8 Aplikasi Editing Foto dan Tulisan Android Terbaik

Ingin editing gambar atau ingin membuat foto tulisan kata kata bijak (quotes) dengan smartphone android? Kini sudah tersedia aplikasi editing gambar gratis.

Aplikasi Editing Foto Terbaik

Perkembangan teknologi mendorong para developer untuk membuat aplikasi pada smartphone, yang dulunya hanya tersedia pada versi komputernya saja kini sudah bisa dinikmati untuk para pengguna ponsel.

Untuk memperbagus atau memperindah suatu gambar maka kita perlu bantuan sebuah aplikasi editing gambar tentunya, karena dengan hal itu kita bisa mengubah seluruh elemen warna yang ada pada foto.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan sebuah tulisan yang nantinya bisa digunakan dan dipublikasikan sebagai quotes bijak atau kata kata ala anak milenial kekinian.

Jika hasil editan memiliki kualitas yang bagus, hal itu bisa juga dijadikan sebagai sumber pendapatan, baik menyediakan jasa maupun melalui paid promote pada akun sosial media.



Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa aplikasi editing foto dan gambar terbaik pada smartphone android gratis!


Picsay Pro

Sebuah aplikasi android yang mendapatkan julukan sebagai alternatif Adobe Photoshop sekaligus menjadi aplikasi editing foto terbaik pada smartphone android.

ikon PicSay Pro - Photo Editor
PicSay Pro - Photo Editor
Free - Android
File Code: PicSay Pro - Photo Editor.Apk

Terdapat banyak sekali fitur yang dapat kamu gunakan pada aplikasi Picsay Pro, salah satu fitur unggulan adalah dapat digunakan untuk menghapus background atau latar belakang.

Selain itu kamu juga bisa menghilangkan bagian yang tidak dibutuhkan sekaligus langsung bisa ditambahkan objek berupa gambar maupun tulisan.

Beberapa fitur unggulan dari Picsay Pro:

  1. Rezize – Dapat digunakan untuk mengatur dan mengubah resolusi pixel pada suatu gambar.
  2. Blur – Bisa membuat efek bokeh pada gambar.
  3. Effect – Terdapat banyak sekali filter yang dimana mampu mengubah komposisi warna pada foto.
  4. Sticker – Jika ingin membuat foto terlihat ramai bisa menggunakan fitur ini, karena terdapat gambar yang dapat kamu gunakan untuk menghiasi foto yang masih sepi.
  5. Crop – Berguna untuk memangkas atau memotong foto,
  6. dan masih banyak lagi.

Sangat cocok digunakan untuk bisnis dibidang publikasi / content creator yang dimana dapat digunakan untuk membuat gambar dengan kata kata, maupun membuat thumbnail video youtube.


Lightroom CC

Aplikasi editing gambar yang wajib dimiliki oleh anak kekinian ala Instagram, apalagi kalau bukan Adobe Lightroom CC. Mungkin aplikasi ini sangatlah wajib dimiliki oleh pala selebgram.

ikon Adobe Lightroom - Editor Foto
Adobe Lightroom - Editor Foto
Free - Android
File Code: Adobe Lightroom - Editor Foto.Apk

Dengan menggunakan Lightroom CC kamu bisa menghubah komposisi warna pada foto sesuka hati, istilah ini sering disebut sebagai Color Grading dimana kamu bisa menentukan warna sesuai dengan mood dan suasana.
Cara Membangun Channel YouTube Pembahasan Anime dan Film (Pemula)
Seperti halnya menghubah warna dominan ke biru untuk mendapatkan suasana dingin, dan sejuk atau mengubah warna dominan ke merah dan orange untuk mendapkan kesan hangat dan panas.

Tidak bisa melakukan color grading atau ingin yang instant saja tanpa ribet?

Beberapa preset (auto coloring) populer Lightroom gratis:

  1. Epic Lightroom Presets for Weddings
  2. Bad Ass Film Look
  3. Holga Lightroom Presets
  4. Goldy Browny Effect Preset
  5. Sin City Preset
  6. Kevin Hosford Summer Presets
  7. Color Print Film Presets
  8. Vintage Lighroom Preset
  9. HDR Style Lightroom Presets
  10. Teel and Orange Preset

Tak perlu khawatir karena nkStore juga sudah menyediakan lebih dari 1200 presets secara gratis pada Lightroom CC MOD (silahkan unduh menggunakan link diatas).


VCSO CAM

Aplikasi foto yang akan membantu pengguna pada saat pengambilan gambar, berbeda dengan aplikasi lainya yang dimana melakukan editing secara offline.

ikon VSCO: Editor Foto dan Video
VSCO: Editor Foto dan Video
Free - Android
File Code: VSCO: Editor Foto dan Video.Apk

Dengan VCSO CAM kamu bisa langsung mengedit seperti memberikan filter pada saat melakukan pengambilan gambar, intinya sih Real time editing.

Banyak selebgram yang menggunakan VCSO dengan alasan tidak mau ribet dalam memperindah gambar. Filter yang diberikan pun sangatlah banyak, hal ini sama seperti Lightroom CC, bedanya VCSO itu Real Time sedangkan Lightroom berbasis Offline (setelah pengambilan gambar).

Beberapa fitur yang terdapat pada Picsay Pro juga sebagian ada pada VCSO CAM seperti halnya Crop, Rezize, Contrast, Exposure dan lain sebagainya.

Jika memiliki gambar yang memiliki hasil bagus kamu juga bisa memamerkan ke pengguna VCSO lainya dengan cara mengunggah hasil gambar ke VSCO Feed.

Selain pamer melalui VSCO Feed, kamu juga dapat melihat hasil gambar dan foto keren buatan orang lain yang ada dibelahan dunia loh.


PicArt Studio

Sebuah aplikasi alternatif jika ponsel android kamu tidak mendukung Picsay Pro. Secara keseluruhan fitur yang ditawarkan hampir mirip dengan Picsay bahkan PicArt Studio sudah diunduh lebih dari 800 juta orang.

ikon PicsArt Photo Editor: Pembuat Kolase & Editor Foto
PicsArt Photo Editor: Pembuat Kolase & Editor Foto
Free - Android
File Code: PicsArt Photo Editor: Pembuat Kolase & Editor Foto.Apk

Sangat cocok digunakan bagi pengguna yang ingin memperbaiki kualitas foto baik dalam pencahayaan maupun dalam hal warna. Terdapat fitur sticker yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk mempercantik gambar yang ingin kamu edit.

Jika kamu menggunakan PicArt Studio versi premium pastinya kamu akan mendapatkan akses sebuah fitur yang dapat meningkatkan kualitas kamera. Untuk menggunakan fitur ini pengguna cukup membuka aplikasi dan tinggal memilih Opsi Ambil Foto.

Untuk menggunakan fitur seperti akses Stiker, Font, Frame, Binkai tak terbatas kamu harus berlangganan atau menggunakan versi premium (PicArt Gold).

Suka membuat kompilasi foto bersama teman?

PicArt Studio juga menyediakan tool yang bernama Collage dan Grid yang sudah disediakan template grid dimana pengguna tinggal memasukan foto yang ingin ditampilkan tanpa harus memasang secara manual.


PixelLab

Disediakan lebih dari 100 Font gratis yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan tulisan pada suatu gambar. PixelLab sebuah aplikasi editing yang dikhususkan untuk mengedit dan menambahkan tulisan.

ikon PixelLab - Text on pictures
PixelLab - Text on pictures
Free - Android
File Code: PixelLab - Text on pictures.Apk

Dalam PixelLab memungkinkan pengguna untuk memodifikasi tulisan, bahkan bisa menghubah gaya huruf menjadi 3D. Tak hanya itu, karena pada PixelLab terdapat Tools Chroma Key yang dapat digunakan untuk menghilangkan warna spesifik pada suatu foto.

Misalnya pemanfaatan fitur Chroma Key untuk menghilangkan Greenscreen, Bluescreen, dan warna spesifik lainya. Sangat cocok digunakan untuk kalian yang suka membuat Meme atau Mim.

Karena disediakan font unik secara gratis serta sticker tambahan untuk meramaikan sebuah gambar, terlebih lagi PixelLab dapat kamu unduh dan digunakan secara gratis tanpa adanya batasan fitur.


Square InPic

Ingin merapikan Feed akun Instagram supaya terlihat lebih rapi dan modern? Mungkin aplikasi editing gambar yang bernama Square inPic wajib untuk kamu coba.

ikon Square InPic - Photo Editor & Collage Maker
Square InPic - Photo Editor & Collage Maker
Free - Android
File Code: Square InPic - Photo Editor & Collage Maker.Apk

Terdapat beberapa fitur editing yang dapat kamu gunakan pada Square InPic, seperti memberikan frame kosong pada foto sehingga akan menciptakan ruang pada feed Instagram.

Saya sendiri dulu sering menggunakan Square InPic untuk menata rapi feed pada profile Instagram, karena frame putih kosong akan membuat space antara foto satu dengan yang lain.
Pengertian Desain Grafis, Fungsi, Prinsip, Jenis dan Manfaat
Sehingga setiap foto yang saya posting tidaklah Full kotak, melainkan terdapat sedikit ruang antara foto satu dengan foto lainya.

Selain itu ada filter yang dapat kamu gunakan secara gratis dimana mampu merubah komposisi warna pada foto secara otomatis, juga dapat diatur sendiri secara manual (color grading).


StoryArt

Suka main Instagram juga suka membuat kata kata dalam story Instagram? Mungkin kamu harus mencoba aplikasi editing gambar yang bernama StoryArt pada ponsel android kamu!

ikon StoryArt - Editor cerita Insta untuk Instagram
StoryArt - Editor cerita Insta untuk Instagram
Free - Android
File Code: StoryArt - Editor cerita Insta untuk Instagram.Apk

StoryArt adalah sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk pengguna Instagram dan WhatsApp, dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa membuat tulisan berupa cerita beserta gambar yang ingin kamu ceritakan.

Disediakan lebih dari 100 Template gambar, animasi, sampul dan font yang dapat kamu gunakan secara gratis. Misalnya kamu memiliki foto yang berkaitan dengan waktu senja, dengan bermodalkan foto itu dan bantuan StoryArt sangatlah bisa untuk menambahkan tulisan berupa cerita, misalnya:

“Setiap pertemuan pasti akan ada yang namanya perpisahan, mari kita menikmati senja, senja senja tai kucing.”

Bingung yah? Untuk mengetahui segala fitur dan apa yang saya maksud, alangkah baiknya untuk mengunduh aplikasinya langsung melalui Google Play Store atau bisa menggunakan link diatas.


Background Eraser

Ingin traveling dan foto ditempat yang terkenal tapi budget pas pasan? tak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada aplikasi editing foto android yang dapat menghapus latar belakang gambar (background) secara gratis!

ikon Background Eraser
Background Eraser
Free - Android
File Code: Background Eraser.Apk

Dengan bantuan aplikasi Background Eraser kamu dapat mengubah latar belakang pada gambar, misalnya kamu melakukan foto pada kebun belakang rumah.

Nah kebun belakang rumah yang isinya cuman pohon dan sisanya tanah ini dapat kamu ubah misalnya menjadi background Paris Los Angele, Bunga Sakura di Negara Jepang, Hawai, Bali dan masih banyak lagi.

Tentu hal ini membuat kamu seolah olah sering melakukan aktifitas traveling tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal.

Karena hanya bermodalkan foto di kebun belakang rumah, foto destinasi wisata dan bantuan aplikasi background eraser, kamu seolah olah melakukan traveling ke berbagai negara tanpa harus keluar rumah, WOW.

Tapi ya kalau punya duit alangkah baiknya untuk melakukan traveling, karena berpergian bisa juga menghilangkan rasa lelah dan stres ketika menghadapi masalah hidup.

Berbicara mengenai traveling, saya juga sempat mengulas Aplikasi Traveling Terbaik, Wajib Untuk Para Traveler!

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai aplikasi editing gambar dan foto terbaik pada smartphone android, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel