebingungan;

“Kenapa dirinya bisa menang melawan pemburu vampir profesional sedangkan Koyomi sama sekali tidak memiliki pengalaman tempur sedikit pun”

Jawabanya, tak lain dan tak bukan penyebab Koyomi menjadi overpower yakni akibat memiliki darah dari vampir legendaris bernama Kiss-shot.

Lebih mengejutkanya lagi, beberapa alasan lain kenapa Kiss-shot bisa dipojokan oleh pemburu vampir, yakni dikarenakan Oshio telah mencuri jantung milik Kiss-shot tanpa dirinya sadari.

Dari sini mulai terlihat betapa kuat dan mengerikan Oshio ini, sebagai permintaan maaf karena telah berbohong Koyomi tidak perlu membayar 2 milliar yen seperti perjanjian mereka diawal.

Baca juga: Kenapa Cid Kagenou Disebut Fadil Bayangan - Kage no Jitsuryokusha

Terlepas dari itu setelah berubah menjadi vampir kini Koyomi hampir tidak pernah merasakan lapar, mengejutkanya sebelum pergi Oshio bilang bahwa beberapa minggu lagi Koyomi dan Kiss-shot pasti akan merasakan lapar.

Setelah memakan bagian tubuh yang hilang kini Kiss-shot telah mendapatkan kekuatan sejatinya~

Sama seperti perkataan Oshio ditempo lalu bahwa Kiss-shot kini sudah mulai merasa lapar, mendengar akan hal itu dengan cepat Koyomi langsung membelikanya makanan di toserba atau toko serba ada.

Namun begitu Koyomi sampai ke gedung tua, Kiss-shot telah membunuh serta memakan Guillotine secara terang-terangan.

Tentu hal itu adalah hal yang wajar mengingat Kiss-shot adalah vampir legendaris dikenal dengan kekuatanya yang sangat mengerikan, tapi hal itu tidak berlaku bagi Koyomi.

Merasa syok akan hal itu Koyomi pun langsung lari sembari merasa bersalah, karena jikalau terdapat manusia yang mati akibat dimakan oleh Kiss-shot berarti itu adalah salahnya Koyomi.

Kenapa kok bisa seperti itu?

Karena ya secara tidak langsung Koyomi telah membangkitkan atau mengembalikan kekuatan sejati dari vampir legendaris~

Perubahan itu perlahan-lahan juga terjadi pada tubuh milik Koyomi, dimana dirinya mulai menganggap bahwa manusia itu hanyalah sekedar makanan saja.

Perasaan Koyomi sangat campur aduk bahkan hingga kena mental mengingat tidak ada orang lagi yang bisa menghentikan Kiss-shot dengan kekuatan sejatinya.

Untuk menebus dosanya disini Koyomi berencana untuk bunuh diri, ehh tapi lupa kalau Koyomi itu abadi karena bisa regenerasi.

Dikala sudah bingung dan kena mental, Hanekawa pun datang untuk menenangkanya, Hanekawa pun bilang bahwa dirinya juga tidak keberatan jikalau pada akhirnya Hanekawa akan menjadi santapan bagi Koyomi.

(mengingat perlahan-lahan Koyomi mulai melihat bahwa Manusia itu hanyalah sekedar makanan)

Dan daripada mati bunuh diri dan itu juga mustahil dilakukan alangkah baiknya Koyomi baku hantam dengan Kiss-shot biar lebih berfaedah.

Karena Hanekawa yakin bahwa Koyomi bisa menghentikan Kiss-shot saat ini~

Begitu mendengar kata-kata dari wanita pujaan hati, tanpa pikir panjang Koyomi pun langsung menemui Kiss-shot pada lapangan bola, dikira mau main bola apa~

Pada awalnya Kiss-shot menawarkan kepada Koyomi untuk hidup berdampingan damai untuk selamanya, namun tetap saja untuk dapat bertahan hidup para ras vampir harus makan daging manusia.

Demi wanita pujaan hati dan keberlangsungan hidup manusia tidak memberikan pilihan lain selain baku hantam melawan Kiss-shot selaku vampir legendaris.

Begitu Kiss-shot melancarkan serangan membuat kepala milik Koyomi langsung terlempar bagaikan bola baseball, tapi karena Koyomi memiliki kekuatan vampir overpower membuatnya dapat meregenerasi tubuhnya kembali.

Tidak ingin kalah, Koyomi juga memberikan serangan ke arah kepala Kiss-shot tapi ya hasilnya sama saja, bahwa mereka berdua sama-sama bisa meregenerasi anggota tubuhnya.

Tek-tek-tek-tek terjadi pertarungan sengit tiada henti antara Kiss-shot melawan Koyomi, diwaktu bersamaan Hanekawa ingin memberitahu sesuatu hal yang penting akan tujuan asli dari Kiss-shot melakukan semua ini.

Namun Kiss-shot yang tidak ingin rencana aslinya terbongkar langsung melancarkan serangan ke arah Hanekawa, dan untungnya saja Koyomi langsung melindunginya menggunakan tubuhnya sendiri.

Menerima serangan dasyat dari Kiss-shot seketika membuat tubuh Koyomi meledak tepat di depan Hanekawa.

Koyomi yang sadar bahwa durasi video ini sudah semakin panjang langsung menyedot darah milik Kiss-shot menggunakan kepalanya yang tersisa.

Ketika darah milik Kiss-shot sisa setengah, Hanekawa pun menjelaskan tentang tujuan Kiss-shot melakukan semua ini, meskipun Kiss-shot tidak bisa mengubah Koyomi menjadi manusia kembali namun untuk menebus dosanya Kiss-shot ingin mati terbunuh oleh seseorang yang dia sukai.

Meski ditempo lalu dirinya juga hampir mati, namun kematianya itu tergolong sangat menakutkan, berbeda dengan sekarang yakni dirinya bisa mati atau dibunuh oleh seseorang yang dia sukai.

Jauh dari lubuh hatinya sebenarnya Kiss-shot merasa bersalah karena dahulu kala telah membunuh ratusan hingga ribuan manusia setiap harinya, maka dari itu selama hidupnya dirinya mencari tempat dan cara untuk mati.

Tidak ingin membiarkan Kiss-shot mati namun disisi lain juga tidak ingin manusia mati akibat Kiss-shot, disini Koyomi pun berteriak meminta bantuan atau solusi kepada Oshio.

Koyomi sangat yakin bahwa setiap ada insiden pasti ada Oshio yang sedang mengawasi, dan benar saja tepat ketika Koyomi berteriak ternyata Oshio juga melihat pertandingan baku hantam di kursi penonton.

Oshio memberikan win-win solution, yakni Koyomi harus menghisap hampir seluruh darah milik Kiss-shot hingga ke titik paling rendah, dengan begitu maka Kiss-shot akan kehilangan hampir seluruh kekuatan sejatinya.

Namun untuk tetap bertahan hidup, Koyomi harus rutin memberikan makanan berupa darah kepada Kiss-shot minimal satu kali sehari.

Dengan meminum darah milik vampir legendaris membuat Koyomi akan kehilangan sisi kemanusiaanya, tapi disisi lain berkat kekuatan darah vampir legendaris membuatnya dapat bertahan dari pancaran sinar matahari.

(ya bisa hidup seperti manusia tapi punya kekuatan bagaikan monster lah)

Begitu mendengar terdapat cara seperti itu tanpa pikir panjang Koyomi pun langsung menghisap darah milik Kiss-shot hingga ke titik paling rendah~

Cerita berakhir ketika Koyomi datang ke sekolah dan bertemu dengan Hanekawa kembali, tapi permasalahanya tidak berakhir sampai disini saja.

Akibat Koyomi menyembuhkan Hanekawa menggunakan darah vampir legendaris membuat Hanekawa juga akan mengalami anomali atau kejadian aneh pada kehidupanya~

Anomali atau kejadian aneh tidak hanya terjadi pada Hanekawa saja, karena pada anime Monogatari Series hampir semua karakter yang ada akan mengalami sebuah anomali.

Seperti Senjougaraha selaku pacarnya dimasa depan, kedua adiknya, hingga teman adiknya yang jatuh cinta dengan Koyomi lalu berubah menjadi dewa ular.

Cerita dari anime Monogatari Series baru saja akan dimulai~

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai Nonton Anime Kizumonogatari Sub Indo, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan