-->

15+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet Modal HP Android

Ingin bekerja dirumah atau ingin menjadi freelancer? Tenang di era modern ini banyak sekali berbagai macam cara untuk menghasilkan uang dari internet.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Banyak orang yang beranggapan bahwa mencari uang dari internet sangatlah sulit, namun sebenarnya sama saja seperti bekerja di kantor bedanya pekerjaan dilakukan dirumah.

Di era digital ini, beberapa perusahaan memperbolehkan pegawainya untuk bekerja di rumah atau yang lebih kita kenal sebagai Work From Home (WFH).

Untuk itu mungkin ini adalah langkah yang tepat untuk mulai membiasakan diri dalam melakukan pekerjaan secara online.


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah bermodalkan hp android.


Reseller & Dropshoper

Berjualan suatu produk masih menjadi bisnis yang sangat menjanjikan yang memberikan keutungan besar bagi penjual, tentu untuk berjualan kita membutuhkan modal yang sangat besar.

ikon Meesho: Kerja dari rumah, Jual dan dapatkan uang
Meesho: Kerja dari rumah, Jual dan dapatkan uang
Free - Android
File Code: Meesho: Kerja dari rumah, Jual dan dapatkan uang.Apk

Namun pernyataan tadi mungkin tidak berlaku untuk dijaman serba digital ini. Karena kamu bisa mulai berjualan produk tanpa harus memiliki suatu produk dan bisa dilakukan tanpa modal sepeserpun.

Aplikasi Dropship Meesho

Perkenalkan sebuah aplikasi bernama Meesho yang memiliki slogan kerja dari rumah, jual dan dapatkan uang.

Sama seperti sloganya, dengan bantuan aplikasi ini kalian bisa menghasilkan uang dari rumah dengan cara berjualan atau lebih tepatnya mempromosikan produk orang lain.

Banyak sekali produk didalamnya yang dapat kamu jual seperti baju, sepatu, tas, hingga ke produk untuk perawatan wajah/skin care.

Deskripsi Produk Meesho

Spesifikasi/detail produk juga sudah diperikan, kamu tinggal mensalin deksirpsi tersebut untuk nantinya dipromosikan melalui sosial media maupun whatsapp.

Sistem Margin / Pembagian Keutungan

Salah satu fitur yang unik yakni kamu bisa menentukan harga jual sendiri dan nantinya secara otomatis akan diperlihatkan sebuah margin atau keutungan yang akan kamu dapatkan ketika berhasil menjual produk tersebut.

Opsi Pembayaran Di tempat

Fitur unik lainya adalah aplikasi Meesho dapat melakukan pembayaran ditempat kepada pelanggan. Jadi sebagai reseller/dropship kamu hanya memilih produk serta memberikan alamat pembeli ke pihak Meesho.

Maka dengan otomatis pihak Meesho akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama kamu, bukan atas nama Meesho. Jadi seolah olah kamu adalah penjualnya.

Lalu bagaimana caranya kita bisa mendapatkan keutungan?

Seperti yang saya bilang tadi bahwa keutungan yang didapatkan yakni berasal dari margin, setelah pelanggan menerima dan membayar produk yang telah dijual, maka dengan otomatis keutungan yang didapatkan langsung ditransfer ke dalam akun Meesho kamu.

Setelah saldo terkumpul maka kamu bisa mencarikan ke dalam rekening atm. Sangat mudah bukan? Bisa dibilang bahwa bisnis Dropship maupun Reseller hampir tidak mengeluarkan modal.


Blogger

Sebuah platform untuk menulis siapa sangka bisa digunakan untuk mencari uang. Beberapa tahun ke belakang, mungkin platform blog hanya digunakan sebagai sarana tempat berbagi ilmu dan digunakan sebagai catatan harian saja.

Namun dengan adanya program Mitra Google AdSense pengguna bisa menayangkan iklan pada blog yang berisi tulisan itu. Tentu setiap tayangan dan klik iklan akan mendapatkan kompensasi berupa uang.

Kini blog sudah bukanlah tempat untuk sekedar menulis saja, pasalnya banyak media berita besar yang mulai terjun ke dunia blog untuk menampilkan berita harian seperti:

  1. Kompas
  2. Tribun
  3. Tirto
  4. Tempo
  5. Kumparan

Perlu diperhatikan ketika kalian membaca pada salah satu web berita diatas pasti terdapat sebuah iklan. dan dengan munculnya iklan tersebut biasanya mereka akan mendapatkan uang dari iklan yang telah tayang.

Minder? Tak perlu khawatir karena pemula seperti kita masih tetap bisa bersaing dengan media berita diatas. Buktinya saya masih bisa menulis diblog NafasKuda.

Bagi kalian yang ingin membuat blog mulailah dari sekarang, tidak perlu mengikuti private maupun les blog karena kamu bisa belajar membuat blog secara gratis tanpa biaya sepeserpun.

Kalian bisa membaca Panduan Membuat Blog, disana sudah saya jelaskan bagaimana cara membuat blog, menulis artikel SEO berkualitas, sampai pembelajaran hingga blog bisa menghasilkan uang.

Sekarang yang dibutuhkan hanyalah kesabaran, niat, dan konsisten. Jika mampu mempertahankan ke-3 hal itu meskipun blogger pemula suatu saat nanti bisa bersaing dengan media besar.


YouTuber

Siapa yang tidak kenal platform berbagi video atau yang lebih kita kenal sebagai YouTube? Banyak media yang memberitakan bahwa gaji YouTuber itu sangatlah besar sekaligus pekerjaan yang dilakukan pun relatif mudah.

Karena hanya bermodalkan kamera, komputer/hp, serta percaya diri, semua orang bisa mulai perjalananya sebagai YouTuber.

Channel YouTube

Saya sendiri juga mengelola channel YouTube secara aktif dengan ketentuan yang saya buat yakni harus upload video minimal satu minggu satu kali.

Sistem kerjanya sama seperti Blogger bahwa YouTuber harus mendaftarkan channelnya kedalam YouTube Partner Program (YPP).

Ketika sudah terdaftar maka pada setiap video yang kita unggah akan menampilkan sebuah iklan, setiap tayangan iklan pada video maka YouTuber akan mendapatkan kompensasi berupa uang.

Semakin banyak view pada video maka semakin banyak juga uang yang bisa dihasilkan. Tentu untuk mendapatkan semua itu tidaklah mudah, dibutuhkan kreatifitas serta perjuangan ekstra.

Bingung ingin mulai dari mana? Silahkan baca Cara Membangun Channel YouTube.

Pada artikel tersebut sudah saya jabarkan mulai dari bagaimana cara membuat channel YouTube hingga bagaimana cara optimasi untuk meningkatkan jumlah views pada video.


Influencer

Influencer dan publik figure mungkin sebuah pekerjaan yang sangat digemari oleh banyak orang. Karena pekerjaan yang dilakukan relatif mudah.

Influencer adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki pengaruh terhadap orang-orang disekitarnya. Umumnya seorang influencer pastinya memiliki banyak subcriber pada channel YouTube maupun memiliki jutaan pengikut pada Instagram.

Ketika seseorang berada pada titik ini maka akan ada tawaran pekerjaan berupa mempromosikan produk dari orang lain.

Hanya dengan memposting story atau feed Instagram, influencer bisa mendapatkan bayaran dengan nominal hingga jutaan rupiah.

Meskipun untuk menjadi influencer sendiri tidak mudah untuk dilakukan, karena harus memiliki kualifikasi;

  1. Jumlah Follower/Pengikut Banyak
  2. Jumlah Subcriber Banyak
  3. Audien Luas
  4. View & Like Banyak

Namun meskipun begitu kamu bisa menjadi publik figure atau influencer dengan cara memulai kanal pada channel YouTube maupun membuat akun Instagram.

Tentu untuk mencapai itu dibutuhkan sebuah usaha, kerja keras serta kreativitas dalam membuat konten.


Jual Pulsa & Voucher Game

Usaha kecil paling mudah untuk dilakukan dan diaplikasikan mungkin adalah berjualan pulsa disekitar komplek rumah.

Terlebih lagi jika diarea komplek tersebut sebagian orang yang tinggal masih gaptek atau kurang mengikuti perkembangan teknologi tentunya berjualan pulsa masih menjadi bisnis yang menjanjikan.

Tidak hanya berjualan pulsa elektrik saja karena kalian bisa berjualan pulsa listrik (token), voucher game online, pembayaran tagihan internet, gas, air hingga pembayaran multifinance/kredit (Adira, Astra, dll).

Apakah sulit untuk menjadi agen & distributor pulsa?

Tidak, karena sekarang sudah banyak agen pulsa dengan sejuta fiturnya yang akan membantu calon agen pulsa dalam memenuhi kebutuhan digital.

Kalian bisa memanfaatkan situs e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak atau dompet online seperti OVO, DANA, GOPAY untuk digunakan sebagai tempat pembelian pulsa.

Masih bingung bagaimana cara memulainya? Simak artikel Cara Menjadi Agen Pulsa All Operator.

Dengan modal Rp.100.000 dan hp android kamu bisa menghasilkan uang dari internet loh!


Jual Barang Bekas & Sampah Online

Hampir semua rumah pasti memiliki sampah berupa botol plastik, kertas hingga harang bekas seperti komputer, maupun laptop yang tidak terpakai, daripada dibuang mendingan dijual aja.

Rapel Aplikasi Penjual Sampah Online

Terdapat aplikasi unik yang bisa menjual sampah atau barang bekas secara online, perkenalkan aplikasi ini bernama Rapel.

ikon Rapel - Aplikasi Jual Beli Sampah
Rapel - Aplikasi Jual Beli Sampah
Free - Android
File Code: Rapel - Aplikasi Jual Beli Sampah.Apk

Rapel adalah aplikasi untuk menjual sampah non-organik secara online, dengan bantuan aplikasi Rapel pengguna tidak perlu datang ke tempat penjualan barang bekas.

Penjualan Sampah dan Barang Bekas

Hanya perlu mengunduh aplikasi Rapel nantinya terdapat petugas khusus yang akan mengambil sampah yang telah dipilah.

Sampah tersebut nantinya akan dibawa ke tempat pusat untuk dilakukan kalkulasi harga. Setelah itu pembayaran akan dikirim ke aplikasi Rapel, tentu pengguna bisa mecairkan dana melalui rekening ATM.

Kategori Sampah dan Barang Bekas Aplikasi Rapel

Kategori sampah maupun barang bekas yang dapat dijual pun lumayan banyak seperti:

  • Sampah Plastik
  • Sampah Kertas
  • Sampah Logam
  • Barang Elektronik Bekas
  • Botol Beling (Kaca)
  • Minyak Jelantah

Cukup banyak bukan? Semoga saja kedepanya akan lebih banyak lagi sampah dan barang bekas yang bisa dijual.

Harga Jual Barang Bekas Kertas

Kamu juga bisa melihat harga jual barang melalui aplikasinya, terlihat harga jual barang bekas kategori kertas dipatok dengan harga Rp.100 hingga Rp.2.000.

Punya banyak barang bekas yang tidak terpakai? Daripada dibuang ayo biasakan diri jual sampah diaplikasi Rapel.


Freelancer

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan tapi tidak memberatkan pekerjaan utama? Mungkin kalian bisa mencoba menjadi bekerja Freelance.

ikon Sampingan
Sampingan
Free - Android
File Code: Sampingan.Apk

Banyak orang yang ingin menjadi Freelancer dikarenakan pekerjaan yang dilakukan dapat dikerjakan dimana saja. Hampir sama seperti bekerja diperusahaan namun bedanya dapat dikerjakan dirumah.

Lalu bagaimana cara menjadi Freelancer bermodalkan smartphone android?

Aplikasi Freelancer Sampingan

Sampingan adalah aplikasi untuk mencari lowongan pekerjaan online, mulai dari perusahaan besar hingga kecil menawarkan lowongan melalui aplikasi Sampingan.

Jenis Pekerjaan Yang Disediakan di Sampingan

Jenis pekerjaan yang ditawarkan pun beraneka ragam seperti;

  • Menjadi Reseller Produk
  • Ngumpulin Data
  • Kerja Harian

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu namun ingin mendapatkan tambahan uang jajan, kamu bisa memilih jenis lowongan Kerja Harian.

Tugas Review Aplikasi iOS Sampingan

Seperti job mengajak teman untuk memberikan ulasan pada aplikasi dismartphone iOS. Kamu akan dibayar sebanyak Rp.4.000/ulasan yang diberikan.

Tentu jika kalian memiliki banyak teman, dengan mengerjakan job ini bisa menghasilkan uang dengan nominal besar melalui internet.

Pekerjaan Harian

Bayaran yang diberikan kurang besar? Tak perlu khawatir, karena disini banyak sekali kok pekerjaan yang bisa diambil antara lain adalah;

  • Admin Validasi Sampingan
  • Admin Sampingan

Pekerjaan tersebut menawarkan penghasilan sebesar Rp.90.000/hari. Jika kamu mengerjakan job tersebut satu bulan penuh maka Rp.90.000 * 30 = Rp.2.700.000. Lumayan.

Dropship dan Reseller

Sambil menyelam minum air, dalam aplikasi Sampingan sambil menyelesaikan job kamu juga bisa berjualan dengan metode Reseller/Dropship.

Hampir sama seperti poin nomor 1 yang membahas seputar Dropship yakni pengguna akan mendapatkan keutungan dari margin yang telah ditentukan.


Program Affiliasi

Suka mempromosikan produk orang lain? Atau tidak ada produk yang ingin dipromosikan? Cobalah beberapa program affiliasi yang ada Di Indonesia.

Program Affiliasi Niagahoster

Banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengikuti program affiliasi, karena hanya program ini yang menawarkan keutungan 50% – 70% dari harga penjualan.

Saya ambil contoh affiliasi dari webhosting ternama Di Indonesia yang bernama Niagahoster. Pada program affiliasinya, Niagahoster menawarkan keutungan sebesar 70% dari setiap produk yang berhasil terjual.

Misalnya kamu ingin mempromosikan produk Domain dengan harga Rp.170.000. Dengan ketentuan yang ada pihak promotor akan mendapatkan keutungan sebesar 70%.

Jika dikalkulasikan adalah Rp.170.000 * 70% = Rp.119.000/domain.

Sangat besar bukan? Namun perlu diingat bahwa dilapangan tidak semudah dengan yang dibayangkan, pasalnya jika mempromosikan hingga produk terjual itu mudah, maka sudah banyak orang yang kaya dari program affiliasi ini.

Meskipun begitu sangat patut untuk dicoba terlebih lagi kalian pintar dalam merangkai kata-kata untuk merayu calon konsumen, semangat!


Desainer

Memiliki kemampuan untuk mendesain digital? Atau bisa menggunakan aplikasi desain grafis seperti CorelDraw dan Adobe Illustrator? Coba ikuti kontes desain lokal maupun non-lokal, siapa tau menang!

Sebuah karya seni memang mahal harganya, tentu ini akan menjadi peluang bagi seseorang yang berbakat dalam bidang seni terutama seni digital.

Tidak yakin dengan kemampuan dan takut untuk mencoba?

Jika tidak dicoba, selamanya kamu tidak akan tahu hasilnya. Jika kamu malu mengikuti sebuah kompetisi/kontes desain disekitar, kalian bisa memanfaatkan situs kontes desain online seperti;

  • Sribu (Kontes Desain Lokal)
  • 99designs (Kontes Internasional)

Kedua situs tersebut memiliki tujuan yang sama yakni menghadirkan sebuah kontes desain umum dimana setiap orang bisa mengikutinya baik pemula hingga profesional.

Kontes desain yang diberikan seperti pembuatan logo perusahaan, banner, karakter dan segala hal yang berhubungan dengan desain digital.

Untuk harga setiap desain yang dilombakan tergantung dengan tingkat kesulitan pada saat pembuatan, semakin tinggi tingkat kesulitan maka semakin besar juga biaya yang diberikan.


Investasi Pasar Modal

Di era digital ini tentunya aktivitas jual beli semakin dipermudah, salah satunya adalah melakukan investasi pasar modal.

Reksa Dana Aplikasi Bibit

Keutungan investasi yang paling mencolok adalah melindungi aset dari inflasi setiap tahunya serta investor akan mendapatkan keutungan dari kenaikan harga (capital gain) maupun dari dividen (keutungan yang dibagikan).

Saya sendiri juga merupakan investor pemula pada Saham sekaligus Reksa Dana, beberapa ulasan dan pengalaman sudah pernah saya bahas pada artikel Panduan Investasi Reksa Dana dan juga Apa itu Reksa Dana dan Saham.

Untuk berinvestasi membutuhkan modal yang besar?

Tidak, karena calon investor bisa memulai investasi dengan nominal mulai dari Rp.10.000, sangat cocok untuk pelajar yang belum memiliki penghasilan sendiri

Keutungan Investasi Reksa Dana

Tentunya jika kalian mampu menjalankan salah satu usaha yang saya tulis pada artikel ini, alangkah baiknya 20% dari hasil usaha tersebut diinvestasikan kedalam Reksa Dana, selain mampu melawan inflasi juga bisa menjadi passive income karena keutungan yang diberikan.


Jualan Produk Online

Jika dropship adalah menjual produk tanpa harus memilikinya, kali ini kamu menjual sebuah produk yang bisa kamu buat. Berjualan mandiri tentunya akan mendapatkan keutungan yang lebih maksimum.

Kios/ruko bukanlah suatu halangan lagi untuk mulai berjualan, dengan adanya marketplace besar seperti Tokopedia & Bukalapak memungkinkan calon penjual untuk memperdagangkan produknya secara online.

Berjualan online memiliki cangkupan yang sangat luas bahkan hampir diseluruh Indonesia.

Bingung mau jualan apa? Kamu bisa mulai membuat produk sederhana seperti yang diajarkan kita masih bersekolah seperti:

  • Kerajinan bambu
  • Kerajinan kertas bekas
  • Tas & dompet dari kertas bekas
  • Celengan kardus

dan masih banyak lagi. Atau sekiranya jika tetangga/teman memiliki produk yang bisa dijual maka kamu bisa membantu mereka dalam pejualan produk, namun jangan lupa ambil untung ya!


Fotografer

Lulusan multimedia mungkin tidak asing lagi dengan kamera yang berfungsi untuk merekam dan mengambil gambar. Bahkan tanpa menjadi lulusan multimedia pun sekarang sudah banyak orang yang bisa mengoperasikan kamera.

Daripada mempotret diri sendiri dalam rangka untuk dipamerkan ke orang lain, alangkah baiknya memanfaatkan kemampuan untuk kepentingan orang lain.

Peluang untuk profesi ini mungkin sangatlah besar, karena mengingat setiap ada acara besar selalu membutuhkan fotografer untuk mengambil gambar serta mengabadikan momen.

Yang dibutuhkan hanyalah modal kamera serta teknik pengambilan gambar supaya nantinya gambar yang dihasilkan terlihat enak untuk dipandang.

Profesi fotografer dapat dikembangkan ke sektor:

  • Fotografer Makanan
  • Fotografer Fashion
  • Fotografer Pre-weeding & Pernikahan
  • Fotografer Jurnalis

dan masih banyak lagi, selain itu hasil foto dari kamera yang sekiranya bagus dapat kamu jual disitus stock seperti:

  • Shutter Stock
  • Adobe Stock
  • Pexel
  • Freepik

Dengan menjual foto ke situs rekomendasi diatas tentunya kamu akan mendapatkan bayaran uang dari internet, keren bukan?

Tips: Usahakan untuk menjual foto pemandangan, wisata, dan sebuah foto yang bersifat jurnalis, karena stock foto tersebut paling laku keras di internet.


Jasa Pembuatan Blog & Website

Menguasai bahasa pemrograman web atau setidaknya paham tentang kode web (koding) ? Daripada bekerja diperusahaan lain kenapa tidak mencoba untuk membuat jasa pembuatan blog & website sendiri?

Blog dan Website sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena saat ini banyak sekali blog yang menjamur pada internet. Tren ini juga membuat orang-orang awam ingin membangun blog dan website mereka sendiri.

Permasalahanya orang awam biasanya tidak memiliki pengetahuan tentang koding sehingga mereka cenderung menggunakan bantuan orang lain (jasa) dalam pembuatan sebuah web.

Darisini sebagai orang yang memiliki keahlian membuat blog & web, alangkah baiknya untuk menawarkan jasa kepada yang membutuhkan.

Tawarkan kepada mereka sebuah jasa pembuatan blog dengan harga yang relatif murah namun untuk pengerjaanya harus dikerjakan secara maksimal (totalitas).

Pelanggan yang puas biasanya akan merekomendasikan jasa kamu kepada orang lain. Tentu hal ini akan mendorong para pelanggan dalam penggunaan jasa yang kamu tawarkan.

Dari sini kamu bisa menaikan tarif untuk jasa pembuatan website yang kamu tawarkan.


Exchanger Mata Uang & Cryptocurent

Selain pasar modal yang sering digunakan sebagai sarana trading ternyata mata uang juga bisa kita tradingkan. Tentu untuk melakukan trading harus memiliki kemampuan khusus.

Daripada trading mata uang atau cryptocurent karena memiliki resiko tinggi, kenapa tidak beralih ke jasa exchanger saja? Sistem kerjanya hampir sama seperti trading namun lebih berfokus pada penukaran.

Lalu bagaimana cara membuka bisnis exchanger ini?

Caranya mudah karena untuk menjadi seorang exchanger suatu mata uang yang dibutuhkan adalah rekening online sebagai tempat menampung mata uang.

Sebagai contoh jika ingin menjadi exchanger dollar bisa membuka rekening paypal gratis dan bisa digunakan untuk menerima maupun mengirim dollar.

Sistemnya sama seperti jualan, ketika ada orang yang menjual dollar maka beli dollar itu dan ketika ada yang ingin membeli maka jual dollar yang dimiliki.

Dimana untuk melakukan aktivitas jual beli dollar?

Sejauh ini traksaksi jual beli dollar masih sering dilakukan pada sebuah forum internet maupun grup yang ada pada facebook. Usahakan untuk masuk ke dalam grup yang masih terkait dengan transaksi dollar.

Misalnya grup Blogger (karena untuk membeli domain biasanya membutuhkan dollar), grup game steam (untuk membeli game membutuhkan saldo dollar paypal).

Dimana tempat untuk mengisi dollar paypal selain menggunakan kartu kredit?

Pembelian dapat melalui agen jasa convert paypal murah dan terpecaya. Pada agen tersebut memberikan harga beli dan jual dollar yang kompetitif. Sangat cocok digunakan untuk belajar memperjual belikan mata uang, terutama dollar paypal.


Penulis Artikel

Suka mencurahkan suatu hal ke dalam tulisan? Kenapa tidak mencoba untuk menjadi penulis artikel saja?

Seiring berkembangnya bisnis di dunia digital membuat media besar harus melakukan produksi konten yang banyak setiap harinya, tentu untuk memproduksi konten dengan jumlah besar dibutuhkan seorang jurnalis/penulis artikel yang banyak juga.

Jika sekiranya kalian ingin menjadi penulis di internet, kalian bisa mencoba untuk mengirimkan artikel kalian ke:

  • JalanTikus
  • IDNTimes
  • Kaskus Kreator

Tentu jika artikel lolos review oleh moderator secara otomatis akan mendapatkan bayaran berupa uang. Terlebih lagi jika artikel yang dibuat memiliki banyak penonton, selain membuat penulis terkenal juga membuat penulis menjadi kaya.

Biasanya setiap artikel yang lolos review/berhasil ditayangkan maka penulis akan diberikan setidaknya Rp.50.000/artikel yang dibuat.

Untuk lolos review tentunya tidaklah mudah, artikel yang dibuat harus unik dan tidak boleh mengambil tulisan dari media lain.


Mengisi Survey Online

Alternatif untuk mendapatkan uang dari internet adalah mengisi sebuah survey online. Pekerjaan ini tergolong sangatlah mudah karena hanya dengan menjawab sebuah pertanyaan kamu akan mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukarkan ke dalam uang.

Salah satu situs survey online dibayar yang terkenal adalah YouGov Indonesia, pada situs tersebut pengguna akan diberikan sebuah pertanyaan tentang pendapat/opini mengenai dunia pasar hingga politik.

Meskipun dibayar tapi perlu diingat, data yang telah dimasukan akan digunakan sebagai bahan riset instansi, perusahaan, hingga pemerintah untuk mengetahui minat dan pendapat yang ada didalam pikiran.

Jika kamu salah satu orang yang sangat melindungi privasi alangkah baiknya tidak menjual data informasi kepada situs survey online.

Oke mungkin itu saja pembahasan bagaimana cara mendapatkan uang dari internet, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel