Siapa Saja Old Deus dan Apa itu Suniaser? - Pembahasan No Game No Life ZERO

 Siapa Saja Old Deus dan Apa itu Suniaser?

Setelah membahas mengenai Alur Cerita No Game No Life ZERO, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Apa itu Old Deus dan Suniaster.

Sebelum menuju ke pembahasan alangkah baiknya kalian menyimak pembahasan mengenai alur cerita No Game No Life ZERO pada artikel (video) sebelumnya, supaya nantinya tidak bingung.

Di forum anime luar juga banyak sekali pertanyaan “Kenapa sih si Riku pada saat itu tidak bisa mengambil Suniaster?” ya nanti akan saya bahas tapi sebelum itu saya akan membahas tentang:


Oke mari kita awali dengan pembahasan yang ringan ringan dulu, dimulai dari.


Apa itu Suniaster?

Suniaster itu semacam Star Cup atau Piala Bintang, ketika suatu makhluk atau dewa memiliki star cup ini maka dengan otomatis akan mendapatkan gelar One True God atau Satu Satunya Dewa disuatu planet dan juga mendapatkan kekuatan mutlak yang bisa mengatur segala hal yang ada didunia (layaknya Tuhan).

Menurut sejarah dalam anime No Game No Life ZERO, Suniaster menjadi alasan para dewa untuk melakukan sebuah peperangan. Kenapa? Ternyata para dewa juga memperebutkan Suniaster ini.
9 Teori Sakamoto Meninggal - Nonton Sakamoto Desu Ga?
Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa barang siapa yang memiliki Suniaster maka dia akan menjadi True God atau Dewa Asli dalam planet itu, tentunya dengan kekuatan yang dasyat lah ya.

Oke lanjut ke sebuah pertanyaan “Kenapa pada saat itu Riku Dola tidak bisa menyentuh Suniaster? Padahal dia yang menemukan atau memunculkan Suniaster diplanet itu? Bukanya dia berhak untuk mendapatkanya?”

Dari banyaknya Teori yang ada, mungkin hanya 2 saja yang menurut saya masuk akal ya, yang pertama karena:


Tubuh Manusia Tidak Bisa Menerima Kekuatan Suniaster

Teori yang pertama yakni kekuatan Suniaster terlalu besar, sehingga tubuh manusia tidak bisa menerimanya. Karena pada dasarnya Suniaster ini tidak ditunjukan untuk manusia melainkan para dewa atau yang lebih dikenal sebagai Old Deus.  Terlebih lagi, manusia aja tidak bisa mengendalikan sirkuit roh, masa ya mau megang Suniaster atau Sirkuit Roh terbesar sih, kan aneh juga kalau bisa.


Riku Tidak Layak Untuk Mendapatkan Suniaster

Dari awal sepertinya Riku tidak ingin mengambil Suniaster dengan tanganya sendiri. Bisa saja yang mengambil Suniaster tuh seharusnya si Shuvi.

Namun kan pada saat melawan Jibril dari ras Flugel, Shuvi berhasil dikalahkan dan dibunuh, sehingga membuat rencana gagal total, ya bukan gagal total sih, cuman agar beda aja. Riku aja sempat putus asa dan ingin menyusul Shuvi, atau dengan kata lain ingin mati saja.

Dikarenakan pesan terakhir dari Shuvi akhirnya Riku pun tetap menjalankan sesuai rencananya, namun setelah Suniaster berada didepanya, eh gak bisa diambil.

Bisa juga memang Riku mengharapkan sesosok orang atau makhluk yang lebih bijak dari dirinya (soalnya kan dia juga menang tapi dengan cara curang, lah emang curangnya dimana? Ya memanipulasi orang atau suatu ras itu curang cuy).
Rumor Youkoso Jitsuryoku Season 2 – “Deeper Introduction”
Pada saat saat terakhir dia juga memohon kepada “Dewa Game” yang diyakininya ada, bisa dilihat pada dialog (akan saya bacakan).

“Wahai dewa permainan, nyawaku ini memang sudah tidak berarti lagi, tapi untuk pertama kalinya, kupersembahkan seluruh jiwa raga ini dan berdoa padamu!

Kumohon, meski aku menang dengan cara curang dan sangat rendahan, meski tanganku ini sudah berlumuran darah!

Kumohon, setidaknya katakanlah bahwa semua tindakan kami ini ada artinya, Siapa pun boleh, asalkan dapat mengakhiri perang ini.

Ku mohon siapa saja, ambillah Suniaster ini.. dan kemudian Tet pun mengambilnya.”

Bisa dilihat pada dialog itu Riku memang mengharapkan kemunculan dewa game atau seseorang yang bijak yang bisa mengakhiri perang ini, dijelaskan juga bahwa Riku menang tapi menggunakan cara yang curang.

Ya ya ya ya, Meskipun penyebabnya hingga saat ini belum diketahui, karena didalam anime juga tidak dijelaskan. Mungkin dilain waktu saya akan membaca light novelnya aja kali ya, siapa tau ada informasi atau easter egg disana.


Apa itu Old Deus dan Siapa Saja?

Gampangnya Old Deus itu adalah para dewa yang bisa menciptakan suatu makhluk, seperti halnya bisa menciptakan suatu ras seperti Elf, Werebeast dan Flugel dan lain lain.

Dulunya Old Deus ini memiliki kekuatan layaknya dewa, namun semua berubah ketika munculnya dewa baru atau One True God, tidak lain tidak bukan adalah Dewa Permainan yang bernama Tet.

Ya Intinya Old Deus itu Dewa, lalu siapa saja Old Deus itu? Berikut adalah daftar Old Deus berserta ras yang diciptakan:

  1. Artosh
    Dewa Artosh memiliki julukan sebagai God of War atau Dewa perang, dia juga yang menciptakan ras Flugel atau ras Malaikat.
  2. Okein
    Memiliki julukan sebagai God of Forge, atau jika diterjemahkan itu Dewa Pandai Besi kali ya? Okein adalah pencipta ras Dwarves.
  3. Kanias
    Dijuluki sebagai God of Fotres atau Dewa Hutan, Dewa Kanias adalah pencipta ras Elf (pantesan Elf tempat tinggalnya dihutan).
  4. Holou
    Disebut sebagai Dewa Keraguan dan Kepercayaan, Dewa Holou adalah pencipta Ex-machina atau ras Robot seperti Shuvi.
  5. Tet
    Dijuluki sebagai Dewa Permainan, dan satu satunya True God seligus ras peringkat pertama pada planet exceed (kalau gak salah sih).

    Bicara mengenai dewa permainan yang bernama Tet, menurut pemahaman saya dia tercipta atau lahirnya dewa Tet dikarenakan kepercayaan antara Shuvi dan Riku bahwa Tet itu nyata (gimana sih kok bikin bingung?)

    Gampangnya sih Riku dulu pernah bilang bahwa dewa game itu ada, namun tidak ada yang percaya. Setelah Riku bertemu dengan Shuvi dan menceritakan bahwa dirinya pernah bermain dengan dewa game, Shuvi pun percaya bahwa Dewa Game itu ada.

    Nah kepercayaan ini lah yang mampu membuat Dewa Game atau Tet menjadi nyata, ya mungkin dulu sebuah “Kepercayaan” mampu membawa sebuah “Keajaiban”.

Oke Hanya itu saja sih daftar terkait siapa saja Old Deus yang saya ketahui. Bagi yang mau liat bahasanya dalam bentuk tulisan bisa cek aja di forum Nafaskuda, link sudah saya taroh dideskripsi.
Nisekoi Live Action? Alternatif Nisekoi Season 3, Chitoge Menang Telak
Jika ada yang ingin menambahkan silahkan DM Instagram di @akuwega ya, Mungkin itu saja pembahasan mengenai Apa itu Suniaster dan Siapa saja Old Deus, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa (ore wa old deus to da). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel