Solusi Masalah Tab Monetisasi YouTube Dinonaktifkan Terbaru!

Banyak orang yang mengalami dan mencari cara untuk mengatasi masalah tab Monetisasi (monetize) pada akun YouTube Dinonaktifkan atau tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Tab Monetisasi Dinonaktifkan

Kebijakan baru yang dikeluarkan oleh YouTube memang semakin lama semakin mempersulit para pemula mendapatkan penghasilan dari membuat konten video.

Namun hal ini justru akan meningkatkan kualitas konten kedepanya, karena hanya yang niat dimana akan bertahan. Kebanyakan orang melakukan kecurangan untuk mempercepat proses peninjauan, namun apa jadinya jika mendapatkan pesan disable?

Tab yang disable maka akan memperlihatkan sebuah pesan “Tab monetisasi Anda telah dinonaktifkan karena ada aktivitas klik yang tidak valid.” Tentu dengan pernyataan ini channel YouTube gk bisa mengirimkan perminataan peninjauan.

Setelah saya cari diberbagai macam sumber seperti Grup YouTuber Indonesia, dan juga forum online seperti Kaskus dan Quora ternyata ada banyak sekali faktor sehingga tab monetisasi dinonaktifkan.

Untuk mengecek apakah channel kamu terkena disable atau tidak bisa langsung mengakses melalui Creator Studio atau langsung menggunakan link ini – https://www.youtube.com/account_monetization 

daftar isi
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah tab monetize dinonaktifkan, terkait bagaimana solusi dan cara mengajukan banding dengan harapan tab diaktifkan kembali.


Penyebab Halaman Monetisasi YouTube Dinonaktifkan

Banyak yang bertanya tanya penyebab mengapa halaman monetisasi dinonaktifkan tanpa diberikan suatu peringatan melalui email? Tenang kamu tidak sendiri kok, saya memiliki sebuah channel mengalami hal serupa.

Sebenarnya penyebanya ada banyak sekali, namun disini saya akan menyampaikan beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap YouTube Program Partner (AdSense).


Memiliki Lebih satu Akun Google AdSense

Dalam peraturan Google sendiri tidak memperbolehkan satu orang memiliki lebih dari dua akun AdSense, karena melanggar kebijakan yang telah diterapkan oleh Program Google.

Memang ada orang punya lebih dari satu AdSense dan bisa berjalan dengan baik tanpa masalah, namun hal itu hanya berlaku kepada orang yang bisa dikatakan sudah ahli dalam hal itu (saya sendiri sebenarnya punya dua akun, cuman saya jual).

Kembali lagi ke pembahasan, bahwa jika kamu memiliki lebih dari dua akun AdSense baik disengaja maupun tidak sengaja pada akhirnya juga tab monetize akan disable secara otomatis. Kebetulan kasus saya juga seperti itu, yakni memiliki lebih dari 1 akun.

Jadi akun AdSense cukup memiliki satu saja, karena satu akun Google AdSense juga sudah bisa digunakan untuk keperluan lainya, seperti menampilkan iklan diblog maupun channel YouTube.


Akun AdSense Bermasalah

Agar dapat memantau finansial pendapatan dalam suatu iklan dapat dipantau melalui dashboard Google AdSense, bagi kamu yang belum paham atau ingin mempelajari lebih lanjut mengenai AdSense bisa menyimak – Pembahasan Tentang Google AdSense, Panduan Untuk Pemula!

Jika akun AdSense mengalami masalah, seperti mendapatkan teguran hak cipta dan sebagainya, jika tidak segera diperbaiki maka akan berdampak buruk bagi kelangsungan penayang iklan.

Perlu di ingat bahwa perusahaan Google sangat sensitif dengan segala hal yang besangkutan dengan Hak Cipta (Copyright). Maka jika terdapat suatu masalah segera diperbaiki, untuk mengecek mendapatkan teguran bisa langsung ke Dashboard AdSense dan pergi ke Akun > Pusat Kebijakan.

Tak perlu khawatir jika mendapatkan teguran, karena disana kamu juga akan dipandu tentang bagaimana cara memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat, tidak semena mena langsung ditendang.

Akan tetapi tetap saja jika kamu menyepelekan (membiarkan) hal ini, maka lama kelamaan akun GA benar benar akan terkena masalah, biasanya diberikan jangka waktu (kurun waktu/jatuh tempo) hingga beberapa minggu, jika tidak ditindak lanjuti maka akun akan ditangguhkan sementara waktu.


Melakukan Kegiatan & Aktifitas Tidak Valid

Jika kamu pernah mengikuti program atau kegiatan yang sering disebut sebagai sub for sub (sub4sub) dan juga view for view (view4view) adalah hal yang sangat fatal bagi sebuah channel di YouTube.

Karena YouTube sendiri telah melarang keras kegiatan tersebut, pihak YT menganggapnya adalah Subcriber Spam & BOT (meskipun kepemilikan orang asli), dipercaya hal tersebut hanya akan merusak ekosistem dalam dunia peryutuban.

Saya sendiri sudah pernah mengulas masalah sub4sub pada artikel – Apakah Sub for Sub (Sub4Sub) Diperbolehkan Oleh Pihak YouTube? bisa kalian simak untuk mengetahui lebih banyak mengenai dunia YouTube.

Memberikan trafik melalui aplikasi juga tidak diperbolehkan, karena sama saja dengan penonton bayaran, sekaligus terdeteksi sebagai view bot (fake view) beberapa aplikasi meningkatkan jumlah subcriber dan view sangat dilarang, seperti pembahasan pada – Cara Menambah Subcriber YouTube Melalui Aplikasi dan Website

Selain hal itu, jika dulunya channel milikmu sudah pernah dimonetize dan tiba tiba Dinonaktfikan kemungkinan besar kamu telah melanggar kebijakan AdSense (bukan YouTube loh ya), karena telah mengeklik iklan sendiri.

Ketika channel sudah menampilkan iklan tentu membuat kita senang, karena dari situ kita bisa menghasilkan uang dari tampilan iklan sekaligus jumlah klik. Namun terkadang hati manusia khilaf, demi mendapatkan uang jajan tambahan bahkan rela mengeklik iklan sendiri.

Hal ini jelas tidak diperbolehkan, dan juga gak hanya berlaku pada YouTube saja, melainkan Blog juga dilarang keras. Karena kegiatan ini akan merugikan pihak pengiklan, dimana menghabiskan dana kampanye dikarenakan invalid click.

Banyak yang mengira bahwa masalah ini terkait dengan masalah Copyright, namun hal itu memang benar tapi gak sepenuhnya gara gara itu. Berdasarkan pengalaman masalah kena Strike (Copyright) dan Teguran Komunitas gak akan sampai tab monetisasi dinonaktifkan.

Paling mentok jika masalah reputasi channel, hanya disuruh untuk melakukan peninjauan ulang (re-monetize). Karena hal ini juga terjadi pada channel dimana konten video benar benar bersih dari pelanggaran.

Bagi kamu yang masih digantung dengan peninjauan jangan khawatir, kamu tidak sendiri, karena masih banyak orang diluar sana masih digantungin dengan YouTube (termasuk saya).

“Rejeki udah ada yg ngatur” ~ modal kata kata tersebut saya tetap bersabar menunggu kepastian dari YouTube, intinya terus berusaha saja meskipun belum bisa menghasilkan uang, anggap saja itu belum rejekimu.


Cara Mengajukan Banding Monetisasi YouTube

Mengatasi hal tersebut, ada salah satu cara untuk mengaktifkan monetisasi kembali, yakni dengan cara mengajukan banding kepada pihak Google dan YouTube.

Namun perlu diketahui bahwa melakuka banding tidak akan menjamin bahwa akun akan dikembalikan seperti semula. Tergantung tingkat kesalahan dan mood karyawan Google tentunya.

Pertama hal yang perlu kamu lakukan adalah mengisi formulir pengajuan banding resmi disediakan oleh pihak Google, [Ajukan Banding Sekarang]. Jika kamu kesulitan melewati safelink bisa membaca pada – Cara melewati safelink untuk mengajukan banding Google.

Pengajuan Banding atas Aktivitas Tidak Valid

Nanti kamu akan diberi sebuah formulir yang berjudul Pengajuan Banding atas Aktivitas Tidak Valid dan ada bebeberapa opsi yang harus kamu jawab. Pastikan jawaban benar agar nantinya formulir pengisian sesuai dengan kasus kamu.

Apakah Anda memiliki email untuk masuk ke AdSense atau ID Penayang?

Jika kamu masih memiliki Akses kedalam akun Google AdSense silahkan jawab IYA, namun jika sudah tidak memiliki akses entah itu kena hack, atau akun AdSense disable, dan lain lain sehingga tidak dapat mengakses, maka jawab Tidak.

Apakah Anda dapat masuk ke akun Google Anda?

Pertanyaan ini bermaksud apakah kamu masih memiliki MASIH memiliki akses akun Google dan juga channel YouTube? Kalau channel YouTube masih bisa dibuka berarti IYA namun jika tidak silahkan jawab Tidak.

Apakah akun Anda telah di nonaktifkan lebih dari satu tahun?

Maksud dari pertanyaan ini adalah, apakah tab monetisasi sudah dinonaktifkan lebih satu tahun? Dalam kasus saya memang sudah lebih dari satu tahun bahkan sudah sekitar tiga tahun lebih, maka jawab IYA namun jika baru kemarin sore atau kurang dari 1 tahun maka jawab TIDAK.

Setelah menjawab opsi pertanyaan, nantinya kamu akan dihadirkan sebuah link dimana menuju ke sebuah formulir (ingat formulir ini berdasarkan jawaban dari survey yang kamu lakukan tadi) jadi pastikan jawaban IYA dan TIDAK sudah tepat.

Langkah selanjutnya klik tulisan (link) Formulir pengajuan banding untuk mengajukan banding kepada pihak Google dan YouTube, saya ingatkan sekali lagi bahwa mengajukan banding gak menjamin 100% akun kembali (terlihat jelas pada pernyataan banding dihalaman resmi Google).

Mengisi Formulir Pengajuan Banding Monetisasi

Pada formulir ini kamu akan diberikan banyak sekali pertanyaan lebih lanjut mengenai kasus yang kamu alami, misalnya seperti Nama hingga kesalahan yang pernah kamu perbuat.

Nama: Isi sesuai dengan nama channel YouTube

Alamat Email: Jika masih bisa mengakses akun Google AdSense maka masukan email akun AdSense, namun jika tidak silahkan cantumkan alamat email channel YouTube.

URL contoh atau ID aplikasi tempat iklan Anda berada: Isikan dengan url atau alamat channel kamu, dikarenakan saya sudah memiliki url custom maka saya masukan https://www.youtube.com/user/NamaGwWega.

URL atau ID Aplikasi tempat Anda ingin menempatkan iklan (harus aktif): Isikan kembali dengan url channel youtube kamu.

Mengatasi Tab Monetisasi YouTube Dinonaktifkan


Bagaimana pengguna bisa sampai ke situs, aplikasi seluler, dan saluran YouTube Anda? Bagaimana cara Anda mempromosikan konten?: Jelaskan bagaimana kamu mempromosikan atau mendapatkan trafik view kedalam konten video. Misalnya mempromosikan disosial media, atau menggunakan bantuan aplikasi, atau mengiklankan ke adnetwork, silahkan jelaskan sedetail mungkin.

Apakah Anda atau saluran Youtube pernah melanggar kebijakan program atau persyaratan & ketentuan AdSense?: Jelaskan tentang kesalahan yg dulu pernah kamu lakukan dimana melanggar ketentuan baik dari Google maupun AdSense (jika belum mengetahui kesalahan dimana silahkan baca penyebab tab monetize dinonaktifkan diatas).

Disini saya menjelaskan bahwa: Saya memiliki lebih dari satu akun AdSense, sekaligus pernah melakukan aktivitas tidak valid seperti Sub for Sub (program pertukaran subcriber) dan juga view for view (program saling menonton video satu sama lain).

Dilanjutkan dengan sebuah pertanyaan terkait Perubahan apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas lalu lintas (trafik) iklan disitus atau channel YouTube kamu?: Jelaskan bagaimana cara kamu untuk meningkatkan kualitas trafik yang masuk, seperti gak melakukan sub4sub atau menggunakan cara lain yang dimana masih berada di ketentuan Google.

Dengan lantang layaknya lelaki sejati saya menjawab, Mencari trafik organik baik dari Google maupun YouTube, menggunakan teknik Optimasi SEO serta memanfaatkan fitur video rekomendasi. 

Pada pertanyaan terakhir, isikan dengan kesalahan yang telah kamu perbuat lagi “Sering terjadi invalid traffic karena menggunakan bantuan pihak ke 3” yang artinya menggunakan bantuan aplikasi view4view agar meningkatkan jumlah penonton video YouTube.

Setelah mengisi pertanyaan Diformulir pastikan kembali jawaban yang dimasukan cukup meyakinkan pihak Google, semakin banyak dan rinci penjelasan maka berkesempatan besar Monetisasi diaktifkan kembali.

Jika sudah yakin dengan jawaban, silahkan klik Kirim atau Submit untuk mengirimkan ajuan banding monetisasi dinonaktifkan ke pihak Google, sekarang tinggal berdoa agar diaktifkan kembali, selagi menunggu alangkah baiknya digunakan memikirkan konten kedepanya.

Balasan Email Banding Kegiatan Tidak Sah

Setelah mengirim pengajuan banding, biasanya akan menerima sebuah email pemberitahuan bahwa telah mengajukan keberatan atas kegiatan tidak sah (invalid activity).

Tinggal menunggu saja apakah kabar baik atau buruk yang akan diterima, perlu diingat bahwa membutuhkan waktu lebih dari seminggu agar mendapatkan tanggapan atau memutuskan apakah channel YouTube masih layak atau tidak.


Bagaimana Cara Memperbaiki Reputasi Channel YouTube 

Menjaga reputasi sebuah saluran sangatlah penting untuk kelangsungan sebuah channel. Karena sebagai Mitra Google tentu harus mematuhi dan mentaati terkait peraturan dan ketentuan.

Ketika sebuah channel YT mendapatkan teguran sebanyak 4 kali baik masalah Hak Cipta (copyright) ataupun pelanggaran pedoman komunitas maka akun ditangguhkan sampai dibanned.
Lantas bagaimana cara menjaga reputasi saluran?

Caranya sangatlah mudah kok, cukup patuhi ketentuan yang ada, seperti tidak menggunakan koten video mengandung hak cipta, dan gak membahas tentang pembullyan atau segala hal negatif.

Memiliki reputasi baik juga berdampak positif juga, karena mendapatkan sebuah highlight / rekomendasi dichannel milik orang lain, sekaligus tampil direkomendasi video (tergantung optimasi juga).

Jika channel kamu sudah mendapat sebuah teguran baik masalah strike (hak cipta) maupun melanggar pedoman komunitas, biasanya peringatan ini akan berakhir ketika sudah melewati tiga bulan.

Akan sangat bahaya jika mendapatkan peringatan sebanyak 5 kali (4 kali maksimal kalau tidak salah), reputasi buruk juga berpengaruh juga pada monetize dan sekenario buruknya channel ditangguhkan.

Tips Untuk Memulai Karier Di Dunia Kreatif (Digital)

Memulai karier di dunia kreatif digital saat ini merupakan usaha / bisnis yang sangat menjanjikan, karena sudah banyak perusahaan mulai menginvestasikan dana untuk membeli iklan kepada influencer dunia digital.

Bisa dikatakan pendapatan influencer ini sudah mendekati pendapatan artis, tidak heran karena semakin teknologi berkembang maka dunia digital juga akan terkena dampaknya.

Untuk itu bagi kamu yang ingin terjun di dunia kreatif mulailah dari sekarang. Berikut adalah hal penting wajib dimiliki agar dapat berkarya didunia kreatif. 


Memiliki Nama & Logo

Sebuah nama dan logo (brand) sangatlah penting agar diingat dan dikenal oleh audien. Ketika sebuah brand sudah terkenal maka perusahaan baik pengiklan maupun yg lainya akan tertarik untuk memasang iklan atau biasa disebut sebagai endorse.

Pemilihan nama sangatlah penting, usahakan nama unik namun tetap mudah diingat untuk semua orang (segala usia). Misalnya seperti Brocoli Gaming, Piring Pecah dan lain lain. 


Konten Menarik, Kreatif, dan Terbaru

Setelah memiliki nama brand, hal paling penting lainya adalah kualitas konten (ingat kualitas bukanlah kuantitas) usahakan membuat konten video unik, kreatif namun mengikuti trend jaman sekarang.

Akan sangat sulit sekali jika tidak mengikuti trend atau memberikan apa yang penonton inginkan. Bingung membuat konten? Tidak ada ide? Tenang, kamu bisa menggunakan mbah Google sebagai pencari ide / inspirasi.

Bahkan kamu bisa menggunakan artikel dalam internet untuk konten video kamu, tapi sebisa mungkin meminta ijin kepada pemilik artikel agar tidak terkena suatu masalah (cara amanya ya mengkutip dan dijelaskan dengan bahasa mu sendiri).


Melakukan Promosi dan Optimasi SEO

Promosi adalah hal paling penting dalam memperkenalkan produk (konten video), menggunakan teknik promosi menarik terbukti dapat meningkatkan jumlah penonton dengan signifikan.

Bingung mau promosi dimana? Tidak perlu khawatir, karena sejak dahulu kala sudah terdapat sosial media bernama Facebook, disana bisa digunakan untuk melakukan promosi dengan cara memposting video pada sebuah grup maupun fanspage.

Tapi sebelum memposting video, pastikan thumbnail video harus bagus & menarik (bisa juga disisipi dengan unsur clickbait, namun tidak disarankan).

Jika malas untuk melakukan promosi namun ingin meningkatkan trafik penonton kamu bisa belajar SEO, bisa membaca panduanya pada artikel – Panduan Cara Optimasi SEO YouTube pada Channel Mudah!

Memang awal untuk membangun sebuah saluran YT tidak semudah yg dibayangkan, namun perlu dicampkan pada pikiran bahwa “usaha tidak akan membohongi sebuah hasil” sekaligus “berusah susah dahulu, bersenang senang kemudian”

Intinya untuk memperoleh sesuatu kita harus berjuang, meskipun itu dibutuhkan kekuatan, ketelatenan, ketekutan dan kesabaran yang tinggi. Tapi semua iku akan terbayarkan jika sudah pada waktunya.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi tab monetisasi youtube Dinonaktifkan dan juga beberapa tips membangun channel youtube. Sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel