10 Aplikasi Pemutar Video Film Subtitle Indonesia Android & PC

Nonton Drakor (Drama Korea), Anime atau Film Subtitle Indonesia? Tentunya hal itu membutuhkan aplikasi pemutar video mendukung file .srt atau subtitle.

Aplikasi Pemutar Video Film

Namun untungnya kini sudah banyak drama korea yang membiliki soft subtitle alias sudah menempel pada filmnya tanpa harus menambahkan / mencari subtitle pada situs Subscene.

Tapi meskipun begitu ada beberapa aplikasi pemutar video yang tidak mendukung penampilan teks baik soft subtitle maupun hard subtitle. Tentu hal itu membuat penonton tidak memahami sebuah percakapan pada suatu film.

Sekaligus terkadang pemutar video bawaan hp justru membuat film menjadi patah patah hingga rusak warnanya, bahkan tidak mendukung berbagai macam format video seperti .mkv, .mov, .mp4 high profile.



Tapi tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang aplikasi untuk memutar video ber-subtitle indonesia pada android maupun komputer (PC).


VLC for Android

Sebuah aplikasi pemutar video terbaik yang ada di android karena mampu memutar video yang crash / bug sekalipun. VLC adalah video player berbasis open-source (gratis) yang dapat digunakan untuk kebutuhan multimedia.

ikon VLC for Android
VLC for Android
Free - Windows, Android
File Code: VLC for Android.apk/exe

Selain dapat memutar file video yang crash, VLC digemari oleh banyak orang karena bisa memaksimalkan suara pada suatu film, pasalnya pengguna bisa mengeraskan suara hingga 200%.

Fitur audio ini tentu sangat membantu bagi pengguna yang memiliki permasalahan pada audio, misalnya speakernya sudah mulai redup atau bisa juga dimanfaatkan dalam keramaian.

Tidak hanya tersedia pada android karen VLC sendiri tersedia diberbagai macam platform / sistem operasi seperti:

  1. Windows (XP, 7, Vista, 8, 10)
  2. Linux
  3. MacOS
  4. Unix
  5. iOS dan,
  6. Android

Mendukung format encoder video: MPEG-2, H.264, MPEG-4, MKV, WMV, WebM, dan berbagai macam format lainya.

Oh iya, meskipun disini VLC berperan sebagai aplikasi pemutar video, namun kamu tetap bisa menggunakan VLC sebagai tempat untuk memutar musik karena mendukung format file .mp3, wav, dan berbagai format musik lainya.

Hebatnya lagi meskipun memiliki fitur yang powerfull, VLC dapat kamu unduh secara gratis baik pada smartphone android maupun komputer pribadi.


MX Player PRO

Sudah sewajarnya suatu layanan memiliki rival bukan? bahkan dalam film maupun anime juga begitu, siapa sangka layanan pemutar video yang bernama MX Player adalah rival dari aplikasi VLC Player.

ikon MX Player
MX Player
Free - Android
File Code: MX Player.Apk

Kedua aplikasi ini sering diperdebatkan mana yang bagus dan mana yang jelek, kalau jawaban saya priadi sih tidak ada yang jelek karena kedua aplikasi dirancang untuk kebutuhan yang berbeda, jadi ya menyesuaikan pengguna aja sih.
Cara Download di Viu, Iflix, Anime, Film, YouTube dan Situs Lainya
Memiliki fitur yang kurang lebih sama seperti VLC yang mendukung berbagai macam format video dan encoder, bahkan format video terbaru pun juga dapat diputar menggunakan bantuan MX Player ini.

Mendukung penuh penggunaan berbagai macam format subtitle teks seperti:

  1. DVD, SSA/ASS, DVB Subtitle Tracks.
  2. Substation Alpha format .ssa/.ass dengan teks yang dimodifikasi.
  3. MicroDVD berformat *.sub
  4. Teletext
  5. Format Subtitle *.pjs
  6. Subviewer versi 2.0 (*.sub)
  7. SAMI format *.sm dengan dukungan Ruby Tag
  8. dan juga format andalah *.srt atau SubRIP

Tak hanya itu saja karena MX Player juga support multi-core decoding, hal ini membuat ketika memutar suatu video atau film tidak akan terjadi patah – patah atau ngelag.

Dilengkapi dengan Hardware Acceleration yang dapat digunakan pada saat memutar video dengan fitur HW+ decoder. Tentu hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menonton sebuah film.


GOM Player

Sebuah perangkat lunak pemutar video yang sangat legendaris dan populer pada masanya, apalagi kalau bukan GOM Player. Bagi kamu anak warnet angkatan tahun 2009 mungkin tidak asing ya mendengar nama software ini.

ikon GOM Player
GOM Player
Free - Windows, Android
File Code: GOM Player.apk/exe

Secara keseluruhan fitur GOM Player ini seperti VLC yang mendukung berbagai macam format video seperti: MOV, DAT, AVI, MPEG, DivX, MP4, RMVB, FLV dan masih banyak lagi.

Untuk menjalankan GOM Player dibutuhkan driver tambahan yang bernama DirectX dan pastikan Windows Media Player versi terbaru (untuk sistem operasi Windows).

Seiring perkembangan jaman dan pasar aplikasi, perusahaan GOM juga tak mau kalah bersaing, pasalnya aplikasi pemutar video ini juga tersedia pada smartphone android dan dapat diunduh secara gratis pada Google Play Store.

Mungkin fitur unggulan dari GOM Player adalah bisa memutar video dengan basis 360 derajat. Jadi ketika kamu memiliki video dengan format 360, kamu bisa menggerakanya dengan menggunakan aplikasi ini.


Viu – Drama Korea & Asia Terbaru, Sub Indo

Sebuah situs dan aplikasi berbasis streaming untuk nonton maupun download drama korea dengan subtitle indonesia gratis! Mungkin bagi para penggemar drakor tidak asing lagi yah dengan situs VIU.

ikon Viu - Drama Korea & Asia Terbaru, Sub Indo
Viu - Drama Korea & Asia Terbaru, Sub Indo
Free - Android
File Code: Viu - Drama Korea & Asia Terbaru, Sub Indo.Apk

VIU sebuah layanan streaming film drama korea berbasis online dan berbayar, namun untuk pengguna baru biasanya pihak VIU memberikan layanan gratis untuk beberapa waktu (biasanya trial 30 hari).

Pada aplikasi VIU pengguna tidak perlu kesana kemari mengunjungi situs di Google untuk menonton drakor, pasalnya hampir seluruh drakor yang pernah tayang hingga paling baru ada pada VIU.

Berlangganan akun VIU Premium pun bisa dikatakan tidak terlalu mahal, mengingat banyak sekali drama yang bisa ditonton disana, mulai dari drama korea, drama jepang, drama china hingga beberapa film terbaik.

Dilengkapi dengan aplikasi pemutar video terbaru dan canggih, sehingga ketika pengguna memutar video di VIU sudah tak perlu diragukan lagi akan mendapatkan kualitas gambar jernih dan subtitle yang enak untuk dipandang.


iFlix – Movies, TV Series & News

Pengguna kartu XL Axiata mungkin juga tidak asing lagi mendengar kata iFlix, yep benar sekali. Iflix adalah layanan video streaming gratis untuk pelanggan setia kartu XL Axiata.

ikon iflix - Movies, TV Series & News
iflix - Movies, TV Series & News
Free - Android
File Code: iflix - Movies, TV Series & News.Apk

Loh kok iso? Bukanya pake sistem berlangganan?

Jujur saya kurang tahu detailnya bagaimana, namun untuk pengguna kartu sekaligus paket XL Combo akan mendapatkan akses akun secara gratis beserta kuota untuk mengaksesnya (besar sedikitnya kuota tergantung paket) *perubahan kebijakan bisa berubah kapan saja tanpa pemberitahuan ke pelanggan terlebih daulu.

Bisa dibilang juga iFlix adalah pengganti situs Netflix yang sempat diblokir oleh pemerintah, maka mereka yang dulunya berlangganan Netflix pun beralih ke iFlix.

Layanan ini juga sempat ingin diblokir oleh pemerintah, ya mengingat layananya sama seperti Netflix, padahal menurut saya layanan seperti inilah yang mampu mendukung para kreator film dan menjadi penghubung antara pembuat dan penonton film.

Banyak sekali film yang ada pada iFlix baik dalam negeri maupun luar negeri. Terakhir saya lihat bahwa terdapat anime juga bahkan kartun legend yang berjudul Avatar: The Legend of Aang pun dapat ditonton secara gratis disana.

Jadi tunggu apa lagi? Mari kita dukung para kreator dengan berlangganan disitus streaming berbayar, atau bisa juga menggunakan provider yang memberikan akses gratis dilayanan streaming film Iflix.


Netflix – Watch Movie Sub Indo

Beberapa tahun yang lalu Netflix menjadi situs streaming film yang memiliki masalah dengan pemerintah, entah gimana ceritanya saya gak tau tapi intinya akses ke situs maupun aplikasi Netflix diblokir.

ikon Netflix
Netflix
Free - Android
File Code: Netflix.Apk

Namun mendengar kabar terbaru (2020) kini akses Netflix dibuka kembali oleh pemerintah (kominfo) dengan tujuan untuk memajukan industri perfileman dan dunia kreatif Di Negara Indonesia.

Netflix sendiri adalah layanan streaming film berbayar yang menyediakan banyak sekali film subtitle indonesia yang dapat diputar secara gratis (trial tapi). Untuk pengguna yang belum pernah mendaftar atau menggunakan jaringan tertentu juga bisa menonton film secara gratis kok.
Cara Download Video dan Musik di YouTube Tanpa Aplikasi
Nah Netflix ini dapat kamu akses baik menggunakan web maupun aplikasi pada smartphone, untuk smartphone sendiri aplikasinya dapat kamu unduh secara gratis juga di Apps Store, atau juga bisa melewati link diatas.

Tak perlu khawatir karena film buatan Indonesia atau karya anak bangsa kini juga tersedia Di Netflix, mungkin ini salah satu alasan pemerintah membuka kembali akses Netflix, tak lain tak bukan untuk memajukan industri kreatif Bangsa Indonesia.

Untuk biaya berlangganan juga tergolong murah mengingat film yang disediakan juga banyak, jadi Ayo dukung dunia kreatif dan film didunia dengan cara menonton film original pada Netflix.


KMPlayer – Video Player HD All formats & codecs

Sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Developer ternama yakni PandoraTV, mungkin salah satu fitur yang sangat terkenal dari KMPlayer adalah bisa memutar video hanya dengan memasukan URL seperti YouTube, maupun url eksternal lainya.

ikon Pemutar Video HD Semua format & codec - km player
Pemutar Video HD Semua format & codec - km player
Free - Android
File Code: Pemutar Video HD Semua format & codec - km player.Apk

Selain bisa memutar video melalui URL, kamu juga bisa menghubungkan KMPlayer ke akun Google Cloud. Sehingga seluruh files baik berformat video maupun musik dapat kamu nikmati secara online tanpa harus download terlebih dahulu.

Bagi yang tidak suka dengan User Interface bertemakan cerah, aplikasi pemutar video ini menghadirkan fitur Night Theme atau Dark Theme dimana bisa membuat seluruh tampilan menjadi hitam.

Ketika menggunakan perangkat lunak ini, pengguna wajib mengizinkan beberapa akses seperti:

  1. Media Penyimpanan (Storage)
  2. Buku Alamat Kontak (Address Book)
  3. dan Akses Internet

Ingin memutar film sambil browsing atau instagraman? tak perlu khawatir karena KMPlayer juga mendukung Background Playback dan Mini Player, tentunya dengan hadirnya fitur ini memungkinkan pengguna tetap memutar film meskipun keluar dari aplikasi, dan bisa merubah tampilan menjadi kecil (mini) popup.


XPlayer – Video Player All Format

Salah satu aplikasi video player yang sangat populer di android dan merupakan aplikasi dengan pengguna lebih dari 500ribu orang, sempat membuat XPlayer masuk kedalam daftar aplikasi populer gratis.

ikon Pemutar Video Semua Format - XPlayer
Pemutar Video Semua Format - XPlayer
Free - Android
File Code: Pemutar Video Semua Format - XPlayer.Apk

Bisa dibilang semua fitur yang ada di XPlayer mirip dengan KMPlayer, hanya saja berbeda nama saja. Namun saya akan menjelaskan beberapa highlight atau fitur unggulan dari XPlayer ini.

  1. Memiliki source Hardware Accelaration yang mendukung beberapa encoder video seperti H.264.
  2. Mendukung penuh video dengan resolusi maksimal 4k.
  3. Scan otomatis semua video yang ada pada media penyimpanan, baik Internal maupun SD Card (Eksternal).
  4. Pencahayaan (Brightness) bisa diatur secara manual / menyesuaikan.
  5. Bisa membaca seluruh format subtitle.

Namun untuk menjalankan XPlayer membutuhkan resource hardware yang lumayan tinggi, terlebih lagi jika memutar video dengan resolusi 4k tentunya akan menguras baterai dan menyebabkan hp cepat panas.


Media Player Classic

Sebuah video media player paling diminati dan pengguna paling banyak dikomputer, apalagi kalau bukan MPC (Media Player Classic) atau orang orang lebih mengenal sebagai 321 player karena logo khasnya.

ikon Media Player Classic
Media Player Classic
Free - Windows
File Code: Media Player Classic.Exe

Mendukung segala format codec video dan segaligus dapat digunakan untuk plugin encoder pada software seperti Adobe Premier Pro, After Effect dan mungkin tak lama lagi akan tersedia pada Kinemaster Pro.

Mendukung penuh video dengan subtitle baik hard sub maupun softsub. Bisa mengatur timing subtitle ketika tulisan delay atau terlalu cepat, intinya sangat rekomended lah.

Serta bisa digunakan untuk memutar video dengan resolusi tinggi, mulai dari 144p hingga resolusi 4k, namun pastikan device memumpuni untuk memutar resolusi 4k ya.

Tapi sangat disayangkan, Media Player Classic hanya tersedia untuk perangkat komputer saja, mungkin untuk versi android akan menyusul namun tidak tahu entah kapan rilisnya, ya berharap saja secepatnya.

MPC-Home Cinema dapat kamu unduh dan dinikmati secara gratis karena sama seperti VLC yakni berbasis Opensource yang artinya boleh digunakan dan didistribusikan secara gratis tanpa perlu crack maupun patch.


Daum PotPlayer

PotPlayer adalah software multimedia berbasis video player yang dikembangkan pada sistem operasi Windows (komputer), aplikasi ini dikembangkan oleh Perusahaan terkenal Di Korea bernama Kakao.

ikon Daum PotPlayer
Daum PotPlayer
Free - Windows
File Code: Daum PotPlayer.Exe

Namun berbeda dengan aplikasi lainya yang mendukung Bahasa Indonesia, sangat disayangkan Daum PotPlayer tidak mendukung Bahasa Indonesia. Beberapa Bahasa yang didukung adalah:

  1. Italian
  2. English
  3. Korean
  4. Chinese
  5. Polish
  6. Russian
  7. Japanese
  8. German
  9. Ukrainan
  10. Persian dan,
  11. French

Daum PotPlayer dapat diunduh dan digunakan secara gratis tanpa biaya sepeserpun dan bebas dari iklan, sehingga user experience saat menonton pun akan terasa nyaman.


Situs Download Drakor, Film dan Anime

Sudah punya video player tapi gak punya film untuk diputar? Lucu juga ya wkwk, tenang. Saya disitus NafasKuda ini mampu memenuhi kebutuhanmu dalam berjelajah di dunia maya kok.

Dulu saya sempat membahas juga mengenai rekomendasi situsnya, jika berminat bisa langsung berkunjung disitus dibawah ini, karena kalau saya ulas satu persatu bisa panjang artikelnya.


Kamu juga bisa menikmati dan menghargai karya originalnya dengan cara menonton melalui penyedia film berbayar seperti Iflix, Netflix dan Viu, sekarang GOJEK juga menyediakan fitur GOPLAY yang mungkin bisa kamu gunakan untuk menonton film karya anak bangsa.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai rekomendasi aplikasi pemutar film subtitle indonesia, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel