10 Rekomendasi Anime Bikin Nangis Baper (Sedih & Terharu)

 10 Rekomendasi Anime Bikin Nangis Baper (Sedih & Terharu)

Suka dibikin sedih sama orang lain? Yuk tambah sedih lagi dengan nonton anime bikin nangis baper, sedih dan terharu. Dijamin bisa bikin nangis berhari hari (tapi gak juga sih).

Anime Sad memang sudah menjadi andalan untuk menguras air mata, karena menyediakan alur cerita yang sangat menyedihkan. Seperti cinta tak terbalas, impian yang tidak tecapai padahal sudah berusaha sekuat tenaga, sampai kehilangan seseorang yang sangat dicintai.

Untuk itu marilah kita merasakan kesedihan dengan menonton sebuah film atau anime yang memiliki cerita sedih, agar dikehidupan nyata nantinya semua bakal baik baik saja. Karena didalam kehidupan ini ada senang juga ada sedih, kadang kesal tapi juga ada bahagia, ada kamu ada aku.


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 10 Rekomendasi Anime SAD bikin nangis bawa perasaan (baper), bikin sedih juga terharu, yang mana nantinya bisa menambah wawasan mengenai arti kesedihan dalam kehidupan ini.


Shigatsu wa Kimi no Uso

Suka dengan piano? Atau hal yang berbau dengan musik? Mungkin anime sedih yang berjudul Shigatsu wa Kimi no Uso atau Your lie in April sangat cocok ditonton untuk kamu para pencinta musik (gak cinta musik juga boleh nonton kok).

Menceritakan seorang remaja SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang bernama Arima Kousei, si Arima ini sangat pintar sekali atau udah pro bermain Piano dari kecil, bahkan pernah mendapatkan julukan si tensai atau si jenius.

Ya bagaimana tidak mahir bermain Piano? Karena dari kecil Arima Kosei dididik keras oleh Ibunya agar dapat memenangkan sebuah kompetisi piano.

Bahkan waktu kecil orang orang menganggap bahwa Manusia Layaknya Komputer, karena bisa memainkan partitur piano sesuai dengan aslinya. Namun semenjak Ibunya meninggal, tiba tiba Arima Kousei tidak bisa mendengarkan suara piano lagi (ingat cuman suara piano).

Jadi intinya semenjak Ibunya meninggal, Arima Kousei sudah tidak bermain piano lagi. Bahkan waktu menduduki Sekolah Menengah Pertama pun ia tidak pernah menyentuh sama sekali Piano miliknya.
Rumor Youkoso Jitsuryoku Season 2 – “Deeper Introduction”
Usut demi usut ternyata alasan Arima bermain Piano adalah untuk membuat Ibunya senang, ya karena Ibunya sudah tidak ada maka dengan otomatis juga tidak ada lagi alasan untuk bermain.

Tapi semua berubah ketika Arima Kosei bertemu dengan seorang cewek cantik, dan pintar bermain Biola bernama Miyazono Kaori, berkat cewek itu perlahan lahan Arima mulai bermain Piano lagi, meskipun tidak sehbat dahulu.

Namun saat ini gaya permainan pianonya berubah menjadi Hangat dan Berwarna, karena perasaan “cintanya” untuk mbak Miyazono Karoi. Sangat disayangkan karena Miyazono Kaori ini mencintai sahabatnya yang bernama Ryota Watari (intinya cinta bertepuk sebelah tangan lah).

Meskipun begitu berkat mbak cantik tadi, Akhirnya Arima Kosei menemukan alasanya kembali untuk bermain Piano. Lalu dimana bagian sedihnya? Katanya anime sad?

Ya nanti kalau dikasih tahu gak sedih lagi dong, dan juga spoiler, jadi tonton sendiri aja deh.


Plastic Memories

Berlatar waktu dimasa depan dimana android bukanlah hanya sekedar sistem operasi saja. Kan pada masa sekarang atau lebih tepatnya 2019, android masih digunakan sebagai sistem operasi kan?

Dimasa depan nanti android akan berubah menjadi robot yang memiliki kesadaran layaknya manusia, atau biasa disebut dengan Artificial Intelligence, dalam Bahasa Indonesia adalah kecerdasan buatan.

Perusahaan SA Corp adalah salah satu pengembang dan produksi dari sebuah Giftia, apa itu Giftia? Giftia ya itu tadi robot android yang memiliki kesadaran layaknya manusia.

Semua yang ada didunia ini tidak ada yang abadi, berlaku juga untuk Giftia, usia maksimal giftia kurang lebih 90,000 jam atau jika di tahunkan adalah ya kurang lebih 10 tahunan.

Disini, didalam anime Plastic Memories maksudnya, Mizugaki Tsukasa ditugaskan untuk menjadi partner dari Giftia bernama Aila, tulisanya Isla tapi bancanya “Aila” gak tau gimana ceritanya yah.

Secara singkat tugas dari mereka adalah saling mendukung satu sama lain, dan memberikan layanan kepada calon pembeli Giftia, oh iya FYI bahwa ada salah satu pelanggan yang menjadikan Giftia sebagai pacarnya.

Mungkin kalau didunia nyata udah kayak S3X Doll, udah jangan dibahas ntar kena dollar kuning lagi, ya intinya tugas mereka berdua saling support satu sama lain.

Seiring berjalanya waktu, Tsukasa dan Giftia yang bernama Isla semakin dekat, kalau hubungan antar manusia bisa disebut sebagai PDKT atau malah pacaran lah ya, singkat cerita pun mereka berpacaran.

Yang menjadikan Plastic Memories menjadi Anime Sedih sudah tahu belum, bagian sedihnya tuh dimana? Yaa mungkin bagi yang belum tahu silahkan ulangi videonya, atau untuk mempersingkat waktu kuncinya ada di sebuah Umur Giftia yakni 9000 JAM atau 10 tahunan.


Anohana

Karna hingga saat ini saya belum menonton animenya, jadi saya bacakan sinopsinya secara singkat saja ya. Pada dahulu kala, wooh dahulu kala, terdapat sebuah geng teman masa kecil yang sangat akrab satu dengan yang lainya.

Namun dikarenakan sebuah insiden atau kecelakaan, mereka yang dulunya sangat dekat menjadi saling terpisah satu dengan yang lainya, bahkan layaknya orang asing.

Jintan Yadomi adalah karakter utama dalam anime Anohana, dikarenakan insiden masa kecil Jintan Yadomi memiliki “penyakit trauma” yang dimana ia bisa melihat hantu sahabatnya. Loh maksudnya gimana?

Hantu sahabatnya dimaksudkan disini adalah arwah dari temanya (lah emang iya kan Hantu itu Arwah), ya intinya kecelakaan pada masa kecil itu menyebabkan salah satu temanya meninggal dunia, orang yang meninggal itu bernama Menma.

Lantas yang membuat Anohana menjadi anime sad dimana? Gimana ya ngejelasinya, karena saya belum nonton jadi bingung ngejelasinya, tapi saya tahu bagian mana yang bikin penonton nangis, tapi kalau dikasih tau nanti spoiler, tonton sendiri aja yah?


Sakurasou no Pet na Kanojo

Suka dengan genre anime Romance School dan sedikit komedi? Mungkin anime dengan judul Sakurasou no Pet na Kanojo sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Karena dalam anime ini menceritakan tentang kehidupan anak SMA yang tinggal disuatu asrama bernama “Sakurasou”, penghuni asrama itu kebanyakan atau hampir semuanya merupakan murid murid yang bermasalah.

Salah satunya adalah Kanda Sorata, ia adalah anak SMA yang baru saja dikeluarkan dari Asrama, dikarenakan peraturan sekolah tidak memperbolehkan membawa hewan peliharaan diasrama sekolah.

Jadi mau tidak mau Kanda Sorata harus pindah ke asrama yang dikenal dengan penghuni bermasalah, yaitu Sakurasou. Kenapa judulnya “Sakurasou no Pet na Kanojo” ya karena bukan No Game No Life.

Intinya nanti Kanda Sorata harus merawat seorang gadis cantik, polos, imut, kawai, dan pintar menggambar pada Asrama Sakurasou, kenapa ada tambahan “Pet” atau dalam bahasa Indonesia “peliharaan”.

Ya kalau menurut saya pribadi sih dikarenakan gadis cantik itu tidak bisa merawat dirinya sendiri, jadi seperti hewan peliharaan yang harus dirawat, bisa juga karena Kanda Sorata merawat hewan peliharaanya di asrama Sakurasou jadinya ada tambahan judul “Pet”.

Atau kemungkinan lain ya suka suka pengarangnya dong. Tenang disini sedihnya bukan karena meninggalnya sebuah karakter dalam anime, namun mengenai arti hidup, perjuangan, persahabatan dan juga memberi tahu bahwa sebenarnya kehidupan itu sangatlah keras.


Kimi no Nawa

Salah satu Anime Movie yang bikin baper yakni Kimi no Nawa. Kenapa saya bilang terbaik? Ya karena anime ini mendapatkan rating paling tinggi pada forum Myanimelist.

Intinya Kimi no Nawa menceritakan tentang 2 anak SMA yang mengalami fenomena aneh yakni bisa bertukar tubuh satu dengan yang lainya.

Taki adalah remaja SMA yang tinggal di kota Tokyo sedangkan Mitsuha adalah remaja SMA yang tinggal disebuah pedesaan di kota Itomori. Awalnya mereka menganggap bahwa pertukaran tubuh itu hanyalah sebuah mimpi.
√ Nonton Kimi no Nawa – Anime Movie Terbaik Bikin Baper
Namun lama kelamaan mereka menyadari bahwa semua itu bukanlah Mimpi, melainkan kenyataan atau lebih tepatnya mereka bertukar tubuh didunia nyata, yang satu dari cewek ke cowok yang satunya lagi dari cowok ke cewek.

Mereka sepakat untuk tidak melakukan hal aneh ketika sedang bertukar tubuh, salah satunya adalah tidak boleh memegang itunya, itu apa emang? itunya loh, ee hhaah.

Bagian sedihnya dimana emang? agar tetap menjaga feel atau emosionalnya terasa, lebih baik tonton sendiri aja, bener bener sendiri tidak boleh ditemani sama orang lain dan nontonya ditempat yang sepi (kek mau nonton apa aja).


No Game No Life ZERO

Awal mula terciptanya dunia game ya semua berawal dari No Game No Life ZERO maksudnya pada serial anime No Game No Life gak pake ZERO loh ya, kalau ini kan ZERO.

Pada Anime Movie ini menceritakan tentang sebuah peperangan abadi antara dewa dengan dewa lainya, atau disebut sebagai Old Deus.

Sama seperti anime Isekai pada umumnya, yakni terdapat sebuah Ras seperti Elf, Wearbeast dan lain lain, semua ras memiliki kekuatan mengendalikan sebuah sihir, tapi tidak dengan ras manusia.

Disini Ras Manusia lah yang paling tertindas, ya karena tidak bisa mengendalikan sihir. Namun meskipun kehidupan ras Manusia sudah tidak ada harapan, akan tetapi sisa orang yang masih hidup tetap berusaha untuk mencari cara agar ras manusia dapat hidup secara bebas.

Riku Dola adalah satu satunya pemimpin dari Ras Manusia yang dimana dia dan teman temanya mencari informasi mengenai ras lainya, untuk apa? ya untuk bertahan hidup.
√ Nonton No Game No Life ZERO - Awal Mula Terciptanya Dunia Game
Karena yang bisa dilakukan ras manusia saat ini adalah mencari informasi agar dapat bertahan hidup, informasi itu nantinya digunakan untuk mengetahui suatu hal informasi (wuah gimana tuh).

Ya misalnya Ras Elf besok kamis jam 7 mau ngadain pertempuran di kota Z, ya sebisa mungkin ras manusia menjauhi atau setidaknyaa mencari tempat yang aman agar tidak terkena serangan ras lainya.

Intinya yang bikin terharu dan sedih disini adalah perjuangan ras manusia agar dapat bertahan hidup tanpa harus membunuh ras lainya, keren sih anime ini, rekomended untuk ditonton lah.


Maquia: When the Promised Flower Blooms

Salah satu Anime Movie terbaper layaknya kimi no nawa. Maquia: When the Promised Flower Bloom menceritakan tentang wanita dari sautu ras (ras apa saya lupa, anggap aja ras Elf).

Saya bener bener lupa, namun ntah gimana ceritanya salah satu Ras Elf ini terjun didunia manusia, dan tidak sengaja menemukan seorang Bayi korban pertempuran (maksudnya Bayinya masih hidup, cuman orang tuanya udah meninggal akibat pertempuran).

Oh iya, nama wanita Elf itu adalah Maquia sama seperti Judulnya yah, Singkat cerita Maquia merawat bayi tersebut dan memberikanya nama yakni Ariel (tapi dibaca Arieru).

Anime ini bisa dikatakan sangat cocok untuk para Wibu Wanita yang ingin menjadi Ibu yang baik kepada anaknya nanti, karena disini (didalam anime) intinya menceritakan tentang kasih sayang seorang Ibu.

Seperti yang kita ketahui bahwa sejenis Ras Elf memiliki umur yang sangat panjang, katakanlah bisa hidup selama 1,000 tahun. Sedangkan pada umumnya manusia hanya bisa bertahan hidup kurang dari 100 tahun (meskipun ada yang lebih, namun rata rata kurang dari 100 tahun yah).

Dari sinopsis diatas mungkin sudah tahu lah ya yang membuat Anime Movie berjudul Maquia menjadi anime sad, ya bukan sad sih cuman ya gimana ya, ya gitu deh.


Angel Beats

Berlatar tempat disebuah alam setelah kematian, ya mungkin dalam anime ketika sebuah karakter mati maka arwahnya akan dikirim ke isekai. Begitu juga dengan seri Anime Bikin Nangis berjudul Angel Beats.

Meskipun tidak seperti Isekai pada umumnya sih, yang dimana biasanya terdapat kekuatan magic atau superpower lainya. Cerita berfokus kepada seorang anak SMA yang baru saja meninggal dikarenakan sebuah kecelakaan bernama Otonashi Yuzuru.

Otonashi Yuzuru, tidak ingat kenapa dirinya bisa meninggal, ingatanya mengenai kehidupan sebelumnya samar samar, namun yang jelas ia sudah memastikan diri sendiri bahwa meninggal akibat kecelakaan.

Ketika telah di bangkitkan dari kematian, Otonashi Yuzuru bertemu dengan seorang gadis bernama Yuri, dia merupakan pemimpin dari organisasi Shinda Sekai Sensen (SSS).

Organisasi Shinda Sekai Sensen atau SSS didirikan dan memiliki tujuan untuk melawan malaikat. Konon katanya malaikat disini akan memberikan kehidupan buruk bagi orang orang yang berada pada Isekai (namun sebenarnya tidak seperti itu sih).

Selain memiliki genre anime sad, juga terdapat sebuah komedi yang dimana bisa menghibur kamu dikala sedang sedih, meskipun nanti akan ditambah sedih lagi sih, karna ya ini anime bikin nangis.


Clannad

Seperti biasa dikarenakan saya belum menonton anime ini, maka saya akan bacakan sinopsisnya secara singkat saja. Clannad bercerita tentang seorang remaja SMA yang bernama Okazaki Tomoya, ia sangat membenci dirinya dikarenakan berbagai masalah telah menimpanya.

Seperti Ibunya meninggal pada saat ia masih kecil, dikarenakan tidak bisa menerima kenyataan Ayahnya pun menjadi pecandu alkohol dan suka bermain judi.

Intinya keluarga mereka bisa dikatakan benar benar rusak, atau broken home. Menyebabkan Okazaki Tomoya depresi bahkan sempat ingin bunuh diri.

Namun semua berubah ketika Okazaki Tomoya bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Furukawa Nagisa. Ternyata gadis itu satu tahun lebih tua dari dirinya.

Gadis itupun mengubah Okazaki Tomoya secara perlahan, yang dulunya mudah depresi sekarang menjadi pria yang bertanggung jawab serta bersikap baik kepada gadis perempuan (padahal gadis tuh perempuan).


Hotarubi no mori e

Sebuah anime Movie yang bisa dikatakan sangatlah unik, karena menceritakan tenang 2 makhluk hidup yang berbeda dimensi, yakni dimensi manusia dan dimensi yokai (atau sejenis hantu).

Meskipun tergolong Movie yang memiliki cerita ringan dan singkat namun bisa membuat para penonton baper bahkan ada sampai yang menangis gara gara scene yang bahkan kurang dari 2 menit.

Menceritakan seorang gadis kecil yang bernama Takegawa Hotaru, entah gimana ceritanya ia tersesat di sebuah hutan yang dihuni oleh para Yokai (hantu atau makhluk halus).

Tidak sengaja ia bertemu dengan seorang Yokai bernama Gin, namun Yokai ini tidaklah jahat, dimana pada anime lainya rata rata Yokai adalah makhluk jahat, tapi berbeda dengan mas Gin ini.
√ Nonton Karakai Jouzu no Takagi-san, Anime Ringan Tentang Perbucinan
Gin atau si Yokai mengantar Takegawa Hotaru untuk keluar dari Hutan (ya saat itu kondisinya tersesat), selang beberapa hari Takegawa Hotarou datang ke hutan kembali untuk bertemu dengan Gin atau Si Yokai yang telah membantunya kemarin.

Oh iya, uniknya dalam anime ini, ketika Yokai disentuh secara fisik oleh Manusia, maka tubuh Yokai perlahan lahan akan menghilang. Mungkin udah tau lah ya yang menjadikan anime ini menjadi anime sad bikin nangis?

Haah.. sebenarnya masih banyak anime sedih lainya, namun untuk sementara itu dulu daftar anime sadnya. Jika ingin request besok mau bahas apa bisa langsung DM pada akun Instagram @akuwega

Mungkin itu saja pembahasan mengenai rekomendasi anime bikin nangis, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel